Bagaimana Wireless Charging Nokia Lumia 920 Bekerja

Sebentar lagi, Nokia akan segera merilis smartphone dengan sistem operasi Windows Phone 8. Salah satu fitur unik yang akan ditanamkan di smartphone tersebut adalah Wireless Charging. Artinya, kamu bisa charge baterai tanpa melalui kabel. Wow..keren juga ya!! Tetapi bagaimana hal itu bisa terjadi?

Bagaimana Wireless Charging Nokia Lumia 920 Bekerja

Wireless Charging adalah sebuah metode charging yang mengalirkan energi listrik melalui udara. Intinya, kamu bisa mengisi baterai tanpa menggunakan kabel seperti charger konvensional saat ini.

Walaupun bagi kita kedengarannya sangat mudah dan praktis, namun sebenarnya proses yang terjadi di balik itu semua cukup rumit secara teknis. Bagi kamu yang penasaran bagaimana Wireless Charging bisa bekerja, berikut ini adalah penjelasan teknisnya dari Nokia:

Bagaimana Wireless Charging Nokia Lumia 920 Bekerja

Sebuah transmitter coil diletakkan di bawah (L1) dan receiver coil (L2) diletakkan di sebelah atas. Kedua coil ini diletakkan di device yang berbeda. L1 akan diletakkan di Nokie Wireless Charging Plate dan L2 akan diletakkan di Nokia Lumia 920.

Transmitter coil akan menghasilkan medan magnet, yang menginduksikan voltase listrik di receiver coil. Voltase listrik inilah yang digunakan untuk mengisi baterai smartphone.

Ya..seperti itulah cara kerja wireless charging yang dijelaskan oleh Nokia.

Keren juga khan teknologi Wireless Charging ini? Banyak yang menganggap Nokia Lumia 920 dengan Windows Phone 8-nya akan menjadi titik awal kebangkitan Nokia di kancah dunia mobile.

Bagaimana menurutmu? Keren tidak teknologi yang diusung nokia ini?


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini