Apa yang Bisa dan Tidak Bisa Dilakukan Windows RT??

Banyak yang sudah PG jelaskan mengenai Windows 8 buat kamu para pecinta Windows, diantaranya ada perbedaan Windows 8 RT dan Windows 8 Pro, perbedaan aplikasi Metro dan Desktop dan yang terakhir fitur Windows 7 yang tidak ada lagi di Windows 8. PG rasa ini cukup membantu untuk kamu yang ingin berpindah dari Windows lama ke Windows 8.

Windows 8 kali ini tidak diciptakan untuk Desktop dan Laptop saja, tetapi juga diciptakan untuk tablet. Beda device beda versi Windows, kalau kamu menggunakan Desktop kamu harus membeli Windows 8 versi Pro, Ulimate dll. Sedangkan kalau tablet kamu akan mendapatkannya sepaket dengan device yang kamu beli yaitu Windows 8 RT.

Apa yang Bisa dan Tidak Bisa Dilakukan Windows RT??

Jika kamu ingin membeli tablet yang menggunakan OS Windows 8, berarti kamu akan mendapatkan Windows RT. Ingin tahu apa yang bisa dan tidak dilakukan oleh Windows RT? Berikut PG jelaskan.

 

Mode Desktop

Biasanya kalau kamu mendengar kata Desktop yang terpikirkan pasti banyak software atau aplikasi yang terinstall disana. Namun itu berbeda sekali untuk versi Windows RT. Disini kamu hanya bisa menggunakan aplikasi:

  • Control Panel
  • My Computer, Documents folder dan Libraries
  • Internet Explorer 10
  • MS Paint
  • Notepad
  • Office

Selain itu kamu juga tidak bisa menginstall aplikasi atau software seperti biasanya. Jadi menurut PG, mode Desktop di Windows RT bertujuan untuk mengakses File Manager.

Apa yang Bisa dan Tidak Bisa Dilakukan Windows RT??

 

Browser

Saat ini Windows RT hanya menyediakan Internet Explorer 10 sebagai browser. Internet Explorer 10 dapat kamu buka melalui Start Screen dengan tampilan Metro, maupun melalui Desktop dengan tampilan seperti biasanya. Di Windows Store pun masih belum ada browser yang bisa di download atau sepertinya Microsoft ingin produk Internet Explorer 10 terkenal. Intinya kamu hanya bisa menggunakan browser Internet Explorer 10 dan kalau kamu bertanya soal plugin atau extensi, lupakan saja karena Windows RT tidak support hal itu.

Apa yang Bisa dan Tidak Bisa Dilakukan Windows RT??

 

Media

Microsoft tidak menyertakan Windows Media Player di Windows RT, hanya ada Xbox Music dan aplikasi Video untuk menggantikannya. Juga tidak ada Media Center, jika kamu menginginkan Windows Media Player dan Media Center kamu harus membeli Windows 8 Pro. Tak ada Media Center, tak ada Windows Media Player. Hanya ada Xbox Music dan aplikasi Video.

Apa yang Bisa dan Tidak Bisa Dilakukan Windows RT??

 

Windows Store

Windows Store hanya menyediakan aplikasi Metro yang memang didesain khusus untuk Windows RT, namun juga bisa berjalan untuk Windows 8 biasa. Microsoft menciptkan bahasa pemrograman yang khusus supaya aplikasi Metro dapat berjalan di kedua versi Windows ini. Perbedaannya, jika Windows 8 Pro bisa menjalankan aplikasi .exe berbeda sekali dengan Windows RT yang hanya Metro. Kesimpulannya, aplikasi apapun yang kamu beli di Windows Store dapat berjalan di Windows RT dan Windows 8. Dan Windows RT tidak dapat menginstall atau menjalankan aplikasi .exe.

Apa yang Bisa dan Tidak Bisa Dilakukan Windows RT??

 

Lain-lain

Boot pada Surface RT dan Windows RT terkunci seperti iPad, jadi kamu jangan berharap untuk melakukan dual boot seperti pada Android Tablet yang bisa di dual boot dengan Ubuntu.

Apa yang Bisa dan Tidak Bisa Dilakukan Windows RT??

Kamu dapat melakukan mount pada file ISO dan VHF tetapi kamu tidak bisa menjalankannya seperti di Windows 8 Pro.

 

Kesimpulan

Menurut PG, sebagian besar fitur Windows 8 seperti multiple monitor support/Play To dan Task Manager hadir di Windows RT. Kamu juga akan menemukan Explorer bar yang baru, Windows Deferder dan SmartScreen yang melindungi kamu. Berbagai bahasa juga telah disediakan. Pada dasarnya jika kamu sengan dengan Windows 8, aplikasi Metro dan membutuhkan tablet. Maka kamu bisa membeli Windows RT.


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini