Hari Ini Kiamat Internet? Ngapain Takut?!! Ini Faktanya!

Pasti temen2 sudah banyak yang tahu tentang issue kiamat internet yang akan terjadi hari ini. Banyak yang takut hal itu benar-benar terjadi dan benar-benar membuat dunia maya “berhenti berputar”. Terlepas dari fakta dan issue yang terus hangat beredar, PG akan memberikan sedikit penjelasan mengenai kiamat internet berdasarkan fakta yang berhasil PG kumpulkan.

 

Apa penyebab munculnya issue kiamat internet ini?

Issue kiamat internet ini muncul akibat adanya rencana FBI yang akan memaintenance dan membersihkan DNS server yang terinfeksi oleh malware DNSChanger. Menurut jadwal, DNS server yang terinfeksi akan dibersihkan pada 9 Juli 2012 waktu setempat. Selama proses pembersihan malware DNSChanger ini, komputer pengguna yang terinfeksi memang akan berpotensi kehilangan akses internet untuk sementara waktu. Tentu saja hingga proses restore setting DNS server yang terinfeksi tersebut selesai.

Sumber :

http://www.fbi.gov/news/stories/2011/november/malware_110911

 

Siapa yang akan terkena dampaknya?

Menurut penjelasan FBI, DNSChanger telah berhasil menginfeksi sekitar 4 juta komputer di lebih dari 100 negara. 500,000 infeksi terjadi di US.

 

Apakah saya terkena dampaknya?

Untuk mengetahui apakah kamu akan terkena dampak dari proses pembersihan DNS server ini, kamu cukup cek saja di halaman ini :

http://www.dns-ok.us/

ada juga situs pengecek DNS lainnya yang bisa kamu lihat daftarnya disini

http://www.dcwg.org/detect/

 

Hari Ini Kiamat Internet? Ngapain Takut?!! Ini Faktanya!

Jika di hasil pengecekan tersebut hasil DNS Resolution = GREEN, maka artinya kamu tidak akan terkena dampak proses pembersihan DNS server tersebut.

Artinya, kamu tetap bisa mengakses internet dengan lancar seperti biasanya tanpa terkena efek apapun.

 

Apa yang salah di issue kiamat internet?

Masalah penamaan event menjadi hal yang paling berpengaruh besar di issue ini. Sebenarnya, hal yang terjadi adalah pembersihan DNS server dari DNSChanger Malware dan restore setting DNS, tetapi karena banyak yang menyebutnya sebagai kiamat internet..akhirnya muncul banyak penafsiran yang terbilang “lebay”.

  • Banyak yang salah mengartikan bahwa hari ini dunia maya akan berhenti berputar, dalam artian akses internet akan mati total di seluruh dunia. Hal ini tidaklah benar karena tidak semua DNS Server terserang oleh DNSChanger malware. Hanya DNS yang terinfeksi saja yang akan dibersihkan dan direstore setting DNSnya.
  • Banyak yang salah mengartikan bahwa semua pengguna internet akan terkena dampak matinya akses internet ini. Hal ini tidaklah benar karena DNSChanger Malware tidak menginfeksi semua DNS server. FBI telah menjelaskan bahwa hanya 4 juta komputer yang kena dampak dari infeksi DNSChanger ini, dimana 500,000 korbannya diketahui berada di US.
  • Banyak yang salah mengartikan bahwa internet akan mati mulai hari ini hingga waktu yang amat sangat lama. Hal ini tidaklah benar, setelah proses cleaning dan restore DNS setting di DNS Server yang terinfeksi, tentunya akses internet akan berjalan normal kembali.

 

So..ngapain takut dengan kiamat internet??

Hari Ini Kiamat Internet? Ngapain Takut?!! Ini Faktanya!

Dengan fakta-fakta tersebut, sobat PG tidak perlu takut dengan adanya issue kiamat internet yang kini marak diberitakan. Apalagi jika komputer kamu terdeteksi GREEN setelah di cek menggunakan http://www.dns-ok.us/.

Fakta lainnya, FBI telah bekerja sama dengan lembaga non-profit Internet System Consortium untuk mengganti sementara DNS server yang terinfeksi untuk meminimalisir gangguan akses internet saat proses pembersihan DNS server dan restore DNS setting tengah berlangsung.

Semoga informasi ini bermanfaat dan bisa menenangkan sebagian pengguna internet Indonesia yang khawatir kiamat internet akan benar-benar terjadi. Selamat berinternet dengan tenang :D


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini