ePrint : Teknologi Printer Masa Depan untuk Mencetak File Via Email

Adalah teknologi yang bernama ePrint, sebuah teknologi yang di perkenalkan oleh perusahaan raksasa HP. Teknologi yang satu ini nantinya memiliki sebuah potensi yang tentunya akan semakin mempermudah kegiatan kamu sehari-hari, baik untuk urusan kantor, bisnis maupun sosial seperti berbagi foto dan sebagainya. Bahkan teknologi ini diyakini nantinya mampu menghemat baik dalam segi jarak maupun waktu.

Apa sih yang di maksud dengan ePrint itu? Disini ePrint tersebut adalah merupakan sebuah merek dagang yang memiliki teknologi untuk mencetak file secara nirkabel. Standar teknologi ePrint inipun kemudian di sematkan ke dalam printer khusus yang di sebut sebagai HP ePrint-capable Printer.

Sedangkan ePrint via Email disini adalah merupakan sebuah fitur perintah untuk melakukan proses percetakan  dan file yang akan di cetak nantinya akan di komunikasikan lewat sebuah email yang melalui layanan komputasi awan (cloud storage).

ePrint : Teknologi Printer Masa Depan untuk Mencetak File Via Email

Singkat kata, nantinya kamu disini akan di perkenankan untuk bisa langsung mencetak file dokumen dalam lampiran (attachment) email melalui sebuah printer tertentu. Printer-printer ini memiliki alamat email yang menjamin keamanan file, sehingga nantinya alamat email ini hanya di ketahui oleh kamu saja dan orang-orang tertentu yang ingin mencetak file di printer tersebut.

Sebagai contoh kasus adalah ketika kamu sedang berada di luar kantor, dan kamu berhalangan hadir dalam sebuah rapat. Melalui teknologi ini kamu tetap bisa membagikan materi rapat dengan mencetaknya dari jarak jauh ke printer dengan dukungan ePrint.

Cara kerja dari printer-printer dengan teknologi ePrint-capable ini, nantinya akan di daftarkan terlebih dahulu ke sebuah pusat layanan Cloud Storage (penitipan file) milik HP (hpeprintcenter.com) untuk kemudian Printer tersebut akan memperoleh alamat email khusus yang unik, guna meneruskan lampiran file (attachment) ke printer yang di tuju untuk di cetak.

ePrint : Teknologi Printer Masa Depan untuk Mencetak File Via Email

Setelah itu, Server cloud ePrint akan melakukan rendering data dokumen dari tiap-tiap lampiran email ke dalam sebuah format streaming data yang kompatibel untuk di cetak.

Agar dapat di render menjadi format data stream untuk di cetak, maka harus kamu pastikan bahwa format dokumen dalam lampiran email (attachment) kamu berada dalam format Native Plain, yaitu :

  • MS Word Document
  • MS PowerPoint presentation
  • MS Outlook document
  • Image file (JPEG, BMP, GIF, PNG, TIFF)
  • Adobe Acrobat File (PDF)
  • Text fike dan Rich Text Format (RTF)
  • HTML file.

Kelebihan ePrint-capable ini selain bisa mencetak dokumen melalaui jarak jauh, hal ini juga bisa di lakukan melalui perangkat apapun, dengan catatan bahwa perangkat tersebut sudah bisa mengirimkan email dengan file lampiran (attachment). Baik dari sebuah ponsel, tablet, laptop, desktop dan sebagainya. Sangat praktis bukan? dan itulah Masa Depan.


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini