5 Cara untuk Bertambah Cerdas dengan Bantuan Teknologi

PG pernah menulis artikel tentang bagaimana para ilmuwan berhasil mengungkap rahasia kejeniusan Albert Einstein. Dalam artikel tersebut dijelaskan hasil penelitian yang menjadikan penemu konsep dasar nuklir ini memiliki kemampuan kognitif yang luar biasa.

5 Cara untuk Bertambah Cerdas (dengan Bantuan Teknologi)

PG kemudian tertarik untuk mengungkap bagaimana kita bisa meningkatkan kecerdasan kita dengan berbagai pertolongan teknologi dan inovasi-inovasi yang telah dilakukan para ilmuwan sehingga walaupun mungkin kita tidak mendekati kemampuan Pak Albert, tapi kita bisa memanfaatkan kecerdasan kita ini untuk menyelesaikan berbagai permasalahan yang kita miliki sehari-hari.

Inilah 5 cara untuk meningkatkan kecerdasan otak:

 

 

1. Meditasi

5 Cara untuk Bertambah Cerdas (dengan Bantuan Teknologi)

Salah satu cara untuk meningkatkan kecerdasan adalah dengan menjadikan otak sadar bahwa ia tengah berpikir dan beraktivitas. Salah satu cara untuk meningkatkan kesadaran otak ini adalah dengan melakukan meditasi. Dalam meditasi yang baik, seseorang akan semakin menyadari gerak dan keberadaan tubuhnya. Dengan memperhatikan berbagai gerakan kecil tubuh seperti nafas dan denyut jantung akan semakin meningkatkan kemampuan otak untuk berpikir.

Untuk membantu otak agar bisa tenang dan berkonsentrasi serta tidak memperhatikan hal-hal lain di luar tubuh, kamu bisa menggunakan iringan musik yang menenteramkan, seperti misalnya Rainymood, layanan online yang mengeluarkan audio suara hujan ketika melakukan meditasi.

 

 

2. Melatih Otak

5 Cara untuk Bertambah Cerdas (dengan Bantuan Teknologi)

Otak perlu dilatih. Ahli-ahli memori seperti Tonny Buzan dan Harry Lorraine bahkan menyatakan tidak ada ingatan yang buruk – yang ada hanyalah otak yang tak terlatih. Dengan melakukan metode tertentu, kita bisa meningkatkan daya ingat kita. Utamanya adalah dengan menghubungkan hal yang perlu diingat dengan berbagai kesan berlebihan dalam hal warna, bentuk, ukuran, atau rasa. Contohnya begini: Untuk mengingat daftar belanja kamu seperti pisang, roti, kopi, air mineral dan indomie, kamu bisa membayangkan sebuah gambaran berlebih dimana ada seorang pengantar air mineral yang berjalan sembari memakan Sari Roti, belok ke warung kopi, tapi terpeleset kulit pisang, menimpa meja sehingga kejatuhan indomie. Cerita dalam imajinasi ini memang berlebihan, tapi membuat kamu mudah mengingat barang-barang yang harus kamu beli tadi.

Ada juga banyak permainan yang bisa meningkatkan kemampuan kognitif otak dengan cara memaksa otak untuk berpikir dan berimajinasi. Kamu bisa memanfaatkan 3 tool gratis untuk mengoptimalkan kinerja otak atau memainkan Fitbrains untuk melatih otak. Dengan rajin melatih otak, PG menjamin bahwa kamu akan semakin cerdas nantinya.

 

 

3. Mengkonsumsi Makanan Sehat untuk Otak

5 Cara untuk Bertambah Cerdas (dengan Bantuan Teknologi)

Pada bulan Juni 2010, peneliti dari Sage Colleges menyajikan hasil penelitian bahwa bakteri tertentu bisa menjadikan tikus percobaan “semakin cerdas”. Tikus tersebut diberi Mycobacterium vaccae, dan kemudian menunjukkan kinerja yang lebih baik dalam tes labirin dan menunjukkan gejala kecemasan yang lebih kecil serta tingkat serotonin yang lebih tinggi di bagian otak depan. Bakteri tersebut nampaknya mendorong pertumbuhan neuron. Tahukah kamu bagaimana mendapatkan bakteri semacam ini? Kamu bisa mendapatkannya secara tak sengaja dari alam ketika kamu sedang melakukan pekerjaan yang berhubungan dengan alam lingkungan seperti berkebun atau jalan-jalan di hutan.

Selain itu, ada juga beberapa jenis makanan yang bisa meningkatkan kinerja otak. Kamu bisa memanfaatkan artikel yang pernah ditulis PG tentang 3 aplikasi online yang membantu untuk berdiet sehat. Disitu dicantumkan berbagai makanan yang sehat untuk otak.

 

 

4. Tidur

5 Cara untuk Bertambah Cerdas (dengan Bantuan Teknologi)

Istirahat sangat penting untuk meningkatkan kecerdasan.Otak yang kurang istirahat akan menunjukkan gejala kelelahan dan kecemasan yang bisa mengurangi tingkat kecerdasan dan kemampuan berpikir otak. Oleh karena itu, PG menyarankan agar kamu beristirahat secara teratur, terutama bagi kamu yang pekerjaannya berhubungan erat dengan kreativitas. Kamu bisa membaca artikel PG tentang bagaimana mengatur waktu tidur dengan baik atau bila kamu orangnya banyak bekerja di depan komputer, kamu perlu menggunakan software VolumeOut agar sound dari PC kamu bisa diatur untuk berkurang perlahan-lahan, selain meminimalisir gangguan ke lingkungan, juga mendorong kamu untuk beristirahat.

 

 

5. Rawatlah tubuhmu

5 Cara untuk Bertambah Cerdas (dengan Bantuan Teknologi)

Untuk menjadi lebih cerdas, kamu juga perlu memperhatikan tubuhmu. Pameo lama Mens sana in corpore sano ada benarnya. Bukan hanya jiwa yang kuat, tapi juga otak yang cerdas berada dalam tubuh yang sehat. Bila pekerjaan harianmu menuntut kamu untuk banyak berada di depan komputer, maka kamu perlu memperhatikan 8 tips sehat bekerja di depan komputer, yaitu jaga jarak pandang dengan monitor, gunakan LCD yang sesuai dengan kenyamanan mata, periksa mata secara teratur, perhatikan sirkulasi udara dan ruangan yang cukup, makan minum dan vitamin tambahan, tidur teratur, berolah raga teratur, dan bersosialisasi. Kesemua itu akan menjadikan tubuhmu semakin sehat dan jarang terkena penyakit. Keberadaan tubuh yang sehat penting untuk meningkatkan kecerdasan otak.

Jangan lupa, untuk mengatur jadwal pekerjaanmu yang ekstra padat, kamu memerlukan pengatur jadwal atau to do list. Kamu bisa memilih diantara 7 layanan online yang membantu kamu membuat to do list yang pernah dibahas oleh PG.

 

Demikianlah tips dari PG untuk meningkatkan kecerdasan otak. Dengan otak yang lebih cerdas, kamu bisa melakukan berbagai aktivitas penting sehari-hari dengan baik. Kalau kamu ada tips lain guna meningkatkan kecerdasan, silahkan berbagi. Dengan demikian, berarti kamu ikut serta berbuat baik kepada orang lain yang ingin mendapatkan kehidupan yang lebih baik.


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini