Chrome Versi 26 Beta untuk Android Mampu Kurangi Hingga 50% Penggunaan Data

Google baru saja meluncurkan versi terbaru dari browser miliknya, yaitu Google Chrome versi 26 Beta yang diperuntukan bagi platform Android. Meski masih dalam tahap beta browser ini ternyata memiliki kemampuan untuk mengurangi penggunaan data internet hingga 50 persen banyaknya.

Pada versi Google Chrome terbaru ini terdapat sebuah fitur yang memungkinkan Chrome mengkonsumsi penggunaan internet lebih sedikit dari sebelumnya. Fitur tersebut adalah sebuah server proxy milik Google yang nantinya memungkinkan Chrome untuk mengirimkan request HTTP dan selanjutnya server tersebut akan mengirimkan request ke target yang diinginkan kemudian menerapkan serangkaian optimasi pada konten yang direquest sebelum dikirimkankan kembali konten yang telah dioptimalisasi menjadi menjadi lebih ringan tadi ke handphone pengguna.

Chrome Versi 26 Beta untuk Android Mampu Kurangi Hingga 50 persen Penggunaan Data

Namun, untuk saat ini karena browser ini masih dalam tahap beta, fitur yang satu ini secara default akan berada dalam kondisi disable atau nonaktif. Untuk mengaktifkan fitur tersebut kamu harus mengakses atau mengetikan chrome://flags pada address bar Chrome dan memilih Enable Data Compression Proxy.

Dalam tes yang dijalankan oleh Google, terlihat bahwa fitur ini mampu mengurangi konsumsi data hingga 50 persen. Wow?

Chrome Versi 26 Beta untuk Android Mampu Kurangi Hingga 50 persen Penggunaan Data

Pengguna Chrome juga bisa secara langsung memeriksa jumlah data yang telah digunakan dengan mengetik chrome://net-internals pada address bar dan memilih opsi Bandwidth. Penasaran? Silahakan langsung saja kamu unduh atau upgrade browser Google Chrome yang ada pada Android milikmu.


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini