Arti Dari 5 Pesan Error Web Page Ketika Dibuka

Tidak semua web yang kamu buka selalu berhasil terbuka, kadang-kadang salah satu diantaranya tidak terbuka dan muncul pesan error. Pesan error ini ada berbagai macam tipe dan mungkin harus kamu ketahui. Berbeda browserpun mempengaruhi isi pesan error. Kalau kamu ingin tahu lebih lanjut mengenai arti pesan-pesan error ketika situs tidak bisa dibuka, maka ikuti artikel dari PusatGratis berikut ini.

 

Serfitikat SSL

Arti Dari 5 Pesan Error Web Page Ketika Dibuka

Kesalahan karena serfitikat SSL biasanya terjadi ketika kamu mencoba untuk membuka sebuah situs dengann HTTPS. Bila ada sebuah situs yang menyajikan HTTPS mereka mencoba untuk menjadi sebuah situs yang sah atau dengan kata lain situs yang aman dikunjungi.

Misalnya saja Google.com memiliki sertifikasi HTTPS, ketika kamu mencoba untuk membuka Google.com dengan menambahkan HTTPS maka akan terbuka bukannya situs lain yang mencoba untuk meniru Google.com. Contoh lain jika kamu mencoba untuk membuka akun bank dari jaringan Wi-Fi publik, dan melihat browser menampilkan permintaan sertifikat SSL. Ada kemungkinan bahwa web bank tersebut telah ditiru oleh seseorang yang berniat buruk.

Kemungkinan lain kenapa browser memunculkan sertifikat SSL adalah sebuah website gagal memperbarui atau menyetting sertifikat. Ketika kamu menemui permasalahan ini kamu masih bisa meneruskan aksesnya dengan mengklik I Understand the Risk.

 

Pemberitahuan Phishing dan Malware

Arti Dari 5 Pesan Error Web Page Ketika Dibuka

Jika kamu membuka situs kemudian muncul kata-kata phising atau web forgery dan peringatan akan malware, ini berarti web tersebut berbahaya untuk kamu buka. Website itu mengandung malware atau memalsukan web lain agar bisa mendapatkan password seseorang, nomor kredit seseorang atau informasi penting lainnya. Ketika kamu sudah membuka web yang berisi demikan, sebaiknya kamu tak perlu mencoba untuk membukanya lagi.

 

Error 404

Arti Dari 5 Pesan Error Web Page Ketika Dibuka

Ketika kamu mencoba untuk membuka sebuah situs dan yang terjadi muncul pesan Error 404, berarti kamu membuka sebuah halaman yang tidak ada pada web tersebut. Ini biasanya terjadi kala kamu sedang salah ketik atau halaman ini masih dibangun oleh pemiliki web. Lalu apa yang harus kamu lakukan ketika menemukan error seperti ini? Yang harus kamu lakukan adalah periksa URL bar dan pastikan apakah URL yang kamu tuliskan benar, kalau benar namun halaman tidak ada berarti halaman sudah dihapus.

Arti Dari 5 Pesan Error Web Page Ketika Dibuka

Pemilik situs bisa mengcustom Error 404 sesuai dengan yang diinginkan, jadi berbagai situs berbeda tampilan dalam menampilkan pesan Error 404. Contohnya saja situs MakeUsOF diatas, dia menampilkan halaman error dengan tema game Mario.

 

Server Not Found

Arti Dari 5 Pesan Error Web Page Ketika Dibuka

Browser Firefox menampilkan Server not found? Kalau kamu mengakses sebuah situs dan memunculkan pesan demikian berarti web yang sedang kamu akses tidak ada. Ini biasanya terjadi karena penulisan URL yang salah, server DNS yang kamu gunakan sedang down, firewall kamu, proxy kamu atau setting lain yang salah.

 

Unable to Connect

Arti Dari 5 Pesan Error Web Page Ketika Dibuka

Pernah mengalami Unable to Connect pada tampilan browser? Pesan ini muncul hampir mirip seperti Server Not Found namun berarti lain. Ini terjadi karena browser sudah berhasil terkoneksi dengan DNS namun browser tidak dapat merespon apa yang diberikan oleh server situs. Sederhananya mungkin situs yang kamu kunjungi sedang down, kamu bisa mengeceknya dengan menggunakan Down For Everyone Or Just For Me atau Mengatasi Koneksi Internet Bermasalah.

 

Sebenarnya masih ada banyak lagi permasalah yang biasanya terjadi, namun 5 diatas adalah masalah yang umumnya kamu temui. Setidaknya dengan 5 penjelasan diatas kamu sudah tahu kenapa website tersebut tidak bisa terbuka.


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

  • Marwanto

    error ini sering terjadi apalagi di saat banjir jakarta seperti ini. menyebabkan gangguan sebagian jaringan telekomunikasi sehingga kecepatan koneksi internet menjadi lambat. :(