#GeekHistory: 4 Teknologi Modern yang Mulai Terlupakan

Masih ingatkah kamu dengan beberapa gadget lawas yang dahulu pernah menjadi juara dan Berjaya pada masanya. Tak sedikit dari kamu dulunya juga pernah menggunakan teknologi ini, namun seiring dengan tumbuh pesatnya teknologi alias invasi dari teknologi-teknologi baru, beberapa teknologi lawas pun mulai tergeser posisinya.

Beberapa teknologi memang sangat booming bahkan bisa menjadi sebuah trend pada saat-saat peluncurannya, namun seiring dengan berjalannya waktu tak sedikit dari gadget-gadget tersebut mulai tergeser dengan inovasi-inovasi baru dan produk-produk baru yang lebih fresh dan efisien tentunya.

4 Teknologi Modern yang Mulai Terlupakan

Berikut ini adalah beberapa teknologi yang dulunya pernah berjaya dan menjadi tren pada masanya, namun mulai tergeser posisinya saat ini.

1. Kamera dan video digital

4 Teknologi Modern yang Mulai Terlupakan

Teknologi yang satu ini sudah bisa di bilang mulai sedikit peminatnya, di era smartphone yang menggeliat sekarang ini, para pengguna umumnya lebih banyak memilih untuk memotret dengan kamera ponselnya ketimbang harus membawa kamera tambahan. Hal serupa juga terjadi pada video. Bagi para penggemar fotografi atau profesional, kamera DSLR bisa melakukan lebih banyak kegiatan ketimbang video digital.

 

2. MP3 Player

4 Teknologi Modern yang Mulai Terlupakan

Kapasitas dari tempat penyimpanan ponsel yang semakin besar saat ini membuatnya bisa ditempati oleh ratusan bahkan ribuan lagu, video, gambar, daftar kontak, dan banyak hal lain. Dan semuanya ada di tempat yang tepat, bahkan bisa digunakan sambil jogging dan beraktifitas. Kini keberadaan ponsel telah menggantikan fungsi MP3 Player sehingga perangkat ini semakin terlupakan keberadaannya.

 

3. eReader

4 Teknologi Modern yang Mulai Terlupakan

Seperti halnya kamera dan MP3 Player, eReader seperti Amazon Kindle bisa saja jadi korban pengaruh dari geliat smartphone. Kindle sendiri telah tersedia sebagai aplikasi iPhone yang lebih mudah digunakan ketimbang aslinya.

Layar smartphone memang kecil, tapi banyak orang yang memilih membaca melalui smartphonenya. Karena selain lebih kecil, smartphone juga lebih mudah untuk dijinjing ketimbang membawa Kindle. Terlebih bila ingin membaca di bus maupun tempat-tempat umum lainnya.

 

4. Media penyimpanan fisik

4 Teknologi Modern yang Mulai Terlupakan

DVD dan Blu-Ray sekarang mulai mengalami hal yang hampir serupa dengan nasib dari pendahulunya yaitu disket. Karena saat ini gagasan untuk menyimpan informasi pada media penyimpanan fisik dan membagikannya ke orang lain kini sudah mulai pudar dan berganti tren pada removable disk.

Zaman sekarang ini, video sudah bisa ditonton secara online secara steraming, permainan pun sudah bisa diunduh. Meskipun akan butuh waktu yang banyak sesuai dengan kemampuan dari koneksi internet yang digunakan.

 

Bagaimana dengan prediksi kamu? Apakah masih ada teknologi lain yang mulai sekarat dan tergeser keberadaannya, apabila masih ada yang terlewat oleh PG silahkan kamu beritahukan melalui kotak komentar yang ada di bawah ini ya.


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

  • pager atau tamagochi aku gag tau :D

  • Kiki

    Walkman dan Pager!

    Saya selalu terkenang pada pager. Hehe…
    Dulu waktu kuliah, gadis tercantik di kelas saya kemana-mana menenteng pager karena ortunya sangat protektif. Hampir semua pesan yang masuk dari Ibunya ^_^

    • wah bagi mas kiki yg paling berkenang pager ya??
      kalo jaman aku sih gak tau tuh pager gimana bentuknya :D
      Walkman yang aku tau

      • Waah! gimana dengan tamagochi? msh ada yg inget :p

        • Kiki

          Hanya yang seumuran nih yang tau Tamagochi. Wkwkwk…
          Mainan waktu SD ituh. Temenku dulu ada yang koleksi macam-macam, mulai dari Tama Ayam, burung, bahkan sampai zaman keluar Tama monster dia juga masih ngikut ^_^

          • ahhhh aku juga tau mah kalo tamagochi mas :p
            tapi ditahunku tamagochinya digimon :D

          • wkwkwk iyaa :D

            zaman aku tamagochi blm ada digimon apalagi pokemon.
            yg ada cuman ayam. :p

          • wah hewan-hewan gitu ya mas sigit? bisa di adu gak :D

          • enggak bisa mas, yg bisa di adu2 kan setelah masuk ke eranya pokemon sama digimon :p

          • Kiki

            Yoi, Tamagochi cuma bisa kasih makan sama pelihara hewan aja. Kalau mati direset tapi dari awal mainnya. ^_^

      • Kiki

        Wkwkwk.. Jadul memang. Itu mirip ponsel tapi cuma bisa sms. Jadi cuma bisa terima pesan dari operator. Caranya kita telp operator, minta kirim pesan untuk nomor pager sekian sekian. Umumnya pesan di Pager bunyinya: “Segera telepon Nomor sekian sekian. Penting.” <– Kayak gitu, trus pemilik Pager bergegas nyari wartel buat nelpon ^_^

        • oalahhh gitu doank ya mas –”
          kira-kira masih bisa dipake gak ya kalo sekarang pagernya ada??

          • Kiki

            Aku pernah nanya gitu juga, ternyata jawabnya gak bisa, Edo..

            Operator Pager sudah tutup pada tahun 2005-an kemarin karena terjangan ponsel ^_^

          • wkwkwkwkk ternyata mas kiki sudah pernah menanyakannya juga :p
            makasih mas kiki udah diberi sedikit ilmunya :D

          • Kiki

            Weleh… Itu mah sekedar dapat dari pergaulan aja :D
            Sama-sama Edo…