Inilah yang Harus Kamu Ketahui Tentang Android Lollipop

Inilah yang Harus Kamu Ketahui Tentang Android Lollipop

Hai kamu pengguna Android, saat ini mungkin kamu hanya tahu kalau Android terbaru adalah Android 4.4 atau KitKat. Nyatanya Google telah merilis Android terbaru yaitu Android 5.0 dengan nama Lollipop. Sistem operasi ini dirilis bersamaan dengan tiga device baru Nexus, yaitu Nexus 6, Nexus 9 dan Nexus Player.

Update Google Android lebih cenderung membawa banyak fitur yang mengesankan. Mengingat Android Lollipop adalah update mayor setelah Android 4.x JellyBean/KitKat, dapat dipastikan lebih keren dari OS sebelumnya. Jadi fitur baru apa saja yang dirilis, device apa saja yang akan mendapatkan update? Kapan update akan dirilis secara OTA?

Sebelum kamu terkesan dengan fitur-fitur yang diberikan, PG akan memberitahu kamu device apa saja yang akan mendapatkan update Android Lollipop dan kapan update Android Lollipop akan diberikan.

 

Daftar Smartphone yang Bisa Update Android Lollipop

Untuk saat ini memang terlalu awal untuk menebak secara tepat device apa saja yang akan mendapatkan update dan kapan update akan diberikan. Sebagai contoh, baru-baru ini update Android Lollipop untuk Nexus 5 ditunda karena ada bug yang bisa mengakibatkan borosnya baterai. Karena itu jangan terpaku pada informasi yang PG berikan, sejauh yang PG tahu berikut ini device yang akan mendapatkan update Android Lollipop berserta tanggal rilis update Android Lollipop untuk device tersebut.

Inilah yang Harus Kamu Ketahui Tentang Android Lollipop

Nexus 6

 

Google

Nexus 4 – 10 November
Nexus 5 – 10 November
Nexus 7 – 10 November
Nexus 10 – 10 November

 

Motorola

Moto E – update dikonfirmasi, kemungkinan akhir tahun 2014
Moto G – update dikonfirmasi, kemungkinan akhir tahun 2014
Moto G LTE edition – update dikonfirmasi, kemungkinan akhir tahun 2014
Moto X – update dikonfirmasi, kemungkinan akhir tahun 2014

 

HTC

HTC One – update dikonfirmasi, dalam waktu 90 hari setelah menerima source code Android Lollipop
HTC One M7 — confirmed, within 90 days of receiving the Android Lollipop source code
HTC One M8 — confirmed, within 90 days of receiving the Android Lollipop source code

 

Samsung

Samsung belum secara resmi mengumumkan jadwal perilisan update Android Lollipop, tapi ada rumor yang mengatakan bahwa Galaxy S5 mendapatkan update Android 5.0 Lollipop pada bulan Desmber tahun ini dan Galaxy S4 akan mendapatkan update Android 5.0 Lollipop pada awal tahun 2015. Selain itu tweet Samsung baru-baru ini juga memberikan kita kode update Android Lollipop juga akan diberikan untuk Galaxy Note 4.

 

Sony

Berbeda dengan Samsung, Sony sudah mengatakan bahwa akan memberikan update Android Lollipop untuk device Xperia seri Z. Mereka juga telah menunjukan tahap awal pengembangan versi OS baru untuk Z1, Z2 dan Z3. Sayangnya mereka tidak mengatakan dengan pasti kapan update Android Lollipop dirilis.

 

LG

LG G3 – telah dikonfirmasi, update akan diberikan akhir November atau awal Desember tahun ini

 

Setelah kamu tahu apakah device kamu mendapatkan update, kali ini barulah daftar fitur baru yang akan ada di Android 5.0 Lollipop.

 

Fitur Android 5.0 Lollipop

 

Battery Saving Mode

Smartphone dengan fitur battery saving mode tampaknya tidak berkembang. Samsung dan HTC telah menawarkan fitur tersebut selama beberapa tahun. Anehnya, Android seperti Google Nexus tidak pernah menawarkan fitur seperti itu. Sebaliknya, kamu harus benar-benar tahu trik apa yang bisa membuat baterai Android menjadi hemat.

Dengan menggunakan fitur ini, ketika baterai device sampai dibawah 15 baterai maka ia akan mendapatkan 90 menit tambahan waktu untuk hidup, namun developer juga dapat menerima keuntungan dari Android Runtime (ART), membuat Google bisa mengubah developer code menjadi fungsi aplikasi.

Inilah yang Harus Kamu Ketahui Tentang Android Lollipop

Dengan memanfaatkan ART, memungkinkan device untuk lebih efektif membedakan antara kegiatan penting dan aktivitas sehari-hari, selain itu developer akan dapat memahami apa yang dapat menguras baterai dari aplikasi miliknya dan memberikan tweak yang sesuai. Tahun 2015 dipastikan banyak device Android dengan konsumsi daya baterai yang hemat ketimbang sekarang.

 

Screen Pinning

Biasanya orang meminjam ponsel digunakan untuk SMS, foto atau telepon, tapi mereka akhirnya terdorong untuk melihat data-data pribadi tersebut tanpa izin kamu. Sebagai orang yang beretika tentu ini tidak boleh dilakukan.

Inilah yang Harus Kamu Ketahui Tentang Android Lollipop

Untuk itu Android Lollipop menyediakan fitur screen pinning, memungkinkan kamu untuk Pin aplikasi ke layar depan ponsel. Jika ada seseorang yang meminjam ponsel kamu, mereka tidak akan bisa melihat data-data pribadi kamu setelah selesai meminjam ponsel. Cara kerja fitur ini sebenarnya adalah menghilangkan fungsi tombol home dan recent apps, jadi user hanya bisa berinteraksi apa yang ada di layar. Untuk keluar dari screen pinning, kamu hanya perlu pencet recent dan back pada waktu yang bersamaan dan masukan kode PIN.

 

Multiple Accounts

Fitur Multiple Accounts di ponsel? Pasti kamu berpikir untuk apa fitur ini dibuat di ponsel, kalo untuk desktop mungkin masih masuk akal. Tapi untuk saat ini semua jadi masuk akal, mungkin device yang kamu gunakan tidak hanya untuk kamu saja dan digunakan oleh keluarga kamu juga.

Inilah yang Harus Kamu Ketahui Tentang Android Lollipop

Apapun alasannya, sekarang fitur ini sudah hadir di Android Lollipop. Dengan begini kamu bisa membuat banyak akun untuk satu device, namun ada juga akun tetap seperti guest dan temporary akun. Fitur ini juga memiliki banyak keuntungan, kamu tidak perlu kawatir tentang konfigurasi yang diubah-ubah, data yang dihapus atau email yang dapat dilihat akun lainnya.

 

Smart Lock

Kamu sering berada di tengah SMS, chat atau browsing dan tiba-tiba ponsel kamu terkunci dengan sendirinya? Jika itu terjadi sekali-dua kali masih tak apa, bagaimana jika kamu seharian melakukannya berkali-kali. Pasti males bangetkan, apalagi kalo kamu pake password atau PIN.

Inilah yang Harus Kamu Ketahui Tentang Android Lollipop

Android Lollipop memberikan keuntungan untuk hal tersebut dengan fitur Smart Lock. Fitur ini memungkinkan device dibuka dengan Bluetooth. Artinya, jika kamu berada di rumah dan partner ponsel ada didekat kamu, maka device Android Lollipop kamu tidak akan terkunci dengan sendirinya.

 

Notifications

Untuk sistem notification kali ini mendapatkan update besar-besaran di Android Lollipop, menghilangkan notifikasi dari pihak ketiga seperti Floatify. Semua diredesain supaya user lebih memperhatikan notifikasi tanpa mengganggu aktivitas mereka. Jadi ketika ada panggilan atau text, itu tidak akan mengambil semua layar kamu, tapi kamu malah akan melihat sebuah bar kecil di bagian atas layar, memberikan pilihan untuk kamu untuk diabagikan atau ditanggapi.

Inilah yang Harus Kamu Ketahui Tentang Android Lollipop

Lock screen notification juga ikut dirombak. Sekarang kamu bisa melihat, mengatur, dan menanggapi notifikasi yang masuk tanpa membuka aplikasi yang bersangkutan. Selain itu jika kamu memerlukan privasi, kamu bisa mematikan fitur ini.

 

Multitasking

Sekarang multitasking juga lebih mudah, tidak seperti recent apps yang harus kamu scroll, kamu bisa melihat semua tab yang terbuka seperti pada Chrome. Tidak hanya lebih mudah dan cepat, kamu juga bisa melihat setiap aplikasi dengan lebih detail. Misalkan saja, ketika kamu membuat pesan email baru di Gmail dan juga memeriksa kotak masuk, kamu akan melihat dua tab Gmail terpisah yang ditampilkan.

Inilah yang Harus Kamu Ketahui Tentang Android Lollipop

 

Tertarik dengan Android 5.0 Lollipop? Apakah device kamu mendapatkan update? Fitur mana yang kamu sukai dari fitur yang telah disebutkan di atas? Untuk lebih jelasnya kamu harus sabar menunggu, kemungkinan update Android Lollipop akan dirilis secara menyeluruh tahun depan.


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini