22 Tweak untuk Membuat Ubuntu Lebih Powerful

22 Tweak untuk Membuat Ubuntu Lebih Powerful

Ubuntu merupakan salah satu distro Linux yang paling populer saat ini. Selain karena sangat powerful, Ubuntu juga mudah digunakan dan memiliki software dengan jumlah yang sangat banyak. Bagi kamu yang mau menggunakan Ubuntu, atau sudah menggunakan Ubuntu, berikut ini adalah 22 tweak untuk membuat Ubuntu kamu lebih powerful lagi

 

Hapus Iklan di Dash yang Bikin Berat

22 Tweak untuk Membuat Ubuntu Lebih Powerful

Ketika kamu mencari aplikasi atau file melalui Dash, maka akan ada banyak hasil online yang bermunculan. Sebagian hasil pencarian ini adalah iklan yang tentu saja membuat proses pencarian menjadi berat. Hilangkan saja iklan ini supaya Ubuntu kamu ringan dan tidak berat saat melakukan pencarian melalui Dash.

Caranya buka Terminal (Ctrl + Alt + T), lalu jalankan command ini

wget -q -O – https://fixubuntu.com/fixubuntu.sh | bash

 

Aktifkan Fitur Hibernate

Entah kenapa fitur hibernate di Ubuntu dibuat non-aktif secara default, padahal menurut PG fitur ini sangat penting. Dengan melakukan hibernate kamu bisa mematikan Ubuntu tanpa khawatir pekerjaan dan aplikasi kamu yang sedang terbuka tertutup semuanya. Fitur ini sangat cocok digunakan ketika kamu ingin mematikan komputer untuk sejenak dan melanjutkan pekerjaan kamu beberapa waktu kemudian.

Untuk mengaktifkan fitur hibernate di Ubuntu, jalankan saja command berikut ini di Terminal

sudo gedit /var/lib/polkit-1/localauthority/50-local.d/hibernate.pkla

Setelah itu copy dan paste kode berikut ini ke file tersebut

[Re-enable Hibernate]
Identity=unix-user:*
Action=org.freedesktop.upower.hibernate
ResultActive=yes

 

Install TLP untuk Menghemat Baterai Laptop

22 Tweak untuk Membuat Ubuntu Lebih Powerful

Kamu menggunakan Ubuntu di laptop? Install saja TLP supaya baterai laptop kamu menjadi lebih hemat. TLP adalah software yang akan mengkonfigurasi dan mengoptimasi power setting sehingga baterai laptop kamu bisa menjadi lebih awet.

Caranya cukup jalankan command ini saja di Terminal

sudo add-apt-repository -y ppa:linrunner/tlp && sudo apt-get update && sudo apt-get install -y tlp tlp-rdw tp-smapi-dkms acpi-call-tools && sudo tlp start

 

Install Codecs Agar Powerful dalam Menjalankan Multimedia

22 Tweak untuk Membuat Ubuntu Lebih Powerful

Untuk bisa mendapatkan manfaat maksimal dari komputer kamu, sebaiknya kamu menginstall codecs dan berbagai proprietary software lainnya. Dengan begitu kamu bisa menikmati seluruh hiburan maupun fitur website melalui Ubuntu.

Misalnya saja kamu bisa menginstall Flash supaya bisa menjalankan konten Flash di website, Pipelight supaya kamu bisa menjalankan video silverlight, serta berbagai macam codec supaya kamu bisa menjalankan DVD ataupun file video lainnya dalam berbagai format.

Untuk menginstall codecs dan proprietary software lainnya, cukup jalankan command ini dari dalam Terminal

sudo add-apt-repository ppa:pipelight/stable && sudo apt-get update && sudo apt-get install ubuntu-restricted-extras gstreamer0.10-ffmpeg libxine1-ffmpeg gxine mencoder libdvdread4 totem-mozilla icedax tagtool easytag id3tool lame nautilus-script-audio-convert libmad0 mpg321 pipelight-multi && sudo /usr/share/doc/libdvdread4/install-css.sh && sudo pipelight-plugin –enable silverlight

Command tersebut akan menginstall banyak codecs yang dibutuhkan untuk menjalankan multimedia, DVD, serta konten web interaktif.

 

Install Propietary Driver

22 Tweak untuk Membuat Ubuntu Lebih Powerful

Ubuntu hadir dengan driver bawaan yang sangat powerful dan support untuk mayoritas device komputer populer. Namun terkadang manufaktur menyediakan driver khusus yang jika diinstall akan membuat performa komputer kamu lebih powerful lagi.

Untuk itu coba cek di Software & Updates lalu klik tab Additional Drivers. Jika disana tertera driver dari manufaktur hardware kamu, install saja driver tersebut untuk mendapatkan performa komputer yang lebih baik.

 

Itulah 5 dari 22 tweak untuk membuat Ubuntu lebih powerful. Tweak lainnya bisa langsung kamu dapatkan di Ebook 22 Tweak untuk Membuat Ubuntu lebih Powerful.

Ebook ini bisa kamu dapatkan gratis dengan cara berikut ini.

Klik halaman giveaway ini, masukkan email dan klik Download

22 Tweak untuk Membuat Ubuntu Lebih Powerful

 

Masukkan data yang diperlukan di form yang disediakan

22 Tweak untuk Membuat Ubuntu Lebih Powerful

 

Klik Download

22 Tweak untuk Membuat Ubuntu Lebih Powerful

 

Jika muncul halaman sukses seperti ini, tandanya ebook sudah dikirimkan melalui email

22 Tweak untuk Membuat Ubuntu Lebih Powerful

 

Cek email kamu dan klik Get it Now

22 Tweak untuk Membuat Ubuntu Lebih Powerful

 

Ebook 22 Tweak untuk membuat Ubuntu lebih powerful ini berisi 21 halaman yang semuanya berisi tips lengkap dengan command dan screenshot agar mudah kamu pelajari dan kamu pahami.


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini