Ingin Membuat iOS Menjadi Open Source? Tanda Tangani Petisi Ini Sekarang

Apple Computer Inc, adalah sebuah perusahaan komputer raksasa yang bergerak dalam berbagai macam industri, seperti industri perangkat keras (hardware), perangkat lunak (software), perangkat elektronik dan distribusi digital lainnya.

Selain berhasil menguasai dunia dengan produk-produknya, Apple yang merupakan pelopor dari revolusi komputer pribadi di tahun 1970-an ini sangat terkenal sekali dengan tingkat keamanannya dalam menjaga semua produk-produknya, termasuk salah satunya adalah produk perangkat lunak berupa sistem operasi milik Apple yang disematkan dalam produk digital mereka yang terkenal yaitu iPhone, adalah sistem operasi iOS.

Ingin Membuat iOS Menjadi Open Source? Tandatangani Petisi Ini Sekarang

iOS pada dasarnya adalah sebuah sistem yang merupakan turunan dari sistem operasi Mac OS X yang pada awalnya dibuat hanya khusus untuk perangkat keras iPhone, namun seiring perkembangan sekarang iOS pun sudah bisa digunakan pada perangkat Apple lain seperti iPod Touch, iPad dan Apple TV.

Dan Karena Apple terbilang sangat ketat dalam menjaga keamanan sistem operasinya miliknya, tak sedikit dari para developer yang menjual aplikasi dan gamenya di App Store seringkali menuntut agar Apple segera menindak tegas para developer jailbreak, karena menurut mereka tindakan jailbreak adalah sebuah jalan dan cara yang dapat memuluskan sebuah tindak pembajakan terhadap aplikasi-aplikasi seperti yang saat ini marak terjadi.

Istilah Jailbreak pada iOS pada dasarnya adalah merupakan sebuah proses penghilangan batasan yang sebelumnya diberlakukan oleh sang vendor (Apple) pada perangakat keras miliknya. Pada Android lebih dikenal dengan istilah Rooting. Dengan men’jailbreak iOS tentu saja nantinya para pengguna tersebut memiliki akses penuh (root access) terhadap sistem operasi iOS tersebut, dan bebas untuk mengunduh aplikasi baik yang bajakan maupun yang orisinil.

Ingin Membuat iOS Menjadi Open Source? Tandatangani Petisi Ini Sekarang

Hal ini pun menyebabkan sebagian para developer menjadi berang dan sedikit kehabisan akal, dan akhirnya membuat semacam petisi yang meminta agar Apple membuka akses ke sistem operasi iOS miliknya. Salah satunya ialah pod2g, pihak Pod2g menginginkan agar Apple mengizinkan para developer untuk menjual atau membagikan sebuah tweak dan tema lewat App Store. Pihak Pod2g menjanjikan bahwa hal ini tidaklah berbahaya atau berpotensi merugikan Apple karena sebelum aplikasi dipublish di App Store, tentunya terlebih dahulu tweak atau tema itu akan direview oleh Apple sebelum akhirnya bisa lolos dan dipublish di App Store.

Ingin Membuat iOS Menjadi Open Source? Tandatangani Petisi Ini Sekarang

Sistem keamanan yang ada di iOS 6 sendiri diklaim sudah cukup baik, sehingga sampai dengan saat ini para developer jailbreak belum ada yang bisa untuk membuat jailbreak, khususnya untuk perangkat dengan processor diatas A4.

Apakah kamu juga setuju dengan pihak Pod2g dan menginginkan hal yang sama? Apabila kamu sependapat, ada baiknya kamu ikut menandatangani petisi #WeWantAnOpeniOS dengan mengujungi tautan berikut ini, dan sign in menggunakan akun Twitter milikmu.

#WeWantAnOpeniOS : http://twitition.com/mdinc


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini