Inilah Foto dan Video Ledakan Matahari Terdahsyat Ditahun 2012

Sebuah fenomena dari badai matahari umumnya akan diiringi dengan terjadinya sebuah coronal mass ejection atau disingkat dengan CME yang berarti “lontaran massa korona”. Dan tepat pada tanggal 31 Agustus 2012, NASA (National Aeronautics and Space Administration) berhasil mengabadikan foto letupan matahari yang terjadi di pertengahan tahun ini.

Seperti yang kutip pula melalui Theage, bahwa ledakan matahari tersebut terjadi pada tanggal 31 Agustus 2012. Dan dalam hal ini NASA melalui satelit miliknya berhasil menangkap foto beresolusi tinggi terkait badai matahari yang sedang terjadi, melalui foto tersebut bisa dilihat secara jelas lengkungan besar terangkat dari permukaan matahari.

Inilah Foto dan Video Ledakan Matahari Terdahsyat Ditahun 2012

Lengkungan besar tersebut terlepas dari permukaan matahari akibat medan magnet dari matahari yang sangat kuat. Letupan tersebut melontarkan ratusan juta ton plasma super panas ke luar angkasa. Plasma super panas ini melesat dalam kecepatan 1.400 kilometer per detik dan lengkungan dari material matahari yang super panas ini kabarnya mampu melintas sepanjang 300 ribu kilometer (200 ribu mil).

Inilah Foto dan Video Ledakan Matahari Terdahsyat Ditahun 2012

Foto Coronal mass ejection (CME) yang ditangkap NASA (Image via: Theage)

Menurut Wikipedia, bahwa CME adalah merupakan ledakan besar dari angin matahari serta medan magnet yang naik di atas korona matahari dan dilepaskan ke luar angkasa. Dalam ledakannya CME melepaskan kuantitas material dan radiasi elektromagnetik yang cukup besar ke luar angkasa.

Material yang dilontarkan oleh matahari ini mengandung plasma elektron dan proton. Beberapa dari material tersebut juga terdiri dari komposisi helium, oksigen dan besi.

Apabila material tersebut mencapai Bumi, maka bisa menimbulkan badai geomagnetik yang mengganggu magnetosphere Bumi. Selain itu partikel dari energi solar ini juga bisa menyebabkan munculnya aurora kuat di wilayah kutub Bumi dan dapat mengganggu transmisi radio serta dapat menimbulkan kerusakan pada satelit dan fasilitas transmisi elektrik lainnya.

Silahkan saksikan video berikut dibawah ini untuk melihat secara langsung ledakan terdahsyat dari matahari pada 31 Agustus 2012 kemarin.


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

  • TOKO ONLINE BARU

    Satu kata “Subhanalloh”