Perang Dingin Developer Browser Internet semakin Panas

Siapapun pasti menginginkan bisa berinternet dengan cepat dan nyaman. Untuk bisa menikmatinya, ada beberapa faktor yang harus kita miliki. Selain koneksi internet yang mumpuni, maka diperlukan juga browser yang tepat. Untuk itu browser yang memiliki kecepatan tinggi pun selalu dikembangkan oleh berbagai vendor. Akhir tahun 2009 ini merupakan bulan – bulan persaingan yang berat bagi beberapa browser developer. Silih berganti mereka mengeluarkan versi terbaru dari browser unggulan mereka, menanamkan berbagai fitur baru dan kemampuan ekstra.

Perang Teknologi antar Browser semakin Panas

Perang Teknologi antar Browser semakin Panas

Sebagai contoh Mozilla yang mengeluarkan Firefox 3.5 yang dilengkapi dengan patch untuk peningkatan stabilitas dan keamanannya, Google yang mengeluarkan Google Chrome 3 dengan teknologi fast Javascript rendering dan Omnibox baru nya, Microsoft yang mengeluarkan Internet Explorer 8 dengan tingkat keamanannya yang tinggi, Opera juga tidak mau kalah dengan Browser Opera 10 yang dilengkapi dengan Turbo Speed nya. Bahkan salah satu pesaing berat Microsoft, Apple pun memiliki browser andalan untuk windows yaitu Safari 4 yang disebut – sebut sebagai browser tercepat saat ini.

Perang teknologi, desain dan fitur terus dikembangkan oleh developer browser tersebut untuk selalu meningkatkan kehebatan browsernya dan menambal kelemahannya, seolah tak mau kalah dengan browser karya developer pesaingnya.

Namun persaingan ini sedikit banyak selalu menguntungkan kita sebagai pengguna. Dengan perang teknologi yang ada dan terus berkembang, maka kita selalu disuguhi dengan browser berteknologi tinggi yang hampir semuanya bisa kita nikmati secara gratis. Saat para developer berperang teknologi dan berebut dominasi di dunia online, kita bisa mengambil keuntungan dan memilih browser mana yang paling tepat dengan kebutuhan kita.

Saya sendiri menggunakan browser Google Chrome sebagai favorit saya saat ini. Tapi beberapa fitur baru dari Opera 10 terutama fitur kompresi datanya yang bisa mencapai 80% sempat membuat saya ingin berpindah ke lain hati :p

Setiap browser memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri – sendiri. pada kesempatan berikutnya, akan saya bahas mengenai kelebihan dan kekurangan browser – browser ini secara lebih mendetail. Akan saya bandingkan secara frontal setiap teknologi dan fitur yang diusung oleh masing – masing browser yang ada. Perang browser baru saja akan dimulai..Stay Tune at PG to know who is The Winner :p


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

  • @ Suharto : makasih banget mas :) , memang benar, planning saya nantinya semua tutorial saya ini akan saya jadikan majalah.. Majalah tersebut akan saya simpan dalam bentuk pdf dan saya gratiskan agar bisa didownload semua orang.. :)
    Thanks banget dah berkunjung dan terima kasih banyak atas masukannya :)

  • Rony

    Mas bagi dong software crome nya?emang kelebihan dr software ini apa mas?saya msh newbie di PG..mksh..

  • Mas Dhani

    Tetep mozila yang terbaik.. sedangkan buat download aku pilih opera

    • @ Mas Dhani : sekarang untuk browsing – browsing saya masih sering pake chrome..tp kl koneksi pas lagi lemot..saya pake opera 10 dengan fitur turbo yang saya aktifkan..lumayan sedikit mempercepat loading page untuk koneksi saya yang kembang kempis T.T
      thanks mas dah mengunjungi PG :)

  • suharto

    sebenarnya yg paling baku untuk penggemar internet adalah perangkat PC yg handal serta provider/server yg selalu update dan canggih, pasti bokong panas dan mata pedihpun akan tetap setia didepan komputer..sayangnya para penggemar internet kurang paham mengenai hal tersebut..om eko puspo yg melek dibidang ini sangat membantu sekali kepada kami yg masih gaptek, oke saya tunggu lho ulasannya..
    Boleh ndak usul : gimana kalau pusatgratis dikembangkan menjadi semacam sebuah tabloid atau sejenisnya, sayang tuh materi ulasan yg bertumpuk-tumpuk tidak dimanfaatkan..mengenai manajemen dan biaya operasinal nanti bisa bicarakan lewat forum..atau om puspo yg jadi direksinya jg bisa..ayo siapa mau urun rembug