Bagaimana Para Spammer Dapat Menyerang Email Kamu??

Sering menggunakan layanan email dalam kegiatan sehari-hari kamu? Bahkan kamu merasa kalau akun email yang kamu miliki adalah separuh jiwa kamu? Sehingga kalau terjadi apa-apa pada akun email yang kamu miliki, misalkan saja di hack. Kamu bakalan nyewa pembunuh bayaran dan detektif untuk memburunya :p ini hanya pengandaian PG yang terlalu lebay. Itu adalah situasi buruk dimana yang paling buruk terjadi pada akun email kamu.

Sedangkan situasi buruk yang ringan mungkin akun email kamu terkena serangan SPAM!! Kalau saja kamu membaca artikel PG yang 5 Cara Mudah Melawan Spam yang Jarang Diketahui Orang. Mungkin kamu sudah terhindar. Tidakkah kamu penasaran bagaimana, para spammer menyerang email kamu?

 

Cara #1: Mailing List

Bagaimana Para Spammer Menyerang Email Kamu??

Kamu pernah mengikuti sebuah komunitas atau kelompok yang mengharuskan kamu subscribe email kamu di dalamnya? Jika iya, mungkin merekalah yang menyerang kamu dengan spam. Atau ada pihak ketiga yang meminta daftar email dari komunitas tersebut dan menyerang kamu. Namun ini jarang terjadi, karena sebuah komunitas biasanya melindungi privasi dari anggotanya. Biasanya sang komunitas atau pihak ketiga menyerang dengan menggunakan alamat email palsu.

 

Cara #2: Link Unsubscribe

Bagaimana Para Spammer Menyerang Email Kamu??

Setelah kamu mengetahui bahwa ada mailing list yang mengancam email kamu, mungkin kamu akan langsung unsubscribe komunitas tersebut. Jangan berpikir kalau kamu sudah aman dari serangan spam, justru ini juga bisa membuat keadaan lebih parah. Mungkin ini justru akan membuat email kamu terserang email. Namun jika kamu mengikuti sebuah komunitas yang jelas, pasti hal tersebut tak akan terjadi.

 

Cara #3: Brute Force

Bagaimana Para Spammer Menyerang Email Kamu??

Mungkin cara pertama dan kedua terdengar biasa, cara yang ketiga ini benar-benar ekstrim dan bernama Brute Force. Cara menyerang spammer dengan metode ini adalah dengan mengirimkan email secara acak atau urut. Format email biasanya nama@domain.com/net/org/dll, sehingga spammer dengan mudah menebak dan menyerang email dengan metode ini. Contohnya:

johndoe1@gmail.com
johndoe2@gmail.com
johndoe3@gmail.com
johndoe4@gmail.com

Beginilah cara sang spammer menyerang dengan Brute Force. Mereka akan membuat daftar email acak dan mengirimkan email kesana.

 

Cara #4: Web Crawler Bot

Bagaimana Para Spammer Menyerang Email Kamu??

Cara lain yang sering digunakan oleh spammer adalah menggunakan robot dunia maya atau sering disebut sebagai Web Crawler Bot. Hal ini lebih menakutkan dari ketiga cara diatas, sang robot akan menelusuri semua web dan kemudian menangkap alamat email yang sedang terlantar di tempat terbuka. Biasanya terletak di komentar blog, forum atau web-web lain. Sang robot juga akan menyimpan alamat email yang mereka temukan ke dalam database.

 

PG harap info ini akan membantu kamu untuk lebih berhati-hati dalam menggunakan alamat email yang kamu miliki. Jika kamu punya tips dan trik untuk menghindari serangan dari para spammer, tinggalkan di kolom komentar di bawah ini.


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

  • Email spam memang membuat repot