Tips: Menghemat Baterai Smartphone atau Tablet Android anda Melalui Layar Super-Redup

Seringkali orang-orang menggunakan tingkat pengaturan kecerahan otomatis (automatic brightness), sedangkan terkadang kita tidak puas dengan tingkat kecerahan yang ditawarkan oleh Android kita. Pengalaman saya, ketika listrik mati, dan keadaan gelap gulita, tingkat pencahayaan pada ponsel saya cukup menyengat mata. Nah, untuk itulah, kita memerlukan aplikasi yang bisa dengan cepat mengatur tingkat kecerahan cahaya ponsel dengan cepat dan praktis. Tentu saja dengan meredupkan layar ponsel atau Tablet anda, sekaligus anda akan menghemat pemakaian baterai untuk gadget tersebut. RootDim menawarkan fasilitas tersebut.

Menghemat Baterai Smartphone atau Tablet Android anda Melalui Layar Super-Redup

Apa itu RootDim?

RootDim adalah aplikasi gratisan yang memungkinkan anda untuk menambahkan tingkat kecerahan (brightness) hardware dari ponsel anda. Normalnya, aplikasi yang melakukan hal semacam ini sangat terbatas. Aplikasi semacam ini biasanya hanya memberikan semacam pelapis kelabu yang menutup layar untuk menjadikannya lebih gelap. RootDim menggunakan kontrol tingkat hardware untuk mengatur backlight anda, menghemat energi dan menjadikannya layar redup berkualitas tinggi.

Menghemat Baterai Smartphone atau Tablet Android anda Melalui Layar Super-Redup

Bagaimana caranya menggunakan RootDim?

RootDim sangat mudah digunakan. Untuk menggunakannya, anda dapat menggunakan aplikasi ini secara langsung atau built-in widget yang ia miliki.

Menggunakan aplikasi ini sangatlah mudah. Anda pasti akan menyadari, bahwa setelah membukanya, akan tampak slider yang mengatur kecerahan pada bagian atas. Ini adalah cara utama untuk mengendalikan tingkat brightness pada Android anda. Alternatifnya, anda dapat menggunakan tombol persentase untuk meredupkan layar. 100% adalah tingkat kecerahan maksimal, yang mana sangat terang. Tingkat minimum cukup gelap – tapi cukup bisa dibaca – bila anda menggunakan standar ponsel Android saya.

Terdapat lima preset (pengaturan cepat) pada bagian bawah. Ini memungkinkan anda dengan cepat mengganti ke tingkat kecerahan yang anda inginkan – misalnya, angka empat bagus untuk membaca di tempat gelap. Anda bisa men-set pengaturan ini dengan menyentuhnya agak lama pada tingkat kecerahan tertentu. Preset ini juga bisa mengatur widget, yang mana merupakan cara lain untuk mengontrol aplikasi ini.

Catatan: Jika tingkat kecerahan di ponsel anda terlalu rendah, anda bisa menggunakan tombol volume untuk menambah / mengurangi tingkat kecerahan dengan menggunakan RootDim

Widget

Bila anda sudah memiliki widget, maka ini akan lebih baik. Dengan melakukan tap, anda bisa mengubah kecerahan sesuai mode malam, mode luar ruangan, atau mode dalam ruangan.

Kesimpulan

RootDim adalah aplikasi luar biasa (lagi pula gratis!) yang akan menjadikan anda lebih menikmati layar ponsel anda. Meskipun kekurangan fasilitas setting kecerahan otomatis, yang mungkin akan mengganggu pada awalnya, kontrol yang bagus, yang ditawarkan RootDim memungkinkan anda untuk mengendalikannya, dan anda akan segera terbiasa menggunakannya.

[Catatan: Program Root diperlukan disini]

Anda dapat memperoleh RootDim secara gratis di:

https://play.google.com/store/apps/details?id=mobi.pruss.superdim&hl=en


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

  • satria

    apakah ini benar bisa menghemat baterai..???