5 Virus Komputer Paling Berbahaya yang Pernah Ada

Berbicara tentang virus memang tiada habisnya, terus berevolusi dan seakan menjadi mimpi buruk bagi komputer kita. Mengakibatkan banyak terjadi kerusakan yang dialami, seperti menghapus data penting, membuat komputer berjalan lambat, dan bisa mengendalikan sebuah jaringan komputer. Berikut ini PG akan mengulas 5 virus komputer paling berbahaya yang pernah ada:

 

1.  Melissa

5 Virus Komputer Paling Berbahaya yang Pernah Ada

Virus ini pertama kali ditemukan pada tanggal 26 Maret 1999, virus melissa menyebar melalui email yang berisi file attachment List.Doc. Akibatnya perusahaan besar Microsoft, Intel Corp, dan Alcatel-Lucent  telah menutup akses email gateways karena membesarnya perluasan virus melissa ini. Virus Melissa yang diciptakan David L. Smith sering juga dikenal dengan nama Mailissa, Simpsons, Kwyjibo atau Kwejeebo, kini pun David telah tertangkap dan mendapatkkan sangsi selama 40 tahun, namun karena dia setuju untuk bekerja sama dengan FBI yang mencoba membasmi serangan hacker, akhirnya David mendapat pengurangan hukuman menjadi 20 bulan serta denda sebesar $5.000

 

2. Code Red

5 Virus Komputer Paling Berbahaya yang Pernah Ada

Code Red pertama kali muncul pada tanggal 13 Juli 2001, virus ini bekerja memberikan buffer berlebihan. Jadi ketika kamu menjalankan komputer, maka sistem operasi akan menerima buffer berlebihan dan tidak bisa ditangani. Code Red sulit untuk dihapus karena mampu menginfeksi kembali sistem yang telah dibersihkan, virus ini juga mampu meyebabkan masalah overload dan penolakan akses ke berbagai situs di seluruh dunia.

 

3. ILOVEYOU

5 Virus Komputer Paling Berbahaya yang Pernah Ada

ILOVEYOU mampu menginfeksi lebih dari 50 juta komputer hanya dalam rentan waktu sembilan hari dan memaksa beberapa situs militer untuk mematikan jaringan mereka sampai akhirnya virus itu benar-benar dibersihkan. Hampir serupa dengan Melissa, virus ini menyerang untuk mengakses nama daftar dari Outlook. Jika kamu melihat e-mail “ILOVEYOU” seketika itu membukanya, e-mail tersebut dapat mereplika diri dan mengirimkan pesan lagi ke daftar nama kamu. Penerima e-mail yang tidak tahu dengan apa yang terjadi lalu membukanya, akan mengakibatkan sebagian file besar penerima akan tertimpa. Meskipun hanya menduplikasi, ILOVEYOU telah menyebabkan kerugian hingga $10 juta!

 

4. Nimda

5 Virus Komputer Paling Berbahaya yang Pernah Ada

Virus ini menyebut dirinya nama sebagai Nimda, kata nimda sendiri diperoleh dari nama admin yang bisa dilihat jika dieja deri belakang. Nimda menyebar melalui jaringan internet dengan sangat cepat, tidak hanya menyerang komputer, virus ini juga menyerang operating sistem Symbian yang terdapat dalam perangkat smartphone. Hanya butuh waktu selama 22 menit untuk melihat kekacauan yang di akibatkan oleh virus ini.

 

 5. Storm Worm

5 Virus Komputer Paling Berbahaya yang Pernah Ada

Pada awalnya Storm Worm menyebar dalam e-mail, virus ini merupakan Trojan jahat yang muncul pada January 2007. Email yang terinfeksi oleh virus Storm Worm tersebut mengandung file executable. Setelah dibuka..malware ini nantinya secara otomatis akan terinstall, dan komputer kamu akan menjadi bagian dari botnet (Jaringan komputer yang dikendalikan dari jarak jauh).

Memang ada banyak orang yang kurang menyadari akan ancaman berbahaya dari virus yang terus berkembang, mereka tidak dengan serius melindungi komputer dan jaringan mereka. Alhasil komputer mereka menjadi santapan virus yang “kelaparan” tersebut. PG harap kamu bukan menjadi salah satunya. Tidak ada salahnya untuk melindungi komputer kamu dengan antivirus gratis terbaik ini. Paling tidak, komputer kamu tidak lagi menjadi sasaran yang super empuk bagi virus yang terus bermunculan setiap hari.


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini