Sony : Prototype Wireless Power System Telah Sukses

Kemajuan teknologi yang begitu pesat menyebabkan semakin sedikitnya penggunaan kabel di dunia teknologi. Teknologi wireless ini berkembang dengan sangat pesat dan selalu ada produk baru yang mengaplikasikan teknologi wireless ini di setiap bidang teknologi. Sebagai contoh telepon kabel yang semakin tertinggal dengan munculnya handphone yang menggunakan jaringan sinyal dan tanpa kabel. Transfer data antar gadget kini bisa secara wireless melalui bluetooth. Koneksi internet wireless pun kini sudah banyak ditemui di negara kita. Dan masih ada begitu banyak produk teknologi yang mengaplikasikan wireless di fitur – fitur mereka.

Wireless Power System Dikembangkan Oleh Sony

Wireless Power System Dikembangkan Oleh Sony

Namun dari semua aplikasi teknologi wireless itu, ada satu hal dari kabel yang hampir tidak bisa ditinggalkan, yaitu kabel power. Semua suplai energi listrik di barang – barang teknologi masih menggunakan kabel sebagai perantaranya. Misalnya saja kabel power komputer, charger HP yang masih menggunakan kabel dsb.

Namun Kini Sony telah mengembangkan sebuah produk yang bisa mengirimkan suplai energi listrik melalui udara. Wireless power system ini memang saat ini masih dalam bentuk prototype dan masih dalam level pengembangan oleh Sony Corp. Namun disinyalir penemuan Wireless Power System ini akan menjadi babak baru dalam hal teknologi wireless di seluruh dunia.

Sony berhasil mengirimkan energi listrik melalui udara sebesar 100 volt dalam jarak 0,5 meter untuk menghidupkan sebuah televisi LCD 22 inch. Efisiensi listrik yang dikirimkan mencapai 80% dan saat ini terus dilakukan penelitian untuk meningkatkan efisiensi.

Bisa jadi beberapa tahun lagi, kita tidak perlu kabel power untuk menghidupkan televisi. laptop dan komputer..tidak perlu charger berkabel lagi untuk mengisi baterai handphone dan masih banyak lagi.

Namun disini perlu penelitian kembali mengenai dampaknya bagi manusia. Apakah energi listrik ratusan volt yang melalui udara tersebut berbahaya atau tidak bagi kesehatan manusia. Canggih dan praktis memang boleh, tapi aman dan sehat jauh lebih penting :)


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

  • bambang

    dengan teknologi WIRELES, coba lah bagi ilmu. dengan cara bagaimana agar dapat AKSES inernet bebas. sebeb RUMAH ku dipedalam

  • surya

    wow…….. bagus sekali… tapi memang benaar kalau kita harus mementingkan kesehatan dan lingkungan.
    soalnnya sekarang ini teknologi sangat maju tetapi tidaklah dibarengi dengan keseimbangan yang harmonis dengan lingkungan sekitar!! T O P dah…!!

  • Mas Dhani

    Satu kata… keren teknologi memudahkan manusia.