Awas: Keygen Menjadi Biang Penyebar Malware!

Ehem..Ini bukan PG yang bilang, tetapi Microsoft yang bilang. Microsoft baru saja merilis Security Intelligence Report terbaru, yang isi utamanya menyatakan bahwa penyebab terbesar malware bisa tersebar luas adalah karena penggunaan key generator (keygen) untuk aktivasi software.

Bagi kamu yang belum tahu apa itu keygen, ini adalah semacam software license generator yang digunakan oleh pengguna komputer untuk mengetahui berbagai lisensi atau serial number software tertentu (yang dibajak, tentu saja!). Keygen menjadi salah satu idola bagi pengguna software bajakan.

Berikut ini adalah diagram yang menunjukkan bahwa keygen masih menjadi biang penyebaran malware. Diagram ini PG dapatkan dari Security Intelligence Report Microsoft.

Awas: Keygen Menjadi Biang Penyebar Malware!

Warna ungu di diagram diatas adalah statistik penyebaran malware yang dipicu oleh penggunaan Keygen. Hampir di 10 negara diatas, terlihat bahwa keygen (warna ungu) menjadi penyebab penyebaran malware yang besar.

Indonesia sendiri masih termasuk dalam negara kategori “merah”. Di diagram ini merah artinya bukan berani lho ya..tetapi merah berarti kawasan yang terdeteksi sebagai sarang malware.

Awas: Keygen Menjadi Biang Penyebar Malware!

Microsoft menjelaskan bahwa secara teknis, keygen bukanlah malware. Tetapi keygen menjadi salah satu rantai yang terhubung di penyebaran malware sesungguhnya.

Kamu bisa mendownload hasil penelitian Microsoft tersebut disini:

Microsoft Security Intelligence Report


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini