Kapan Waktu yang Pas untuk Mengganti Baterai Laptop?

Kapan Waktu yang Pas untuk Mengganti Baterai Laptop?

Tidak peduli bagaimana cara kamu merawat baterai laptop, suatu saat baterai tersebut akan mati atau rusak. JIka kamu merawat dengan baik dan benar, ini hanya memperpanjang umur baterai laptop kamu. Baterai yang rusak harus segera kamu ganti, karena tidak mungkinkan kemanapun kamu berada harus membawa adaptor atau bagaimana jika terjadi pemadaman listrik.

Baterai dapat rusak secara mendadak, tetapi tidak selalu begitu. Windows akan memperingatkan kamu ketika baterai mencapai batas rendah, tetapi kamu juga bisa mengawasinya sendiri. Kali ini PG akan membahas sesuatu yang mungkin kamu butuhkan. Kapan waktu yang pas untuk mengganti baterai laptop, ini berguna bagi pengguna laptop, ultrabook atau netbook.

 

Peringatan Windows

Ketika kamu menggunakan Windows, tanda baterai bisa kamu lihat pada system tray. Disini kamu bisa mendapatkan informasi mengenai kapasitas baterai, daya tahan lamanya baterai dan menentukan power plan.

Kapan Waktu yang Pas untuk Mengganti Baterai Laptop?

Ketika baterai kamu mencapai batasnya hampir habis, Windows akan menampilkan peringatan kepada kamu. Kamu akan melihat tanda silang merah pada icon baterai di system tray dan ketika kamu klik, Windows menyarankan kamu untuk mengganti baterai baru. Windows juga memperingatkan laptop kamu akan mati secara mendadak karena ada masalah dengan baterai, intinya baterai kamu tidak dapat menahan lebih lama nyala laptop kamu dan harus menggunakan adapter. Peringatan Windows ini hanya muncul pada Windows 7 dan Windows 8, versi Windows sebelum itu tidak menyediakan fitur ini.

 

Bagaimana Memeriksa Kapasitas Baterai?

Baterai hanyalah benda elekronik yang memiliki umur, semakin lama digunakan maka umur akan semakin pendek. Jika kamu penasaran dengan kapasitas baterai laptop, kamu bisa mengetahuinya dengan menggunakan software gratis NirSoft’s BatteryInfoView. Disini kamu akan mendapatkan informasi tentang kapasitas baterai yang kamu gunakan apakah sudah menurun atau belum, contohnya saja gambar di bawah ini. Kapasitas baterai didesain dengan kapasitas 86,5850 mWh tetapi sekarang menjadi 61,261 mWh. Jadi sekarang kemampuan baterai laptop sudah melemah. Beberapa baterai laptop mampu menampilkan informasi detail lainnya, seperti siklus saat di charge dan gagal di charge sampai penuh.

Kapan Waktu yang Pas untuk Mengganti Baterai Laptop?

 

Kalibrasi Baterai

Jika informasi baterai diatas kurang akurat, mungkin kamu harus meng-kalibrasi baterai kamu. Sebagai contoh, ketika Windows menampilkan peringatkan untuk mengganti baterai. Ketika kamu melakukan kalibrasi, kapasitas baterai yang sebelumnya 27% meningkat menjadi 70%. Ini berarti baterai laptop kamu belum mencapai batas aus atau rusak, kamu tidak perlu mengganti baterai laptop. Jadi pastikan terlebih dahulu sebelum mengganti baterai laptop, kalibrasi dulu baterai laptop kamu.

Kapan Waktu yang Pas untuk Mengganti Baterai Laptop?

 

Kenapa Kapasitas Baterai Menurun?

Kapasitas Baterai dapat menurun karena berbagai faktor, diantaranya ada suhu, penggunaan, umur dan hal buruk lainnya untuk baterai kamu. Baterai akan rusak secara perlahan tidak peduli bagaimana kamu menggunakannya, bahkan jika baterai tidak kamu gunakan dan disimpan di dalam lemari, lama-lama akan kehilangan kapasitas baterai karena umurnya.

 

Mengganti Baterai Laptop

Kapan Waktu yang Pas untuk Mengganti Baterai Laptop?

Jika baterai laptop kamu bisa dilepas maka ini memudahkan kamu untuk mengganti baterai laptop, tetapi jika baterai laptop kamu tidak bisa dilepas maka kamu harus menghubungi produsen atau layanan service perusahaan laptop kamu. Belilah baterai ditempat yang terpercaya, karena jika kamu tidak hati-hati dan mementingkan harga. Kamu bisa tertipu dengan baterai palsu yang bisa membuat laptop kamu terbakar.


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

  • Makasih gan atas infonya,, semoga Baterai leptop ane masih baik2 aja,,
    software nya keren juga tuh :)