Lengan Robotik ini Bergerak dengan Kendali Pikiran Seorang Penderita Lumpuh

Seperti halnya sebuah trik dalam adegan sebuah film, tapi ini memang benar-benar ada dan nyata. Dengan sebuah alat yang dapat membaca gelombang pikiran, seorang wanita lumpuh ini mampu menggerakkan lengan robotik hanya dengan berpikir saja, Wow?

Dengan bantuan alat tersebut wanita ini memerintahkan lengan robotik untuk memberinya minuman cokelat dan membantunya memindahkan barang sehari-hari yang dikontrol dan dikendalikan lewat pikiran.

Lengan Robotik ini Bergerak dengan Kendali Pikiran Seorang Penderita Lumpuh

Adalah Jan Scheuermann, seorang wanita berumur 53 tahun asal Pittsburgh yang sudah sudah menganggap lengan robot ini seperti lengannya sendiri. Jan didiagnosa mengalami gangguan otak degeneratif sejak 13 tahun yang lalu sehingga mengakibatkan organ tubuh leher hingga ke bawah lumpuh total.

Jan Scheuermann menunjukkan lengan robotik itu mampu memberinya makan keju dan cokelat panas, serta memindahkan serangkaian objek benda dalam sebuah tes yang sudah dirancang sedemikian rupa untuk memulihkan kondisi dari korban stroke, dan dia juga mampu melakukannya secepat orang yang sehat pada umumnya.

Lengan Robotik ini Bergerak dengan Kendali Pikiran Seorang Penderita Lumpuh

Para ahli menyebutnya sebagai sebuah langkah maju yang luar biasa dimana lengan robotik ini mampu dikendalikan secara langsung oleh otak. Sistem lainnya telah memungkinan penderita lumpuh untuk mengetik atau menulis sebuah surat dengan cara melalui kendali pikiran. Pengembang dan para ilmuwan memprediksi teknologi ini nantinya dapat digunakan untuk memotong kerusakan saraf dan membangkitkan kembali otot yang lumpuh.

Silahkan disimak video dari Jan Scheuermann yang menampilkan bagaimana ia mencoba menggerakan tangan robotiknya dengan menggunakan pikiran.


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini