Apakah Kamu Setuju dengan Sistem Patent Saat Ini?

Sistem patent awalnya dibuat untuk melindungi penemuan, kerja keras, dan hasil karya seseorang melalui hak cipta. Tetapi akhir-akhir ini perang paten seperti menjadi trend di dunia teknologi.

Apakah Kamu Setuju dengan Sistem Patent Saat Ini?

Sebut saja Apple yang secara gila memborbardir Samsung karena bentuk smartphone dan tablet Androidnya mirip iPhone dan iPad. Bahkan Apple juga baru saja memenangkan patent penggunaan Maps di Touchscreen device yang dipastikan akan membahayakan keberlangsungan Google Maps dan aplikasi Maps lainnya.

Selain itu ada pula Microsoft yang baru dituntut oleh SurfCast karena teknologi Live Tiles di Windows 8 dan Windows Phone 8 diklaim sebagai milik mereka.

Sistem patent yang dulunya digunakan untuk melindungi penemuan dan karya seseorang, kini malah menjadi seperti penghambat perkembangan teknologi itu sendiri. Selain itu perang paten yang terjadi juga terkesan menjadi ajang bagi perusahaan besar untuk memonopoli pasar dan mematikan perusahaan kecil.

Dengan semakin maraknya perang paten di dunia teknologi, banyak yang meminta sistem patent tersebut diperbaiki.

Bagaimana dengan kamu, apakah kamu setuju dengan sistem patent saat ini? Perbaikan apa yang menurut kamu perlu dilakukan?


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

  • Imam Seo

    Tujuan yg mulia tp jadi kebablasan, kini malah jd gak karuan dan menghambat inovasi.
    Seperti halnya sistem DEMOKRASI di negara kita ini, kalo tidak segera dibatasi akan mengkerdilkan negara ini.