AMBER Alerts : Informasi Anak Hilang Lewat Mesin Pencari Google

Tepat hari kamis pada tanggal 1 November 2012 kemarin, Google kembali merilis layanan barunya yang di beri nama “AMBER Alerts” yang bekerjasama dengan Pusat Nasional untuk Anak Hilang dan Eksploitasi (NCMEC) dan di bantu pula oleh layanan Google Alerts.

Seperti yang berhasil PG kutip melalui Blog resmi milik Google, Layanan ini pada dasarnya di buat untuk membantu memberikan informasi darurat kapan saja dan dimana saja bagi mereka yang berada di sekitar tempat kejadian dan bagi para korban yang membutuhkan informasi tentang anak mereka, sehingga bisa membantu mengantarkan kembali seorang anak ke rumahnya dengan selamat.

Cara kerja AMBER Alerts ini memang cukup sederhana, namun di lihat dari fungsinya tentu saja sangat membantu, terlebih bagi korban. Contoh cara kerja sederhana dari AMBER Alerts ini adalah ketika kamu sedang menggunakan mesin pencarian Google, baik di komputer ataupun perangkat mobile, kamu akan melihat “AMBER Alerts” atau sebuah peringatan dini tentang pencarian lokasi dimana baru-baru ini terjadi penculikan atau kasus hilangnya seorang anak.

Peringatan ini juga akan terlihat ketika kamu melakukan pencarian yang bertarget pada suatu situasi dan lokasi. Dengan demikian, akan banyak orang yang melihat peringatan dini tersebut disaat seorang anak hilang dan dilaporkan. Hal ini tenu saja akan sangat membantu untuk menemukan anak yang hilang tersebut dengan lebih cepat dan efisien. Karena dengan banyaknya orang yang bisa melihat peringatan ini secara dini dan tepat (berdasarkan lokasi), maka pencarian anak yang hilang tersebut diharapkan bisa menjadi lebih mudah dan berhasil.

Berikut ini adalah screenshot saat layanan ini diuji coba oleh Google :

AMBER Alerts : Informasi Anak Hilang Lewat Mesin Pencari Google

image via Google Blog

 

AMBER Alerts : Informasi Anak Hilang Lewat Mesin Pencari Google

image via amberalert.gov

 

Dengan dukungan alarm peringatan di mesin pencarian serta peta Google (Google Map), tentunya hal ini juga akan sangat membantu dalam memberikan informasi tentang kejadian terbaru dimana anak tersebut di nyatakan hilanh. Misalnya seperti mobil yang digunakan oleh penculik, warna baju, ciri-ciri si anak dan sebagainya.

“The US Department of Justice’s AMBER Alert™” adalah sebuah kemitraan yang di bentuk secara sukarela antara lembaga penegak hukum, lembaga penyiaran, lembaga transportasi dan lain-lain. Dan melibatkan hamper seluruh lapisan masyarakat dalam kasus penculikan anak.

Dalam hal ini Google telah bekerjasama dengan pihak dari NCEMEC yang akan memberikan rincian informasi kepada Google, dan selanjutnya akan menampilkannnya menjadi sebuah peringatan dini (AMBER Alerts) di mesin pencarian dan peta milik Google.

Layanan AMBER Alerts ini dirilis dan baru terdapat di sekitar kawasan Eropa dan Kanada. Namun Phil Coakley (software engineer and Google public alert team) menuliskan di blog Google, bahwa pada nantinya layanan ini akan dicoba dengan skala yang lebih luas agar nantinya bisa di nikmati di banyak Negara.

Tentu saja dengan adanya layanan AMBER Alerts ini di setiap Negara akan sangat membantu sekali bagi para korban, terlebih layanan ini bisa di akses dengan cara yang cukup mudah. PG berharap semoga saja layanan ini dalam waktu dekat segera merambah ke kawasan Asia Tenggara khususnya Indonesia.


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini