9 Fitur di Windows 7 yang Tidak Lagi Ada di Windows 8

Siapa sih yang tidak tahu dengan yang namanya Windows? Salah satu sistem operasi yang populer ini sudah meluncurkan banyak sekali versi Windows. Dengan banyaknya versi, tentu setiap versi selalu ada yang baru dan ada yang hilang, atau paling tidak ada yang digantikan. Nah kali ini PG akan membahas fitur yang telah hilang dan digantikan dari Windows 7 ke Windows 8 oleh Microsoft. Hmm.. menurut kamu apa saja ya? Berikut ulasannya:

 

Desktop Gadget

Fitur di Windows 7 yang Tidak Lagi Ada di Windows 8

Kamu pengguna setia Windows pasti tahu perkembangannya, di Windows Vista dan 7 kamu akan menemukan yang namanya Gadget. Namun kamu tidak akan menemukan lagi yang namanya Gadget di Windows 8. Padahal menurut PG hadirnya gadget akan menambah unsur keindahan sedikit pada tampilan desktop. Selain itu juga sedikit membantu seperti gadget CPU Meter yang berfungsi melihat performa dari Memory yang digunakan. Tetapi jika kamu pengguna Windows 8 tetap ingin menggunakan gadget, kamu bisa menggunakan 8GadgetPack.

 

Start Menu

Fitur di Windows 7 yang Tidak Lagi Ada di Windows 8

Dari Windows yang pertama hingga Windows 7, Start Menu tidak pernah dihilangkan. Namun sekarang di Windows 8 hal terpenting seperti itu dihilangkan. Bukankah ini seperti ciri khas seseorang atau tanda lahir yang dihilangkan? Start Menu di Windows 8 dihilangkan dan digantikan dengan Start Screen. Start Screen juga hampir sama seperti Start Menu yang berisi dengan software-software yang kamu install. Namun untuk kamu yang terbiasa dengan Start Menu, mungkin agak bingung. Jika kamu menginginkan Start Menu di Windows 8, kamu bisa menggunakan Start8.

 

Windows Explorer

Fitur di Windows 7 yang Tidak Lagi Ada di Windows 8

Bagian terpenting lainnya yang hilang adalah Windows Explorer, sebenarnya tidak hilang. Namun digantikan oleh File Explorer, tetapi dengan fungsi dan kegunaan yang sama yaitu dapat membrowsing file-file yang ada.

 

Games Folder

Fitur di Windows 7 yang Tidak Lagi Ada di Windows 8

Windows 7 mempunyai folder khusus yaitu Games yang bisa membaca software yang kita install itu sebuah game atau tidak. Jika software yang kita install itu adalah sebuah game, maka akan ditambahkan kedalamnya. Namun di Windows 8 hal ini tidak ada. Jadi Games Folder memang benar-benar telah hilang di Windows 8.

 

Windows Media Center

Fitur di Windows 7 yang Tidak Lagi Ada di Windows 8

Jika kamu di Windows 7 dapat menggunakan dan menemukan Windows Media Center secara gratis dan langsung terinstall. Tidak halnya Windows 8, kamu harus membeli versi Windows 8 Pro untuk dapat menggunakan Windows Media Center. Jadi di Windows 8, Windows Media Center telah di bundle dengan versi Pronya yang seharga $39.99.

 

Windows DVD Maker

Fitur di Windows 7 yang Tidak Lagi Ada di Windows 8

Windows DVD Maker adalah software yang digunakan untuk membuat DVD dari komputer yang dapat dimainkan di DVD player. Kamu bisa mendapatkan Windows DVD Maker secara gratis di Windows 7 karena ini merupakan tool basic. Namun banyak bugs di software Windows DVD Maker ini, banyak orang mulai mengeluh saat menggunakannya. Mungkin karena hal ini di Windows 8 Windows DVD Maker ditiadakan.

 

Parental Controls

Fitur di Windows 7 yang Tidak Lagi Ada di Windows 8

Parental Controls juga merupakan aplikasi basic di Windows 7, namun di Windows 8 kamu tidak bisa menemukannya. Aplikasi Parental Controls di Windows 8 digantikan dengan Family Safety yang mempunyai sama, yaitu untuk mengontrol penggunaan komputer untuk anak ataupun anggota keluarga yang lain.

 

Windows CardSpace

Fitur di Windows 7 yang Tidak Lagi Ada di Windows 8

Satu lagi fitur yang benar-benar dihilangkan oleh Microsoft dari Windows 7 ke Windows 8 adalah Windows CardSpace. PG saja tidak pernah menggunakan aplikasi satu ini di WIndows 7. Mungkin karena penggunaannya yang tidak populer, aplikasi ini dihilangkan.

 

Backup and Restore

Fitur di Windows 7 yang Tidak Lagi Ada di Windows 8

Yang terkahir adalah Backup and Restore, di Windows 7 kamu akan menemukan fitur ini. Backup and Restore adalah salah satu fitur yang dibutuhkan orang, di Windows 7 kamu dapat mengaturnya sesuai jadwal. Namun di Windows 8 fitur ini digantikan dengan File History yang mempunyai fungsi sama.

 

Nah itulah beberapa fitur di Windows 7 yang tidak lagi kamu temukan di Windows 8. Apakah kamu setuju dengan perubahan dan perombakan yang dilakukan Micrososft untuk versi Windows terbarunya ini?


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

  • Shiddiq Muhammad

    win 8 terlalu mac-like kayaknya …

  • sky

    yang paling g’ disukai dari win 8 :
    hilang fitur gadget (g’ terlalu dibutuhin tapi ada kalanya beberapa gadget untuk menjalankan suatu fungsi kecil sehingga tidak hrs instal program untuk fungsi yg kecil ex: note,stopwatch,cooking time)
    hilang fitur aero (yang membuat win7 menjdi win yg plg banyak dipakai selain xp krn selain peningkatan performa tapi juga keindahan aero.sekarang win8 dibuat seperti mac yg system warnanya kurang menarik & tidak tembus pandang atau seperti memakai theme windows 7 basic)
    hilang fitur star menu (fungsi star menu kan untuk mencari dan mengakses berbagai program secara cepat sekarang diganti dengan berbagai info dan panel2 yang belum tentu dibutuhkan setiap saat dan membuat pusing kerena terlau ribet )
    WMP ditiadakan (tidak include langsung) selain versi pro dan untuk versi lain harus membelinya untuk mendapatkannya. walau windows pernah pernah kena masalah tentang WMP di eropa (monopoli music player) seharusnyakan walau tidak include secara default seharuskan menjadi freeware bukan malah menjadi commercialware. bahkan saat WMP sudah include secara langsung di berbagai versi win7 tapi keberadaannya malah terancam oleh music/movie player lain ex winamp,media player classic yg notebenenya adalah freeware.sekarang WMP adalah commersialware,apakah itu akan semakin memperburuk eksistensi WMP?