Dennis Ritchie : Tanpa Pria Ini, Tak Akan Ada Teknologi Apple

Seperti yang PG ketahui, bahwa tanggal 5 Oktober 2012 lalu merupakan hari peringatan satu tahun wafatnya pendiri Apple Steve Jobs. Namun di balik itu semua masih tidak banyak yang mengetahui bahwa setelah 1 minggu wafatnya pendiri Apple Steve Jobs, Seorang ilmuwan komputer yang bernama Dennis Ritchie wafat pada tanggal 12 Oktober 2011.

Siapakah Dennis Ritchie? dia adalah seorang ilmuwan komputer yang dikenal atas sumbangsihnya membuat bahasa pemrograman C dan berbagai sistem operasi seperti Multics dan Unix. Seperti yang PG ketahui bahwa kemajuan yang di capai oleh Steve Jobs dan berbagai produk Apple-nya tidak akan bisa terwujud tanpa penemuan dalam dunia digital oleh Dennis Ritchie, yang meninggal pada 12 Oktober 2011 silam.

Pada awal 1970, Ritchie menciptakan bahasa pemrograman C. Sistem baru Ritchie inilah yang kemudian mengubah seluruh kaidah-kaidah pembuatan program software. Sistem bahasa pemrograman C dinilai lebih ramping dan ringan untuk komputer pada masa itu. Selain itu, bahasa pemrograman ini dapat digunakan di komputer lainnya.

Dennis Ritchie : Tanpa Pria Ini, Tak Akan Ada Teknologi Apple

Dennis Ritchie : (09 September 1941 – 12 Oktober 2011)

 

Selain itu, karya Ritchie lainnya yang mengubah sistem komputer adalah sistem operasi Unix yang mulai dikembangkan pada 1969. Sistem yang dibuatnya bersama Ken Thompson ini digunakan secara luas baik sebagai server atau workstation.

Sistem ini merupakan elemen yang paling penting dalam perkembangan internet dan mengubah proses komputasi secara terpusat dalam jaringan dari pada proses tunggal di komputer. Linux, merupakan sistem operasi yang diadopsi dari Unix dan tersedia secara bebas untuk mendapat popularitas sebagai alternatif dari sistem operasi proprietary seperti Microsoft Windows.

Seiring dengan berjalan nya waktu, Bahasa pemrograman C pun berevolusi menjadi C# (dibaca: C sub) dan turunan nya yang sangat familiar yaitu C++. Dalam hal ini seperti yang PG ketahui bahwa Apple di bangun dengan menggunakan bahasa pemrograman C++, sedangkan Microsoft menggunakan bahasa C#. Sementara itu, sistem Unix memberikan tenaga bagi ratusan juta Apple dan piranti Android, perusahaan internet dan gadget kecil, seperti perekam video dan pemutar musik.

Nah, bagaimana menurut sobat PG? apabila kita telaah lebih dalam, jasa dari Almarhum Dennis Ritchie inipun tidak kalah besar dari mendiang Steve Jobs, dan bisa di ambil kesimpulan bahwa Dennis Ritchie ini merupakan salah satu orang yang memiliki sumbangsih besar terhadap dunia teknologi kita hingga saat ini.


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini