Kenapa Windows Tidak Mampu Mendeteksi Semua Jumlah RAM?

Pernahkah kamu membongkar PC dan mengganti komponen di dalamnya? Misalkan saja mengganti atau menambah RAM yang kamu miliki. Mengganti atau menambah RAM adalah proses yang mudah saat mengganti komponen komputer. Kamu tinggal memasang RAM yang baru maka komputer kamu akan langsung mendeteksinya. Tidak perlu lagi mengutak-atik setting.

Pendeteksian jumlah RAM juga tergantung OS apa yang kamu gunakan. Jika kamu menggunakan Windows dan tidak dapat membaca semua RAM, itu ada alasannya. Berikut ini akan PG jelaskan kenapa Windows tidak mampu membaca semua RAM yang kamu pasangkan.

 

Windows 32-bit

Windows 32-bit mempunyai batasan memory RAM yang kamu pasangkan. Jumlah memory maksimal dari RAM yang kamu pasangkan dari Windows 8, Windows 7, Windows Vista, dan Windows XP 32-bit adalah 4 GB. Jika kamu mempunyai RAM yang lebih dari 4 GB maka sebaiknya kamu menggunakan Windows 64-bit.

Untuk memeriksa kamu menggunakan Windows 32-bit atau 64-bit, kamu dapat melihatnya di “Control Panel\System and Security\System” untuk Windows 8 kamu bisa melihatnya di Setting dulu baru kemudian System.

Kenapa Windows Tidak Mampu Mendeteksi Semua Jumlah RAM?

 

Versi Windows

Ternyata Windows 32-bit dan 64-bit hanyalah salah satu faktor dari pembatasan RAM. Versi Windows ternyata juga mempengaruhi batasan jumlah RAM yang kamu gunakan. Misalkan saja versi Windows 7 Starter 32-bit memiliki RAM batasan 2 GB tidak 4 GB. Sedangkan untuk pengguna versi Windows 7 Ultimate 64-bit memiliki batasan RAM 192 GB. Untuk lebih lengkapnya kamu bisa melihat disini.

Kenapa Windows Tidak Mampu Mendeteksi Semua Jumlah RAM?

 

Internal Graphics Card atau Hardware Lain

Beberapa komponen hardware di komputer kita juga memerlukan memory yang diambil dari RAM, misalkan saja Internal Graphics Card. Hardware lainnya yang memerlukan RAM adalah hardware jaringan. Untuk melihat memory RAM yang digunakan oleh hardware lain, kamu dapat melihatnya di System. Jika RAM yang kamu pasangkan 4 GB dan hanya 3.18 yang terpakai, maka 0.82 digunakan untuk hardware.

Kenapa Windows Tidak Mampu Mendeteksi Semua Jumlah RAM?

 

Motherboard

Motherboard juga memiliki batasan RAM yang kamu pasangkan, tidak berarti RAM yang kamu pasangkan akan terbaca semuanya. Untuk memastikan RAM yang kamu pasang terbaca semua, kamu dapat memastikannya dengan melihatnya di BIOS.

Kenapa Windows Tidak Mampu Mendeteksi Semua Jumlah RAM?

 

Nah itulah beberapa alasan kenapa Windows tidak bisa membaca semua RAM yang kamu pasang, jika kamu mempunyai alasan yang lain. Kamu dapat meninggalkan komentar di bawah ini, setiap komentar kamu akan membantu teman-teman lainnya.


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

  • adnan

    ayd6483: oh gitu, ya. Saya pakai windows ultimate 32 bit & ram sy 4 GB. Saya mau upgrade jd 8 GB. Ok, trims atas infonya.

  • ayd6483

    kalo windows anda 32 bit dan RAM yang terinstall misalkan 8gb, anda bisa mengaktifkan PAE option. setelah pae diaktifkan maka windows 32 bit anda akan mendetek 8gb ram.

    tanya sama om Google cara mengaktifkan PAE.