3 Cara Perlahan Tapi Pasti Untuk Menghancurkan Laptop

Kemarin PG baru saja menulis artikel tentang Perbedaan Antara Netbook, Notebook, Ultrabook, dan Laptop. Nah kali ini PG membagikan sebuah tips yang kedengarannya iseng, tetapi menarik juga untuk kamu ketahui..terutama bagi kamu yang memiliki laptop.

PG mempunyai cara bagaimana agar laptop itu cepat rusak dengan perlahan tapi pasti. Ingat..jika kamu tidak ingin laptop kamu rusak jangan lakukan tips di bawah ini.

Cara Perlahan Tapi Pasti Untuk Menghancurkan Laptop

 

Nyalakan Laptop Hingga Sepanas Oven

Cara Perlahan Tapi Pasti Untuk Menghancurkan Laptop

Menyalakan laptop hingga panas mungkin sering kamu lakukan, hal itu bisa merusaknya walaupun dalam jangka waktu yang lama. Menghilangkan panas ini bisa kamu lakukan dengan menggunakan kipas angin yang biasanya juga digunakan sebagai penyangga komputer. Namun kadang-kadang ada beberapa laptop jika sudah sangat panas mereka akan melakukan shut down secara otomatis. Tetapi tidak semua laptop begitu, jadi kamu harus selalu memperhatikan panas laptop ketika kamu menggunakannya.

Cara Perlahan Tapi Pasti Untuk Menghancurkan Laptop

Perhatikan juga panas yang keluar dari laptop yang kamu gunakan, jika hal ini terjadi namun laptop tidak mengerjakkan tugas yang berat seperti bermain game atau video encoding. Berarti saatnya laptop itu kamu masukkan kedalam jasa service laptop.

Jadi apa yang bisa merusak laptop ketika laptop dibiarkan panas? Jika hal ini kamu lakukan secara terus-menerus, bisa saja komponen penting yang rusak. Misalnya saja hardisk atau processor. Kalau kedua komponen ini yang rusak, tentu kamu harus berpikir dua kali jika harus membetulkannya. Karena menurut PG lebih baik membeli laptop yang baru daripada membeli processor atau hardisk.

 

Guncangan Terhadap Laptop

Cara Perlahan Tapi Pasti Untuk Menghancurkan Laptop

SSD sekarang mulai digunakan di laptop meskipun masih banyak laptop yang menggunakan hardisk biasa. Mungkin beberapa tahun ke depan laptop sudah banyak yang menggunakan SSD. (baca juga evolusi media penyimpanan untuk mengetahui SSD)

Jika kamu menggunakan laptop yang tidak menggunakan SSD, kamu harus berhati-hati terhadap guncangan. Karena berarti kamu menggunakan hardisk biasa yang mempunyai komponen-komponen penting yang tak tahan terhadap guncangan. Ketika laptop menyala, jangan sering kali kamu mengguncangkannya. Kenapa begitu? Saat laptop menyala berarti hardisk sedang membaca data, piringan disc akan terus berputar dan ada jarum yang membaca data-data tersebut dari piringannya. Tentu akan mengganggu hardisk ketika kamu mengguncangkan laptop, ini mungkin akan membuat hardisk kamu rusak dan tidak dapat membaca data lagi.

Cara Perlahan Tapi Pasti Untuk Menghancurkan Laptop

Lalu apa yang harus kamu lakukan ketika laptop sedang menyala dan kamu ingin memindahkannya? Lalukan laptop itu seperti bayi, kamu harus memindahkannya dengan lemah, lembut dan penuh kasih sayang :D.

 

Gunakan Layar Sebagai Pegangan

Cara Perlahan Tapi Pasti Untuk Menghancurkan Laptop

Jika kamu terbiasa mengambil laptop dengan tangan satu terutama dibagian layar, maka siap-siap saja untuk membeli laptop yang baru. Hentikan kebiasaan kamu untuk mengambil laptop dengan tangan satu entah itu dibagian layar atau dibagian manapun, itu sangat tidak baik. Ini akan mengguncang optik dari hardisk dan membuatnya cepat rusak.

Apalagi jika kamu sering mengambil laptop ketika laptop tersebut terbuka dan menggunakan layar sebagai pegangan. Engsel pada layar laptop dan bagian tubuh laptop mungkin dapat bertahan, namun tidak untuk bagian plastiknya. Jika kamu menggunakan ThinkPad, mungkin kamu dapat membunuhnya selama dua tahun saja. Selalu gunakan dua tangan dan jangan pernah mengambil bagian layar terlebih dahulu.

 

Nah itu sekedar tips iseng yang PG bagikan untuk hari ini. Jika kamu peka, maka ada manfaat yang bisa kamu ambil dari tips iseng diatas, yaitu kalau kamu tidak ingin laptop kamu cepat rusak, maka hindarilah melakukan 3 hal tersebut :D.


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini