JD’s Auto Speed Tester: Menganalisis Koneksi Internet secara Visual

Penasaran dengan naik turunnya koneksi anda? Mungkin anda dapat mengeceknya di web service seperti Speedtest.net untuk memeriksa kecepatan upload/download koneksi internet anda sebelum marah-marah ke provider anda. Ehm, jika anda menggunakan mobile modem, harap maklum saja jika naik turunnya kecepatan koneksi anda sangat cepat perubahannya… Nah, kali ini saya menawarkan sebuah aplikasi, yaitu JD’s Auto Speed Tester, aplikasi berbasis Windows yang dapat menganalisis dan menampilkan hasil dalam bentuk grafis dan tabel sehingga anda dapat secara akurat menilai variasi kecepatan internet anda. Lebih lanjut, aplikasi ini memungkinkan anda melakukan berbagai tes terkait kecepatan koneksi internet anda.

Nah, sebelum menggunakan aplikasi ini, silahkan mendownloadnya terlebih dahulu di: http://www.gmwsoftware.co.uk/

JD’s Auto Speed Tester memiliki interface yang lengkap. Toolbar yang ditampilkan memungkinkan anda menciptakan, mengubah, atau menghapus perangkat data yang dibutuhkan dalam pengujian. Sebagai tambahan, alat diagnostik mendukung GUI based Tracert, MTU dan tes singkat, yang mana menjadikan pengguna berpengalaman dapat melakukan penilaian lebih detil. Ketika anda mengklik ‘Run Test’, maka nilai data akan ditampilkan dengan penekanan pada kecepatan Download/Upload, Ping Time, Packet Loss dan Jitter dalam indikasi grafis yang digambarkan berikut ini sebagai hasil dari tes kecepatan koneksi.

JD’s Auto Speed Tester: Menganalisis Koneksi Internet secara Visual

Pada saat pengujian, kemajuan pengukuran akan diindikasikan pada JD Net Monitor yang menampilkan kepada anda puncak kecepatan sebagai standar pengukuran. Dengan melakukan berbagai tes secara manual dan otomatis, pola grafis bisa dinilai sehingga anda bisa memperkirakan sebab-akibat cepat atau lambatnya layanan internet anda.

JD’s Auto Speed Tester: Menganalisis Koneksi Internet secara Visual

Fitur menarik lain adalah AvGraph dan AvData buttons. Meng-klik AvGraph akan menunjukkan grafik kecepatan rata-rata.

JD’s Auto Speed Tester: Menganalisis Koneksi Internet secara Visual

Lebih lanjut, tombol AvData bisa menampilkan ringkasan varian data dengan penekanan pada kecepatan download dan upload dalam waktu pengujian.

JD’s Auto Speed Tester: Menganalisis Koneksi Internet secara Visual

Setelah menyelesaikan tes kecepatan, data dapat diperlihatkan secara detil dengan menggunakan opsi CSV display. CSV file akan disimpan dalam folder dokumen anda dengan nama ‘Speed_Tester’. Data ini dapat dikeluarkan ke dalam Microsoft Excel atau aplikasi terkait.

 

Kelebihan

  • Fasilitas pengujian yang sangat banyak baik dengan file ataupun URL yang ditentukan pengguna sendiri.
  • Hasil tes didasarkan rentang indikator untuk analisis yang lebih baik.
  • Kemampuan mengekspor hasil dalam format CSV.

 

Kekurangan

  • Alat ini tidak sesuai untuk pengguna pemula
  • Memerlukan instalasi Microsoft .NET Framework Client secara terpisah untuk menjalankan software.

Secara keseluruhan, JackDin’s Auto Speed Tester adalah aplikasi yang ringan dan bagus untuk semua penyuka internet, dengan fitur tingkat lanjut, indikator analisis dan juga kemampuan melakukan ekspor data, software ini sangat bernilai untuk pengalaman dan kinerja internet anda. Selain itu, aplikasi ini juga bekerja dengan baik di Windows.

Nah, sekarang anda dapat memperoleh data yang lengkap kecepatan koneksi internet anda sebelum melayangkan komplain kepada provider anda atas kelambatan yang bukan kesalahan anda!


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini