Inovasi Baru Google: the Knowledge Graph

Mungkin agak terlambat bagi PG untuk memperkenalkan Google Knowledge Graph. Faktanya, layanan ini telah diluncurkan sejak Juni 2012 ini dan mungkin beberapa diantara kamu telah menggunakannya tanpa terasa!

Inovasi Baru Google: the Knowledge Graph

Apa yang dimaksud dengan The Knowledge Graph? Intinya Google akan menampilkan informasi lebih mendalam untuk kata kunci terkait dengan orang, peristiwa, atau lokasi tertentu yang populer, sehingga memungkinkan kamu untuk mencari informasi tentang orang terkait, peristiwa terkait, atau lokasi terkait. Biasanya diutamakan yang berhubungan dengan ilmu pengetahuan.

Kamu bisa menyaksikan video preview Google Knowledge Graph berikut ini:

Lalu bagaimana prakteknya?

Misalnya kamu ingin mengetahui tentang tokoh tertentu, yaitu Steve Jobs. Ketikkan nama Steve Jobs di Bar pencarian Google. Maka kamu akan mendapatkan hasil pencarian seperti ini:

Inovasi Baru Google: the Knowledge Graph

Seperti yang kamu saksikan, di sebelah kanan akan ada semacam preview dari Steve Jobs meliputi foto, biografi singkat, serta tokoh-tokoh terkait dengan Steve Jobs.

Bila kamu menemukan informasi tersebut salah, maka kamu bisa melakukan editing sendiri secara langsung dengan mengklik tombol “Feedback” yang ada di bawah tampilan tersebut.

Inovasi Baru Google: the Knowledge Graph

Sebagai seorang tokoh besar, tentu saja ada tokoh-tokoh lain yang terkait dengan Steve Jobs. Kamu bisa menelusurinya dengan mengklik tokoh yang kamu inginkan.

Inovasi Baru Google: the Knowledge Graph

Dengan cara demikian, kamu akan lebih mudah mendapatkan informasi tentang tokoh tertentu beserta tokoh-tokoh lain yang berhubungan dengannya.

Dengan adanya fitur ini, Google mengharapkan bahwa pengguna Google yang haus akan ilmu pengetahuan merasa lebih asyik dalam berinteraksi serta mencari informasi tambahan yang diinginkan. Kamu bisa memanfaatkan fitur The Knowledge Graph ini untuk menunjang paper atau makalah yang merupakan tugas sekolah kamu.

Google memang tak pernah berhenti berinovasi, terutama dalam hal informasi. Begitu kuatnya peran Google dalam penyebaran informasi menjadikan perusahaan mereka populer luar biasa di seluruh penjuru dunia sehingga memunculkan berbagai mitos tentang Google. Saran PG, manfaatkanlah apapun fasilitas yang diberikan Google untuk menunjang kehidupanmu. Mumpung Gratis bukan?

 


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini