Phising Menurun tapi Kriminalitas Online Terus Meningkat

Di akhir tahun 2009 ini, internet semakin populer dan semakin marak. Bahkan di indonesia internet kini sudah semakin tersebar dan meluas ke hampir semua daerah di indonesia. Namun pada akhir tahun 2009 ini pula, kejahatan internet diketahui masih tetap tinggi. Bagi anda yang masih sedikit awam dengan dunia internet, sedikit berhati – hatilah karena banyak terjadi kriminalitas online. Di dunia internet, jangan mudah percaya dengan siapapun. Tidak ada salahnya untuk waspada dan menghindari hal – hal yang tidak diinginkan. Berdasarkan hasil fenomena penelitian dan laporan keamanan raksasa teknologi X-Force pada pertengahan tahun 2009, diperoleh bahwa ada peningkatan kriminalitas online hingga mencapai 508 persen. Peningkatan hingga mencapai 508 persen ini bukanlah nilai yang rendah.

Kriminalitas Online Meningkat

Kriminalitas Online Meningkat

Hal yang aneh di hasil penelitian ini adalah bahwa peningkatan kejahatan internet tersebut bukan karena semakin banyaknya situs yang berbahaya dan tidak terpercaya (untrusted site), tapi karena semakin banyaknya konten atau artikel yang berbahaya di situs yang sudah terpercaya (trusted site). Mulai dari search engine populer, blog, buletin board, website personal, hingga majalah online sekarang mulai berisi berbagai artikel dan isi yang patut diwaspadai.

Kita harus selektif dalam mengikuti berbagai macam program-program online yang seringkali muncul dalam bentuk iklan. Hal ini karena saat ini dunia internet semakin bebas, dan andalah yang harus memfilter secara aktif agar tidak terjebak oleh kriminalitas online.

Selain karena meningkatnya beberapa konten yang patut anda waspadai, kejahatan di internet juga semakin meningkat karena semakin banyaknya aplikasi web yang tidak aman. Saat ini sedang marak beberapa aplikasi web yang secara tersembunyi menyelipkan kode – kode berbahaya untuk mencuri dan memanipulasi data dari komputer yang terinfeksi.

Kejahatan dalam bentuk web phising sendiri telah menurun di pertengahan tahun 2009 ini. Hal ini dikarenakan banyak pelaku kriminal online dengan cara phising mulai mengganti berbagai metode penipuannya dengan berbagai metode baru. Tahun lalu Phising yang sempat mencapai titik 0,5 persen dari seluruh jumlah spam di internet, kini hanya mencapai 0,1% dari seluruh jumlah spam di internet.

Berikut ini Top 10 asal URL Phising
1. US: 17.1 persen
2. Romania: 14.3 persen
3. Cina: 13.8 persen
4. Korea Selatan: 13.2 persen
5. UK: 5.1 persen
6. Kanada: 5 persen
7. Rusia: 4 persen
8. Jepang: 3.4 persen
9. Singapore: 2.6 persen
10.Polandia: 2.1 persen

Dengan adanya laporan keamanan ini, maka tidak ada salahnya jika kita lebih selektif dan berhati – hati saat berinternet agar terhindar dari tindak penipuan online.


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini