Benarkah Kebebasan di Internet Sedang Menuju Kehancuran?

Ketika tadi PG iseng-iseng melihat berita dari channel luar negeri, PG menemukan sebuah wawancara menarik antara Steve Wozniak (Co-Founder Apple) dengan channel Russian Today. Keduanya sedang memperbincangkan tentang kebebasan di internet atau internet freedom. Hal yang menarik disini adalah pendapat Wozniak yang mengatakan bahwa kebebasan di internet semakin sempit karena banyaknya regulasi dan aturan pemerintah yang semakin mengikat.

Benarkah Kebebasan di Internet Sedang Menuju Kehancuran?

Wozniak menceritakan ketika internet pertama kali ada, internet seperti sebuah angin segar. Kebebasan benar-benar bisa dirasakan disana..dan tidak ada seorangpun yang menjadi “pemilik” internet. Negara juga tidak “memiliki” internet, mereka tidak mengatur dan membatasi dengan aturan yang terkesan..seenaknya.

Itulah saat yang menjadi masa dimana budaya sharing atau saling berbagi di internet muncul. Setiap orang bebas berbagi data yang dia miliki ke orang lain, mungkin saudara..teman dekatnya..dsb. Setiap orang juga bisa bebas berpendapat, saling mengutarakan ide dan pemikiran dengan bebas tanpa ada batasan dan campur tangan pemerintah.

Wozniak juga sempat menyinggung tentang ditutupnya layanan Megaupload dengan penyergapannya yang lumayan serem itu. Memang berbagi file yang melanggar copyright itu ilegal dan dilarang. Tetapi bukan berarti hal itu bisa menjadi alasan untuk mematikan layanan file sharing tersebut secara total. Menurut Wozniak, kebebasan berinternet tidak seharusnya diganggu dengan berbagai batasan pemerintah. Jika hal ini terus berlanjut, dunia internet dikhawatirkan menjadi bernuansa politik yang tidak netral lagi regulasinya.

Ingin melihat video wawancaranya secara langsung? Berikut ini videonya:

Bagaimana menurutmu? Apakah kebebasan di internet memang sedang “jatuh”?


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

  • eri

    bisa2 menghirup oksigen aja ikut byar…….. wkwkwk….

  • bebenboim

    beginilah dunia tidak ada yang bebas. sampai2 mau ke wc umum aja bayar …sedih

  • anwar

    yupss benar sekali,