DMCA: Jailbreak atau Root Smartphone itu Legal, Tetapi Tablet Tidak

Digital Millenium Copyright Act (DMCA) akhirnya menetapkan bahwa jailbreak atau root smartphone tetap legal dilakukan, paling tidak hingga 3 tahun kedepan. Ini berkat kemenangan EFF, lembaga yang membela hak-hak konsumen di dunia digital.

DMCA: Jailbreak atau Root Smartphone itu Legal, Tetapi Tablet Tidak

Sebelumnya Jailbreak atau root smartphone memang dilegalkan oleh DMCA, tetapi peraturan itu habis tahun ini. Hal itu mendorong EFF untuk meminta perpanjangan agar jailbreak atau root smartphone tetap dilegalkan. Dengan kemenangan ini, maka setiap orang bisa dengan bebas melakukan jailbreak atau rooting smartphone hingga 3 tahun kedepan. Setelah 3 tahun? PG yakin EFF akan melakukan hal yang sama lagi seperti saat ini ^^

Marcia Hofmann, staff senior EFF mengatakan:

“Jika kamu membeli gadget, maka gadget itu milik kamu sepenuhnya, kamu bisa menginstall software apapun yang kamu inginkan tanpa takut terkena masalah legalitas”

Melakukan jailbreak atau root pada smartphone memungkinkan kamu untuk menginstall sistem operasi atau aplikasi dengan bebas. Contohnya, dengan melakukan jailbreak di iPhone, kamu bisa menginstall berbagai aplikasi yang tidak ada di App Store dengan bebas.

Tetapi sayangnya peraturan ini tidak berlaku bagi tablet. Pemilik tablet menurut DMCA, tidak diperkenankan untuk melakukan jailbreak atau rooting di tablet yang sudah dia beli. Ouch!


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini