Download Ebook Menginstalasi Sistem Operasi Jaringan

Sistem operasi merupakan penghubung antara pengguna komputer dengan perangkat keras komputer. Pengertian sistem operasi secara umum adalah suatu pengelola seluruh sumber daya yang terdapat pada sistem komputer dan menyediakan sekumpulan layanan untuk memudahkan dan memberi kenyamanan dalam penggunaan dan pemanfaatan sumber daya sistem komputer. Sistem operasi jaringan atau sistem operasi komputer yang dipakai sebagai server dalam jaringan komputer hampir mirip dengan sistem operasi komputer stand alone, bedanya hanya pada sistem operasi jaringan, salah satu komputer harus bertindak sebagai server bagi komputer lainnya. Sistem operasi dalam jaringan disamping berfungsi untuk mengelola sumber daya dirinya sendiri juga untuk mengelola sumber daya komputer lain yang tergabung dalam jaringan.

os

Sistem operasi harus diinstal ke dalam komputer agar dapat berfungsi dengan baik. Dalam instalasi sistem operasi jaringan terdapat beberapa mode pilihan yang disediakan yaitu berupa mode text dan mode grafik. Instalasi sistem operasi berbasis text merupakan salah satu mode instalasi sistem operasi komputer dengan tampilan text.

Mode text digunakan jika spesifikasi hardware komputer yang akan diinstal mempunyai spesifikasi yang rendah. Metode instalasi berbasis text akan mempercepat proses instalasi Metode instalasi sistem operasi berbasis text sering digunakan untuk mempercepat proses instalasi walaupun dengan tampilan yang kurang menyenangkan. Biasanya untuk spesifikasi komputer yang sederhana dibanding dengan sistem operasinya akan menggunakan metode berbasis text.

Sistem operasi komputer telah mengalami perkembangan yang sangat pesat baik untuk keperluan stand alone maupun jaringan. Ada banyak sistem operasi komputer yang dapat digunakan dalam sebuah komputer baik stand alone maupun jaringan diantaranya adalah Microsoft Windows Series (Win 3.1, Win 9x, Win ME, Win 2000, Win XP, Win NT, Win Vista), Unix, San Solaris, Linux Series (Redhat, Debian, SUSE, Mandrake, Knoppix), Mac, dan lain sebagainya. Masing-masing sistem operasi memiliki kelebihan dan kekurangan sehingga diperlukan analisis dalam memilih sistem operasi mana yang sesuai dengan kebutuhan.

 

Download Ebook Menginstalasi Sistem Operasi Jaringan (2,11 mb)


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

  • Yayat

    Terimakasih atas materi nya, yang bisa didownload

  • heriyadi

    thanx infonya……….. aku ada masalah juga ne mas, cracknya mozilla firefox ku rusak, tolong donk kirimin juga
    thanx sebelumnya

  • mazera ospoera

    piye tow maz koko ra lengkap ?please bwatin gwa artikel tentang cara memginstalasi s2tm dsr komptr.NOW.MAKACIHHHHHHHHHHHHHHHH

  • Cipto Busura

    hai …bole gak kirimi aku modul sistem operasi jaringan dn tentang apa saja yang ada hubungannya dengan jaringan.thanks to kawan2 yang bersedia.

  • Cipto Busura

    saya sangat berharap PG dapat membatu saya.PG oke

  • iyum

    thanks infonya aku memang lagi mulai pingin belajar linux………
    pengetahuan tentang freebsd ada gak…butuh juga nih…( installasi, troubleshooting ) qmail, proxy server dll

  • Thank’s buat informasinya,,aku lagi butuh banget info ini terutama tentang jaringan…
    sukses selalu…
    ;-)