Apakah Port USB Kamu Terlalu Berdempetan? Berikut Solusinya..

Kamu akan dapat menemukan yang namanya port USB pada semua komputer, entah itu laptop, ultrabook, desktop bahkan tablet sekarang ada yang memilikinya. Herannya, letak antara port USB satu dengan yang lain tidak cukup jauh entah mengapa. Kalau di desktop sih, port USB terletak cukup banyak, ada yang di belakang ada pula yang di depan. Jadi kalau ada USB drive yang berukuran besar ingin masuk, tidak perlu pusing.

Tetapi bagaimana dengan laptop atau tablet? Apalagi jika kamu menggunakan internet yang menggunakan modem USB, berarti itu sudah mengurangi prot USB yang kamu miliki. Rata-rata modem USB berukuran lumayan besar, jadi biasanya kalau port USB bersebelahan. Maka USB drive lain tidak bisa dipasangkan, lalu bagaimana cara mengatasinya?

 

Solusi #1: Gunakan Satu Port Saja

Apakah Port USB Kamu Terlalu Berdempetan? Berikut Solusinya..

Jika kamu ingin menggunakan USB drive secara di port USB yang bersebelahan sedangkan itu tidak cukup, sebaiknya kamu menggunakannya secara bergantian. Jika kamu tetap paksakan, maka port USB dan juga USB drive bisa-bisa rusak. Kamu harus rela bergantian satu persatu port USBnya.

 

Solusi #2: Gunakan Hub Untuk Memecah Port USB

Apakah Port USB Kamu Terlalu Berdempetan? Berikut Solusinya..

Kalau kamu terpaksa harus memasangkan dua USB drive secara bersamaan namun port USB kamu tidak cukup, misalkan saja modem dengan flashdisk. Berarti kamu harus menambah jumlah port lagi, caranya dengan membeli Hub. Dengan Hub kamu dapat memecah lagi port USB menjadi beberapa port lagi. Namun masalah USB Device Not Recognized sering terjadi pada Hub. Sehingga port USB dari Hub Tidak bisa digunakan.

 

Solusi #3: Kabel Port USB External

Apakah Port USB Kamu Terlalu Berdempetan? Berikut Solusinya..

Berbeda dengan menggunakan Hub, jika kamu menggunakan kabel port USB external. Masalah USB Device Not Recognized jarang sekali terjadi. Tetapi agak mahal memang jika dibandingkan dengan Hub, jika satu Hub mempunyai 4 port USB. Maka kabel port USB external hanya mendapatkan satu saja.

 

Nah itulah beberapa solusi yang PG sarankan, jika kamu punya saran lain. Kamu bisa meninggalkannya di kolom komentar di bawah ini. Saran yang kamu berikan tentu akan berguna untuk teman-teman PG yang lainnya.


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

  • MUO

    komentar ane kok ilang gan?

  • MUO

    Baru baca di make use of :D