Hati-hati: Ada Serangan Exploit Windows Melalui Internet Explorer!

Sebuah serangan Exploit yang menyerang Windows Vulnerability telah ditemukan. Serangan tersebut dilakukan melalui Internet Explorer dan menyerang kelemahan windows yang telah diumumkan januari kemarin. Sayangnya celah keamanan yang ditemukan sejak januari kemarin tersebut belum juga di patched oleh pihak microsoft. Celah keamanan tersebut menyebabkan penyerang bisa menjalankan kode script berbahaya ketika anda mengunjungi beberapa website tertentu. Serangan ini bisa menyerang semua versi microsoft windows.

Hati-hati: Ada Serangan Exploit Windows Melalui Internet Explorer!

Hati-hati: Ada Serangan Exploit Windows Melalui Internet Explorer!

Sebenarnya, kelemahan di windows tersebut adalah karena adanya Flaw MHTML (bug dan error di MHTML). Penyerang menggunakan Internet Explorer sebagai perantara untuk mengexploit vurnerability windows tersebut. Serangan tersebut bisa membuat si penyerang memperoleh data-data penting anda seperti password, username, dan user information lainnya; mencuri tampilan di browser yang sedang anda buka; serta bisa juga menjalankan script berbahaya lainnya melalui Internet Explorer.

Solusi paling sederhana yang bisa anda lakukan untuk menghindari serangan tersebut adalah dengan tidak menggunakan Internet Explorer sebagai browser utama anda saat berinternet, minimal hingga ada patch untuk vurnerability windows tersebut. Anda bisa beralih menggunakan Mozilla Firefox, Google Chrome, maupun Opera.

Solusi lainnya adalah dengan cara menginstall dan memeriksa komputer anda dengan Microsoft Fix it (Gratis) untuk memastikan komputer anda tidak mengalami serangan tersebut. Microsoft Fix it bisa anda dapatkan di link berikut ini:

http://go.microsoft.com/?linkid=9760419

Keterangan lebih lanjut mengenai Microsoft Fix it dan vurnerability windows tersebut bisa anda peroleh di situs berikut ini:

http://support.microsoft.com/kb/2501696

Dengan adanya serangan ini, anda patut was-was dan berhati-hati, terutama jika anda suka menggunakan Internet Explorer. Saran saya, untuk sementara..gunakan saja browser lainnya.


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

  • Maturnuwun Gan

  • Pingback: Lunascape : Browser All in One dengan Triple Engine dan Triple Add-on | Pusat Gratis()

  • fahmi

    kalau begito berarti kita jangan mengimpor data data dari Internet explorer dong mas..? kalau udah terlanjur di impor terus apa harus kita hapus mas data data yang tadi kita import. misal seperti bookmark.
    terimakasih.

    • @ fahmy : mengimpor bookmarks dll g membahayakan kog mas..karena yang dijadikan exploit adalah celah di IE nya sendiri.. :)

  • amir

    terima kasih infonya,sangat membantu.

  • Jam

    kang saya kopi yah infonya
    makasih….

  • tandy_tg

    saya u/ mencoba nya, kira2 apa yg dapat saya ketahui.
    makasih banyak mas.
    sucses selalu