IBM Simon : Ponsel Layar Sentuh Pertama Didunia (Video)

Apabila sebelumnya PG sudah sedikit membahas mengenai IBM Simon pada ulasan tentang #Techvolusi: Perkembangan Layar Sentuh a.k.a Touchscreen dari Masa ke Masa, kali ini PG akan lebih spesifik membahas mengenai Ponsel yang memiliki fitur layar sentuh pertama di dunia ini.

Di zaman yang sekarang ini sepertinya sebuah ponsel itu belum pantas untuk dikatakan sebagai sebuah smartphone apabila ponsel tersebut belum menggunakan teknologi layar sentuh. Teknologi layar sentuh ini memang sudah sangat merakyat sekali sehingga membuat sebuah paradigma khusus dimasyarakat bahwa smartphone itu salah satu ciri-cirinya adalah apabila dilengkapi dengan fitur layar sentuh.

IBM Simon : Ponsel Layar Sentuh Pertama Didunia (Video)

Era ponsel berlayar sentuh sendiri ternyata dimulai sudah sejak lama. Tepatnya pada tahun 1994 pada tanggal 16 Agustus 1994, IBM secara resmi meluncurkan IBM Simon Personal Communicator, yaitu sebuah ponsel pintar dengan sistem operasi Datalight ROM-DOS yang sudah menggunakan teknologi layar sentuh.

Ponsel ini disematkan processor Vadem berkecepatan 16 MHz didalamnya dan memiliki ukuran yang cukup besar apabila dibangingkan dengan ukuran smartphone sekarang, yaitu 20 cm x 6,4 cm x 3,8 cm dan dengan berat 510 gram.

IBM Simon : Ponsel Layar Sentuh Pertama Didunia (Video)

Pada masa keemasan IBM Simon ini, para peminat harus merogoh kocek sekitar $899 atau sekitar 8,6 juta rupiah dengan syarat 2 tahun kontrak dengan operator. Atau bisa memilih untuk membayar $1099 atau sekitar 10,5 juta rupiah dengan tanpa kontrak dari operator yang berarti dapat dengan bebas menggunakan provider apa saja asalkan support.

Diprediksikan bahwa ponsel ini berhasil terjual sekitar 50.000 unit selama masa penjualannya yang hanya 6 bulan saja hingga bulan Februari 1995. Penasaran ingin melihat IBM Simon? Silahkan kamu saksikan Video berikut ini.

IBM Simon : Ponsel Layar Sentuh Pertama Didunia (Video)


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini