Evernote Dihack! Waspadalah!

Apakah kamu pengguna setia Evernote? Perusahaan penyimpan data cloud yang berfokus pada kemudahan membuat catatan secara online ini memang populer karena kemudahan yang mereka sediakan untuk menyimpan data berupa catatan, to do list, bahkan menyimpan data berupa bookmark berbagai website. PG bahkan pernah menulis tentang bagaimana cara memanfaatkan evernote dalam kehidupan sehari-hari yang mungkin belum pernah kamu pikirkan sebelumnya.

Evernote Dihack! Waspadalah!

PG juga adalah salah satu pengguna setia Evernote. Nah, pagi ini PG terkejut sekali ketika mendapati tampilan Evernote Desktop PG sebagai berikut:

Evernote Dihack! Waspadalah!

PG diminta memasukkan ulang password untuk melakukan sinkronisasi. Tapi begitu PG memasukkan password berulangkali, tetap ditolak. Dalam keterkejutan, PG segera mencari informasi dari website resmi Evernote.

Ternyata terlihat kabar mengejutkan yang menyatakan bahwa website Evernote telah dihack! Demikian pengumuman resminya:

On February 28th, the Evernote Operations & Security team became aware of unusual and potentially malicious activity on the Evernote service that warranted a deeper look. We discovered that a person or persons had gained access to usernames, email addresses and encrypted user passwords. In our ongoing analysis, we have found no evidence that there has been unauthorized access to the contents of any user account or to any payment information of Evernote Premium and Evernote Business customers.

(Pada tanggal 28 Februari, Tim Evernote Operations & Security menyadari adanya kemungkinan aktivitas mencurigakan di layanan Evernote yang memerlukan analisis lebih lanjut. Kami mendapati bahwa ada seseorang atau beberapa orang yang mendapatkan akses terhadap username, alamat email, dan password pengguna. Namun menurut analisis tingkat lanjut, kami tidak mendapati bukti-bukti adanya akses tak resmi terhadap akun pengguna maupun informasi akun pelanggan berbayar dari Evernote Premium serta Evernote Business).

Fakta ini menjadikan para pengguna Evernote menjadi resah. Akan tetapi kamu tidak perlu khawatir karena Evernote telah menyiapkan langkah pencegahan sebagaimana dikutip dalam Blog resmi Evernote berupa penambalan celah keamanan serta pemberlakuan reset password terhadap seluruh pengguna.

Jadi yang perlu kamu lakukan adalah:

1. Akses blog evernote di: http://evernote.com

2. Klik pada “Web Sign In”

3. Kamu akan mendapati tampilan reset password sebagai berikut:

Evernote Dihack! Waspadalah!

4. Masukkan alamat email dan password baru kamu, lalu konfirmasikan.

5. Buka Evernote Desktop kamu, klik bagian “Synchronization”

6. Isikan password baru kamu pada formulir yang disediakan.

Dengan melakukan langkah-langkah tersebut, maka permasalahan akan beres, dan selanjutnya kamu akan menggunakan password baru untuk akun Evernote kamu.

Untuk kamu yang menggunakan Evernote di Android dan iPhone, kamu tinggal Sign Out pada akun Evernote kamu, lalu Sign in kembali dengan menggunakan Password baru yang sudah kamu tentukan.

Jangan lupa untuk menggunakan password yang kuat agar tidak semudah itu akun kamu dibobol oleh hacker.

Kabar tentang dihacknya website Evernote ini memang perlu menjadi perhatian utama kamu, akan tetapi jangan sampai panik berlebihan karena dari pantauan PG, Evernote telah menerapkan langkah-langkah pencegahan yang cukup baik untuk mengatasi permasalahan ini.


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini