Linux Versi Manakah yang Paling Mudah Digunakan?

Sistem operasi Linux adalah salah satu dari tiga sistem operasi terbesar yang banyak digunakan oleh orang-orang didunia. Meskipun tak sebanyak Mac OS X dan juga Windows, namun Linux cukup populer untuk orang yang suka dengan gratisan. Linux memiliki banyak distro terkenal dan juga sering digunakan. Misalkan saja Ubuntu, Mint, Open Suse, Fedora, Debian, CentOS dan masih banyak lagi yang lain.

Namun kebanyakkan orang berpikir menggunakan untuk Linux itu tidaklah mudah, contohnya saja CentOS, Fedora dan BackTrack. Ketiga OS tersebut menurut PG sulit untuk digunakan. Tetapi pendapat orang berbeda-beda, kalau menurut kamu CentOS, Fedora dan BackTrack tidak sulit. Sebagian menganggap itu sulit dan tidak terbiasa menggunakannya.

Kali ini PG akan membahas beberapa versi Linux yang cukup mudah untuk digunakan, walaupun untuk orang yang belum pernah mencobanya.

 

Ubuntu

Linux Versi Manakah yang Paling Mudah Digunakan?

Salah satu sistem operasi Linux yang terkenal, populer dan mudah digunakan adalah Ubuntu. PG telah banyak menuliskan artikel yang berhubungan dengan Ubuntu, misalnya saja Menginstall Ubuntu di Dalam Ubuntu Menggunakan VirtualBox.

Kenapa PG memilih Ubuntu? Karena jika kamu menemui kesulitan pada Ubuntu, banyak orang di luar sana menggunakan Ubuntu. Jadi jika kamu mengalami masalah saat menggunakan Ubuntu, kemudian mencoba solusi lewat internet, setidaknya kamu akan bisa meminta bantuan orang-orang tersebut. Atau malah bisa jadi kamu sudah menemukan jawabannya dari orang-orang yang mengalami masalah yang sama sebelum kamu. Alasan lain karena Ubuntu di dukung oleh Linux, jadi sebagian besar program Linux dapat berjalan pada Ubuntu.

Alasan terakhir pribadi dari PG adalah, karena jika kamu ingin belajar Ubuntu. Kamu akan lebih mudah melakukannya, apalagi karena ada WUBI (Windows Ubuntu Installer), jadi kamu dapat menikmati dual boot dari Windows dan Ubuntu tanpa bingung cara menyetting partisi disknya.

 

Linux Mint

Linux Versi Manakah yang Paling Mudah Digunakan?

Salah satu sistem operasi Linux selain Ubuntu yang populer adalah Linux Mint. Bisa dibilang Linux Mint adalah saingan dari Ubuntu, karena sama-sama mudah digunakan. Yang cukup menarik untuk kamu simak adalah Linux Mint sebenarnya dibangun berdasarkan Ubuntu.

Nah apa yang membuat PG memilih Linux Mint sebagai salah satu distribusi Linux yang mudah digunakan? Karena Linux Mint datang dimuat dengan banyak codec, driver, plugin browser, dan masih banyak lagi. Yang berarti kamu tidak perlu lagi mencari dan menginstall itu semua.

Ketiga PG pertama kali mencoba distro Linux, PG mencoba untuk menggunakan Linux Mint. Dan memang benar, bahwa Linux Mint mudah untuk digunakan. Apalagi jika kamu sudah lama menggunakan Windows. Mungkin kamu akan sedikit familiar dengan Star Menu yang ada di pojok kiri bawah.

 

Kedua distro diatas menurut PG merupakan distro Linux yang mudah digunakan, namun sekali lagi perlu PG tegaskan. Bahwa tingkat kesulitan orang relatif. Dan menurut PG kedua distro diatas, memiliki tingkat kesulitan yang tidak terlalu sulit. Bagaimana menurut kamu? Distro Linux manakah yang menurut kamu tidak sulit untuk dijalankan?


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

  • Rizky Evansyah

    biasanya linux medeteksi modem tersebut sendiri, agak lama memang dalam mengidentifikasi mode dilinux

  • anon

    kok ga ada yang jawab comment nya nih?

  • Karyaslindo adver

    2hari yang lalu saya install linux mint,, sekarang bingung mau install modem smartfren pada linux mint.. saya cari2 di search engine rata2 tutorial install modem smartfren pada ubuntu,, iseng saya coba terapkan pada distro saya tapi tetap g bisa.. PG bisa bantu g :-(
    Terimakasih