Komputer Akan Memiliki Kemampuan Indra Manusia dalam 5 Tahun Kedepan?

Setiap tahun IBM selalu merilis “5 in 5”, yaitu 5 teknologi yang diprediksi akan mengubah dunia dalam 5 tahun kedepan. Dan tahun ini salah satu prediksi IBM adalah dalam 5 tahun kedepan, komputer akan memiliki kemampuan indra manusia.

Komputer Akan Memiliki Kemampuan Indra Manusia dalam 5 Tahun Kedepan?

Manusia memiliki kemampuan pengindraan seperti indra peraba, penglihat, pendengar, perasa, dan pencium. Dan IBM memprediksi dalam 5 tahun kedepan, komputer juga akan memilikinya.

Lihatlah video IBM 5 in 5 untuk tahun 2013 ini:

http://www.youtube.com/watch?v=4Fw2GMyv0rY

Robyn Schwartz, Direktur Asosiasi di IBM, menjelaskan bahwa saat ini berbagai kemampuan indra tersebut sudah dimiliki oleh komputer secara terpisah dan sederhana. Misalnya saja kemampuan untuk merasakan sentuhan, sudah ada di smartphone touchscreen dimana layarnya bisa merespon ketika disentuh. Kemampuan ini digabungkan dengan teknologi vibrations bisa digunakan dan dikembangkan untuk simulasi sentuhan secara digital.

Berbagai kemampuan indra di komputer tersebut tidak hanya digunakan untuk kesenangan saja (gaming, robotika, dsb), tetapi juga bisa digunakan untuk membuat kehidupan manusia menjadi lebih baik. Misalnya saja kemampuan komputer untuk mendeteksi bau bisa digunakan oleh dokter untuk mendeteksi penyakit melalui bau yang dikeluarkan oleh keringat si pasien.

Bagaimana menurut kamu, apakah dalam 5 tahun kedepan komputer sudah memiliki semua kemampuan indra tersebut?

Bagikan pendapat kamu melalui kolom komentar PG dibawah ini.

This entry was posted in info by Febian. Bookmark the permalink.

About Febian

Sangat tertarik dengan dunia teknologi dan entrepreneurship. Hobby membaca membuatnya selalu ingin memiliki perpustakaan pribadi sendiri.

2 thoughts on “Komputer Akan Memiliki Kemampuan Indra Manusia dalam 5 Tahun Kedepan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *