5 Alternatif Optical Disc yang Sebaiknya Kamu Ketahui

Kamu tahukan sekarang teknologi Optical Disc yang lagi ramai dibicarakan adalah Blu-Ray? Dengan menggunakan Blue-Ray Disc kamu mampu menyimpan data sampai dengan batas maksimal 50GB. Ditambah lagi Blu-Ray datanya dapat bertahan selama 50 tahun, namun ini dalam kondisi suhu, kelembaban, dan penanganan. Bukankah ini sangat mengagumkan? Harga dari Blu-Ray Rewritable sekitar Rp. 500.000 untuk brand Sony. Kekurangan yang ada pada optical drive adalah optical drive biasanya akan menghilang setelah dua dekade atau 20 tahun.

Nah menurut PG, menyimpan data dengan menggunakan optical disc itu ide yang cukup buruk. Untuk itu PG akan membahas, alternatif dari penyimpanan optical disc. Jika kamu ingin menyimpan data lebih lama, aman dan juga dengan kapasitas lebih besar maka baca artikel PG yang satu ini.

 

Memory Card #1

Alternatif Optical Disc yang Sebaiknya Kamu Ketahui

Sebagai awal dari alternatif optical disc, kamu bisa menggunakan Memory Card atau yang lebih sering disebut dengan SD Card. Dengan menggunakan ini kamu dapat menyimpan data hingga sebesar 128GB dan kemampuan bertahan data selama 10 tahun. Terlebih lagi SD Card bisa melakukan 100.000 sampai 1.000.000 kali penulisan data. Harganya memang lebih mahal dua kali lipat, namun kamu tidak perlu mencari-cari drive untuk 20 tahun mendatang. Yang hanya kamu perlukan untuk dapat membaca data dari Memory Card hanyalah Card Reader.

 

Flashdisk #2

Alternatif Optical Disc yang Sebaiknya Kamu Ketahui

Untuk hal yang satu ini kamu pasti sudah tidak asing lagi, Flashdisk. Dengan menggunakan Flashdisk kamu dapat bertukar data dengan teman, dari komputer satu ke komputer lain. Flashdisk bisa kamu jadikan alternatif dari optical disc, selain itu kapasitasnya juga sudah ada yang mencapai 256GB. Dengan menggunakan Flashdisk kamu dapat menyimpan data selama 20 tahun dan penulisan data hingga 10.000 sampai 5.000.000 kali. Untuk harga, hampir sama dengan Memory Card. Ditambah lagi kamu juga tak perlu perangkat dukungan untuk dapat membaca data yang ada di Flashdisk. Sebelumnya PG telah memberikan tips memilih Flashdisk yang mungkin sebaiknya kamu baca.

 

HDD External #3

Alternatif Optical Disc yang Sebaiknya Kamu Ketahui

Kamu pasti tidak asing lagi dengan yang namanya Hardisk External bukan? Dengan menggunakan Hardisk External, kamu dapat menyimpan lebih banyak data dari pada menggunakan Blu-Ray, Memory Card, ataupun Flashdisk. Kemampuan penyimpanan hardisk external sekarang hingga 3TB, sangat menakjubkan bukan? Namun kemapuan penulisan data hanya sebanyak 100.000 sampai 1.000.000 kali yang berarti bisa sampai 10 tahun. Namun masalah harga, hardisk external lebih murah. Kamu bisa menapatkan 1TB dengan membayar Rp. 900.000.

 

SSD External #4

Alternatif Optical Disc yang Sebaiknya Kamu Ketahui

Jika kamu merasa HDD External terlalu berat dan besar untuk dibawa kemana-mana, kamu bisa menggunakan SSD External. Namun hingga saat ini, kapasitas dari SSD External masih 256GB. Dengan 100.000 sampai 5.000.000 kali penulisan atau penghapusan data, atau sekitar 20 tahun. Namun harganya sangat mahal, lebih mahal dari ketiga storage diatas.

 

Cloud Storage #5

Alternatif Optical Disc yang Sebaiknya Kamu Ketahui

Terakhir kamu bisa menggunakan Cloud Storage sebagai ganti dari Optical Drive. Secara teori Cloud Storage menyediakan storage yang tak terbatas, namun DropBox hanya sampai 2GB untuk yang gratis sedangkan berbayar 500GB. Tetapi Zip Cloud layanan online Cloud Storage yang berbayar menyajikan Unlimited Storage. Dengan hanya membayar 7$ pertahun di Zip Cloud. Selain itu jika kamu membayar secara terus-menerus, data kamu akan dapat bertahan selamanya.

 

Nah itulah menurut PG beberapa alternatif yang bisa kamu gunakan untuk menggantikan optical drive, sebaiknya kamu juga membaca artikel PG tentang #Techvolusi: Perkembangan Media Penyimpanan Data dari Masa ke Masa.


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini