5 Hal yang Perlu Kamu Pikirkan Sebelum Membeli Tablet

Pertama kali tablet yang PG tahu adalah iPad, dimana saat itu sedang populer-populernya orang-orang membicarakan tablet. Lalu beberapa waktu kemudian muncul tablet dengan berbagai OS, mulai dari Blackberry, Android, WebOS dan masih banyak lagi. Menurut PG tablet memang lebih nyaman bila dibandingan dengan smartphone atau laptop. Apalagi sekarang ada tablet yang bernama Microsoft Surface yang memiliki fitur keren, seperti keyboard dock yang bisa dipasang sehingga mirip seperti laptop dan dilepas sehingga mirip seperti tablet.

Memang sekarang banyak sekali tablet-tablet yang beredar dan semua tablet itu tidak sama. Tablet yang memimpin sekarang adalah iPad terbaru, kemudian diikuti dengan Android dan Microsoft Surface. Jika kamu ingin membeli tablet namun memiliki budget yang tidak banyak, kamu pasti akan berhati-hati dalam memilih tablet. Sayang sekali bukan, jika kamu sudah beli namun tidak sesuai dengan keinginan kamu.

Nah berikut ini adalah tips dari PG ketika kamu ingin membeli tablet murah, supaya kamu tidak menyesal dan menyia-nyiakan tablet yang kamu beli.

 

#1 OS

Ada banyak pilihan sistem operasi pada tablet yang akan kamu beli, namun tahukah kamu mana yang harus kamu pilih? Jika kamu ingin menggunakan tablet yang berjangka panjang atau lebih tepatnya tablet yang awet. Sebaiknya kamu menghindari membeli tablet bersistem operasi di bawah ini:

Android 2.3 & Versi Di Bawahnya

Kenapa kamu tidak boleh membeli Android dengan versi 2.3 atau versi sebelum 2.3? Menurut PG, Android merupakan sistem operasi yang sangat cepat berkembangnya. Jika kamu sekarang baru saja ingin membeli Android dan membeli dengan versi 2.3 atau sebelumnya, maka kamu akan ketinggalan untuk mencicipi aplikasi dan fitur baru di Android. Tetapi jika tablet yang kamu beli bisa diupgrade ke versi setelah 2.3, ini tak akan menjadi masalah. Ditambah lagi sistem operasi Android yang mendukung tablet mulai dari Android versi 3.0. Jadi jika kamu ingin membeli tablet Android, pilihlah tablet yang sistem operasinya bisa diupgrade ke versi 2.3 ke atas.

Hal yang Perlu Kamu Pikirkan Sebelum Membeli Tablet

 

webOS

Jika kamu fans setia PG, pasti kamu sudah tahu kalau webOS sudah hampir punah. Nah jika kamu ingin membeli tablet, PG sarankan kamu tidak membeli tablet dengan OS webOS. Karena sudah hampir punah, mungkin tidak banyak penyedia aplikasi atau pengembang yang mengembangkan OS ini.

Hal yang Perlu Kamu Pikirkan Sebelum Membeli Tablet

 

#2 Aplikasi

Hal yang Perlu Kamu Pikirkan Sebelum Membeli Tablet

Berikutnya adalah aplikasi, jika kamu ingin membeli tablet pastinya banyak aplikasi yang mendukung sistem operasi pada tablet yang akan kamu beli. Contohnya saja Android dengan Google Play yang memiliki 500.000 aplikasi. Bisa juga iOS dengan iTunes yang memiliki setidaknya 650.000 aplikasi. Intinya kamu hanya perlu membeli tablet dengan sistem operasi yang populer pada saat itu. Dengan demikian akan banyak developer yang akan menciptakan aplikasi untuk tablet tersebut.

 

#3 Layar Resistive atau Layar Capacitive

Ada dua pilihan touchscreen saat kamu membeli tablet dan PG harap kamu tahu akan hal ini. Yang pertama adalah touchscreen dengan layar capacitive, jenis ini memungkinkan kamu untuk menyentuh layar menggunakan jari dan juga menggunakan multi touch. Selain itu jika layar terkena matahari, tampilannya akan tetap sama. Hal yang paling menguntungkan adalah kejernihan layar yang sangat jernih. Karena layar hanya bisa di operasikan menggunakan tangan, ini mungkin akan sangat mengganggu sebagian orang. Misalkan saja orang yang berada di daerah dingin dan menggunakan sarung tangan, tentu ini akan menyulitkan.

Hal yang Perlu Kamu Pikirkan Sebelum Membeli Tablet

Sedangkan untuk touchscreen dengan layar resistive, sangatlah sensitif. Kamu bisa menggunakan kuku, stylus ataupun benda sejenisnya. Ini kelebihan tersindiri untuk layar resistive, jadi orang dengan menggunakan sarung tangan masih bisa menggunakannya. Namun ada kekurangan dari layar resistive, jenis ini tidak mendukung multi touch.

Nah menurut PG, kamu lebih baik membeli tablet dengan layar capacitive karena lebih nyaman untuk digunakan.

 

#4 Koneksi Internet

Hal yang Perlu Kamu Pikirkan Sebelum Membeli Tablet

Tablet biasanya dijual dengan 2 pilihan koneksi internet, yaitu 3G/4G+WiFi dan WiFi. Biasanya tablet yang hanya dengan koneksi WiFi dijual dengan harga murah, namun kamu hanya bisa menggunakan koneksi internet bila terhubung dengan WiFi. Sedangkan bila kamu membeli tablet dengan kemampuan 3G/4G+WiFi maka kamu bisa menggunakan koneksi internet dimana saja. Jadi jika kamu lebih suka berjalan-jalan dan membawa tablet, PG sarankan kamu untuk membeli 3G/4G+WiFi. Namun bila kamu mencari tablet yang murah, kamu bisa memilih koneksi WiFi.

 

#5 Battery Life

Hal yang Perlu Kamu Pikirkan Sebelum Membeli Tablet

Karena tablet murah biasanya hanya dengan koneksi WiFi yang mungkin akan kamu dapatkan di tempat tertentu, mungkin battery life akan bertahan lebih lama dibandingkan tablet dengan koneksi 3G/4G+Wifi. Rata-rata tablet dengan koneksi WiFi battery life bertahan hanya 6 sampai 7 jam.


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini