10+ Cara Daur Ulang Unik Namun Bermanfaat

Jika kamu benar-benar pecinta lingkungan yang ingin mendaur ulang setiap barang bekas yang kamu punya, seperti mangkong, penjempit kertas, CD, kaset tape dan masih banyak lagi yang lainnya. PG punya 8 cara untuk memaksimalkan benda-benda tersebut agar dapat berfungsi kembali, meskipun bukan untuk fungsi utamanya. Namun ide yang satu ini benar-benar sangat lucu dan mungkin bisa membantu kamu.

Yuk mari kita tengok apa saja usul barang bekas yang PG bisa maksimalkan fungsinya:

 

Kaset Tape Dibuat untuk Lampu

Cara Daur Ulang Unik Namun Bermanfaat

Kalau kamu punya banyak kaset tape lama yang udah gak di pake, kamu bisa menyusunnya dan menjadikannya cover untuk lampu kamu. Dengan begini lampu kamu akan memiliki cover kaset tape yang unik dan keren tentunya.

 

TV Lama Diubah Menjadi Akuarium

Cara Daur Ulang Unik Namun Bermanfaat

Jika kamu ingin sesuatu yang menarik di ruangan kamu, kamu bisa mengubah TV lama menjadi akuarium yang berisi banyak ikan dan mainan atau tumbuh-tumbuhan. Ruangan kamu akan terlihat lebih hidup dan menarik dengan adanya akuarium ala TV.

 

Case CD untuk Menaruh Resep Masakan

Cara Daur Ulang Unik Namun Bermanfaat

Memiliki banyak case cd? Buat aja jadi penyangga resep masakan ketika kamu sedang memasak. Memang kalau kamu sedang memasak dan membutuhkan resep, mencari penyangga untuk menaruh resep agak kesulitan. Untuk itu kamu bisa memanfaatkan case CD yang tidak digunakan.

 

Bolam Lampu Lama untuk Kerajinan

Cara Daur Ulang Unik Namun Bermanfaat

Bolam Lampu adalah media kerajinan yang kelihatannya sangat keren, dengan memanfaatkan bolam lampu lama kamu bisa menjadikannya kerajinan yang bernilai. Selain itu kamu juga bisa mengubahnya menjadi akuarium mini atau vas mini untuk ikan kecil atau tanaman kecil.

Cara Daur Ulang Unik Namun Bermanfaat

 

Mangkuk Bekas Untuk Speaker

Cara Daur Ulang Unik Namun Bermanfaat

PG menemukan ide yang satu ini dari Real Simple, dengan memanfaatkan sebuah mangkok bekas lama. Kamu bisa membuatnya menjadi alat bantu speaker gadget kamu, misalkan saja kamu ingin mendengarkan musik dengan iPhone namun volumenya kurang keras. Kamu bisa menaruk iPhone tersebut kedalam mangkuk tersebut, dan bim salabim..maka suaranya akan semakin keras. Kamu juga bisa menggunakannya sebagai speaker telefon jika suaranya kurang keras.

 

Roll Toilet Untuk Wadah Kabel

Cara Daur Ulang Unik Namun Bermanfaat

Suka kerapian? Tidak ingin melihat kabel yang berantakan di bawah lantai kamu? Kamu bisa menggunakan rol toilet sisa dari tisu toilet untuk merapikan semua itu. Jika kamu merasa rol toilet kurang menarik, kamu bisa melapisinya dengan kertas kado sebagai hiasan untuk mempercantiknya. Cara merapikan kabelnya dengan memasukkannya ke dalam rol toilet.

 

CD untuk Alas atau Tatakan Gelas

Cara Daur Ulang Unik Namun Bermanfaat

Kamu mempunyai banyak CD bekas? Kamu bisa memanfaatkan CD itu sebagai tatakan gelas loh, daripada membeli tatakan gelas asli seharga Rp 30.000. Caranya, bersihkan dulu CD dari stiker yang ada. Kemudian di bawahnya beri karpet lantai, untuk atasnya kamu bisa beri dengan ketas kado. Lalu lem dengan super kuat kedua sisi tadi. Sekarang kamu sudah mempunyai tatakan gelas dengan desain sendiri.

 

Klip Binder untuk Mengatur Kabel

Cara Daur Ulang Unik Namun Bermanfaat

Kalau kamu mempunyai banyak gadget seperti PSP, Tablet, Smartphone dan sebagainya yang tergeletak di meja. Mungkin kamu juga banyak kabel yang berceceran di bawah lantai. Tentu ini sangat membayakan, bisa saja kabel tersebut terlindan oleh kursi atau kamu tersandung oleh karenanya. Untuk mengatasi hal ini, kamu bisa menggunakan klip kertas yang besar. Dengan memasukkan kepala kabel ke pegangan klip dan menjepitkan klik ke samping meja. Ini akan membantu kamu dalam menata dan juga dapat dengan mudah untuk menemukan kabel yang kamu butuhkan.

Cara Daur Ulang Unik Namun Bermanfaat

 

Case Tape untuk Merapikan Kabel

Cara Daur Ulang Unik Namun Bermanfaat

Kamu mempunyai banyak case tape yang tergelatak dan tak kamu gunakan lagi? PG mempunyai ide kalau kamu bisa menjadikan case tape itu sebagai tempat untuk merapikan kabel, misalkan saja headset atau kabel USB. Ini akan sangat berguna apalagi ketika kamu berpergian, kabel-kabel kecil tersebut tentu akan tertata rapi.

 

Klip Bungkus Roti untuk Menandai Kabel

Cara Daur Ulang Unik Namun Bermanfaat

Jika kamu tadi menggunakan Klip Binder untuk mengatur kabel. Kini PG punya saran yang bagus lagi, kamu bisa menggunakan klip bungkus roti yang sudah tidak terpakai menjadikannya sebagai penanda dari kabel. Jika kamu mempunyai kabel yang terlalu banyak dikomputer, kamu bisa menadainya menggunakan tips dan trik PG ini.

Cara Daur Ulang Unik Namun Bermanfaat

 

Klik Bungkus Roti untuk Memperbaiki Sandal

Cara Daur Ulang Unik Namun Bermanfaat

Ya biasanya sandal japit memang mudah rusak di bagian depanya, lubahnya akan semakin besar dan akan membuat bagian tengahnya keluar. Sehingga sandal tidak bisa digunakan kembali, namun kamu bisa menggunakan klip bungkus roti untuk mengatasinya loh. Caranya dengan mengaitkan bagian tengah dengan klip bungkus roti, dengan begini bagian tengah sandal tidak akan lepas lagi.

 

Botol Bekas untuk Wadah Charge Ponsel

Cara Daur Ulang Unik Namun Bermanfaat

Colokan listrik kamu jauh berada dari jangkauan meja? Ingin mengecharge ponsel namun tidak mungkin menaruhnya di bawah lantai? Kamu bisa menggunakan botol bekas untuk mengechargenya, caranya dengan memotong bagian atas dari botol kemudian melubanginya sedikit, maka kamu sudah dapat menggunakannya untuk charge.

 

Rol Toilet untuk Speaker

Cara Daur Ulang Unik Namun Bermanfaat

Selain menggunakan mangkuk kamu juga dapat menggunakan rol toilet untuk dapat memperbesar suara speaker yang ada. Caranya dengan melubangi bagian rol toilet sesuai dengan lebar dari tempat speaker di ponsel kamu. Kemudian untuk penyangganya, kamu bisa menggunakan pin.

 

Klip Kertas untuk Penyangga Keyboard

Cara Daur Ulang Unik Namun Bermanfaat

Kaki-kaki keyboard kamu patah? Tidak nyaman menggunakannya? Kamu bisa menggunakan klip kertas untuk mengatasinya. Caranya dengan melepaskan pegangan klip kertas, kemudian masukkan pegangan klip kertas ke kaki keyboard yang patah. Sekarang masalah kamu sudah teratasi.

 

Nah itulah tips dan trik PG untuk dapat mendaur ulang barang bekas yang tidak kamu gunakan lagi. Dengan memanfaatkannya sebagai alat yang mungkin dapat membantu keseharian kamu.


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

  • IlmanDwi

    bagus infonya artikel , boleh ane copy gk artikelnya ? nanti ane cantumkan sumber artikelnya.

  • salman

    haturnuhun

  • ddii

    cara membuatnya kurang menarik

  • Erick

    ini baru life hacker . . .

  • cemoro alit

    kreatifff bangget,,, :D

  • shiddiq muhammad

    aku malah gak pake kaki keyboard meski masih ada ..
    :D

  • Chaidir Setiawan

    Unik dan kreatif
    patut di coba
    nice artikel
    Thx :)