Apakah Kamu Mulai Overdosis Jejaring Sosial? Ini Cara Mengatasinya!

PG barusan menurunkan artikel tentang bagaimana mengenali apakah kamu mulai overdosis jejaring sosial. Dengan memperhatikan ciri-ciri pada artikel tersebut, maka kamu akan mengetahui apakah pola pemakaian jejaring sosial kamu selama ini berlebihan sehingga malah menimbulkan efek kecanduan yang mengganggu produktivitas kamu.

Memang sih, penggunaan jejaring sosial seperti Facebook, Twitter, atau Google Plus sangat membantu kamu bersosialisasi dan mengembangkan hubungan dengan orang lain. Tapi apabila digunakan secara berlebihan, tentu saja ini tidak baik untuk produktivitas kamu dan menjadikan kamu suka menunda-nunda pekerjaan.

 

Apakah Kamu Mulai Overdosis Jejaring Sosial? Ini Ciri-cirinya!

PG berikut ini memberikan tips-tips untuk mencoba mengatasi gejala overdosis jejaring sosial yang kamu alami. Dengan menerapkan hal-hal sebagaimana yang diulas PG ini, diharapkan kamu bisa mengatasi penggunaan jejaring sosial berlebih dan memiliki kehidupan sosial di dunia nyata serta juga produktivitas yang lebih baik.

 

1. Mengenali dan bertekad mengatasi

Apakah Kamu Mulai Overdosis Jejaring Sosial? Ini Cara Mengatasinya!

Tips yang pertama adalah mengenali bahwa kamu overdosis menggunakan jejaring sosial. Caranya adalah memperhatikan ciri-ciri ovedosis jejaring sosial yang sudah dibahas oleh PG, kemudian dengan jujur memperhatikan diri kamu sendiri. Apakah benar ada ciri-ciri semacam itu pada dirimu. Bila kamu mengakui bahwa kamu sudah menggunakan jejaring sosial berlebihan, maka kamu bisa melakukan tindakan penanggulangan yang berikutnya.

 

 

2. Tantang dirimu dengan berpuasa jejaring sosial

Apakah Kamu Mulai Overdosis Jejaring Sosial? Ini Cara Mengatasinya!

Berpuasa menggunakan jejaring sosial, bila dibiasakan maka akan menjadi habit atau kebiasaan yang baru. Saran PG, jangan melakukan hal ini secara ekstrim. Misalnya seminggu tidak menggunakan jejaring sosial sama sekali, karena hal ini justru akan menjadikan kamu cenderung melakukan ‘balas dendam’ dan justru kecanduan kamu akan semakin parah.

Lakukan saja dengan bertahap. Misalnya, kamu memutuskan bahwa hari minggu kamu tidak akan menyentuh Facebook sama sekali, hal ini kamu laksanakan secara konsisten. Kemudian bila kamu merasa sudah terbiasa, mungkin bisa ditambah pada hari Sabtu. Nah, cara seperti ini justru akan lebih masuk akal. Kamu juga bisa mencoba berpuasa membuka jejaring sosial saat jam kerja dan hanya membukanya ketika makan siang, yang mana tentu saja lebih realistis daripada kamu memutuskan untuk libur terus menggunakan jejaring sosial.

 

 

3. Manfaatkan hasil yang kamu peroleh dari ‘berpuasa’

Apakah Kamu Mulai Overdosis Jejaring Sosial? Ini Cara Mengatasinya!

Kalau sudah terbiasa untuk berpuasa jejaring sosial, biasanya kamu bisa melakukan langkah yang lebih ekstrim dengan perasaan lebih ringan. Misalnya bila kamu terbiasa tidak menggunakan jejaring sosial pada hari Senin (saat ramai pekerjaan), maka kamu kemudian menambahkannya lagi di hari lain.

Asalkan hal ini dilakukan dengan bertahap. Lebih baik melakukan hal kecil, namun konsisten. Oya, tips dari seorang psikolog, sesuatu akan menjadi kebiasaan bila kamu sudah melakukannya selama 40 kali berturut-turut. Jadi misalnya kamu memutuskan untuk tidak menggunakan jejaring sosial sama sekali pada hari Senin, lebih baik kamu menantikan 40 kali hari Senin berlalu, sehingga kamu sudah terbiasa sebelum melangkah ke tahap yang lebih lanjut.

 

 

4. Permainan Cuekin Ponsel

Apakah Kamu Mulai Overdosis Jejaring Sosial? Ini Cara Mengatasinya!

Ketika berkumpul dengan teman-teman kamu, ada permainan yang bisa kamu mainkan guna mengobati overdosis jejaring sosial ini. Yaitu kamu dan teman-teman sama-sama meletakkan ponsel di meja dan tidak boleh mengambilnya meskipun ada pesan masuk (BBM, Whatsapp, YM, Facebook Message, Twitter, dan sebagainya). Mungkin kamu bisa melonggarkan aturan dengan membolehkan mengangkat telepon (karena biasanya bila seseorang sampai menelopon, pasti itu cukup penting).

Tetapkan waktu, misalnya satu jam, dimana kalian tidak boleh menyentuh ponsel sama sekali. Yang menyentuh ponsel lebih dulu mendapatkan hukuman. Nah, permainan ini akan sangat menyenangkan dan efektif untuk mengurangi kecanduan jejaring sosial kamu. Apalagi di zaman online seperti ini dimana hampir setiap orang memanfaatkan fitur jejaring sosial.

 

 

5. Aturan Satu Jam

Apakah Kamu Mulai Overdosis Jejaring Sosial? Ini Cara Mengatasinya!

Tetapkan aturan untuk ‘bermain’ jejaring sosial. Misalnya kamu menetapkan waktu selama satu jam khusus untuk menggunakan jejaring sosial, dan tidak menggunakannya di waktu lain.

Hal ini akan lebih membantu kamu untuk mengendalikan kecanduan kamu akan jejaring sosial. Memang berat melakukan hal ini. kasus yang sering terjadi adalah menggunakan jejaring sosial terlalu lama (lebih dari satu jam) atau akhirnya tergoda untuk membuka pesan-pesan dari jejaring sosial kamu, akan tetapi kamu harus bisa mengatasi ini dengan tekad membara!

 

 

6.Tetaplah Sadar! Batasi diri!

Apakah Kamu Mulai Overdosis Jejaring Sosial? Ini Cara Mengatasinya!

Awareness atau eling adalah mantra yang paling manjur untuk mengatasi overdosis jejaring sosial. Tetaplah berupaya ingat, bahwa kamu sedang dalam kerjaan. Fokus pada pekerjaanmu. Bayangkan bahwa akan menyenangkan bila kamu membuka jejaring sosial dalam keadaan semua tanggungan pekerjaan kamu sudah beres.

Sadar untuk membatasi diri adalah salah satu kunci untuk sukses menghindari overdosis jejaring sosial.

 

 

7. Cabut izin penggunaan aplikasi jejaring sosial di ponsel

Apakah Kamu Mulai Overdosis Jejaring Sosial? Ini Cara Mengatasinya!

Untuk memasangkan jejaring sosial di ponsel (terutama Facebook dan Twitter), kamu perlu melakukan verifikasi. Tolak saja sehingga jejaring sosial tersebut tidak akan terpasang di ponsel. Beberapa jejaring sosial yang memerlukan verifikasi silang (misalnya membuka Twitter dengan akun Facebook) juga memerlukan verifikasi. Demi mendukung kamu menghindari jejaring sosial, kamu bisa menolaknya.

Kenapa PG berfokus pada ponsel? karena keberadaan jejaring sosial di ponsel inilah yang sering menjadikan orang-orang ‘diperbudak’. Setiap kali ponsel berbunyi, secara refleks mereka langsung bergerak untuk membalas pesan atau minimal membacanya. Apakah kamu juga demikian? Cobalah menerapkan tips ini.

 

 

8. Blok Website

Apakah Kamu Mulai Overdosis Jejaring Sosial? Ini Cara Mengatasinya!

Cara ini agak kasar. Tapi memblok website jejaring sosial seperti Facebook dan Twitter, terutama di tempat kerja cukup efektif untuk menghindari kecanduan jejaring sosial. Meskipun mungkin ada banyak tips untuk membuka Facebook yang diblokir, hal ini akan cukup membantu mengingatkan kamu bahwa tidak semestinya kamu bermain jejaring sosial di tempat kerja.

 

 

9. Nilai, Tinjau Ulang, dan Renungkanlah

Apakah Kamu Mulai Overdosis Jejaring Sosial? Ini Cara Mengatasinya!

Rajin-rajinlah mencatat kemajuan kamu dalam mengurangi penggunaan jejaring sosial. Dengan adanya keberhasilan dan prestasi dalam mengurangi penggunaan jejaring sosial, otomatis kamu akan semakin semangat dalam melaksanakan ‘niat baik’-mu itu. Maka dari itu, gunakan pencatat untuk menghitung ‘prestasi’ kamu mengurangi penggunaan jejaring sosial.

Beberapa aplikasi untuk smartphone juga ada yang mengkhususkan diri untuk mendukung dan mencatat upaya kamu mengurangi penggunaan jejaring sosial.

 

Jejaring sosial memang merupakan fenomena yang sangat bermanfaat guna mendukung (bahkan menggantikan) interaksi sosial di dunia nyata. Akan tetapi penggunaan berlebih tentu saja mengganggu produktivitas kamu.

PG harapkan dengan melaksanakan tips-tips dari PG ini kamu bisa menghindari penggunaan jejaring sosial berlebih, dan untuk kamu yang sudah kecanduan pada akhirnya bisa ‘sembuh’ serta tidak lagi menggunakan jejaring sosial secara berlebihan.


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

  • Geovan Audy

    Cukup menarik pembahasannya, cuma saya rasa agak aneh menggunakan screen shot anime..
    Ty..