Dimatikannya Megaupload Menurunkan Pendapatan Box Office

Mungkin banyak orang akan menganggap dengan dikuranginya pembajakan, akan membuat pendapatan pemilik copyright meningkat. Tetapi fenomena yang terjadi ternyata tidaklah demikian. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Munich School Management dan Copenhagen Business School mengatakan sebaliknya. Dimatikannya pembajakan malah menurunkan pendapatan pemegang copyright. Hah? Kog bisa?

Mereka menyelidiki efek dimatikannya Megaupload terhadap pendapatan Box Office. Penelitian ini melibatkan data 1344 film di 49 negara selama 5 tahun terakhir. Hasilnya, pasca ditutupnya megaupload..pendapatan Box Office bukannya meningkat malah menurun.

Dimatikannya Megaupload Menurunkan Pendapatan Box Office

Megaupload memang menjadi salah satu tempat untuk saling berbagi film bajakan. Dimatikannya layanan tersebut membuat faktor promosi film “dari mulut ke mulut” menurun drastis. Yup, diakui atau tidak..penikmat film bajakan sepertinya telah menjadi media promosi “dari mulut ke mulut” yang cukup berpengaruh. Mereka biasa merekomendasikan film-film bagus ke teman-temannya. Dan banyak orang melihat atau membeli film secara legal karena rekomendasi mereka.

Sudah tidak heran khan kenapa pendapatan Box Office malah turun pasca dimatikannya Megaupload? Kamu bisa membaca report penelitian ini secara lengkap disini:

http://papers.ssrn.com/sol3/papers.cfm?abstract_id=2176246


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini