Tasks – To Do List Praktis untuk Gadget Android

Apapun profesi anda, agar dapat bekerja secara efektif dan dapat menata prioritas tugas yang harus dilaksanakan, penting untuk memiliki semacam agenda atau daftar yang mengingatkan anda mengenai janji atau pekerjaan yang harus anda lakukan. Di ponsel, anda akan sangat terbantu bila menggunakan fasilitas reminder, note, atau aplikasi To Do List. Salah satu dari aplikasi To Do List yang cocok bagi Android anda adalah: Tasks.

Apa yang menjadikan Tasks berbeda dengan aplikasi To Do List lainnya? Tasks adalah klien dari Google Tasks, dengan kata lain, Tasks tersinkronisasi penuh dengan Google Tasks; anda bahkan bisa tidak akan menggunakan Tasks bila anda tidak menggunakan Google Tasks.

Tasks – To Do List Praktis untuk Android Anda

Hal pertama yang perlu anda lakukan ketika menjalankan Tasks adalah memilih bagaimana akun Google Tasks anda disinkronisasikan dengan Tasks. Bila anda sudah memilih akun, anda dapat mengatur Tasks seperti halnya anda menggunakan Google Tasks dengan browser pada PC anda. Anda bisa menambahkan, menghapus, dan mengedit tiap tugas yang anda tulis; bahkan tiap tugas memiliki judul, tanggal, dan deskripsi; anda juga bisa menciptakan daftar tugas (misalnya ‘Work List’) yang berisi beberapa macam tugas.

Karena Tasks tersinkronisasi dengan Google Tasks, perubahan apapun yang anda lakukan terhadap Tasks akan mempengaruhi akun Google Tasks anda. Jika anda adalah pengguna widget, Tasks menggunakan widget 2×2 yang dapat anda gunakan. Tasks juga merupakan mengintegrasikan tenggat waktu, pengingat, dan kemampuan mensinkronisasi dengan berbagai akun Google yang berbeda (anda tidak perlu hanya menggunakan satu).

Untuk lebih jelasnya, anda dapat menyaksikan video tentang Tasks berikut:

Aplikasi ini sebenarnya dapat diperoleh secara gratis, akan tetapi anda dapat memperoleh beberapa fasilitas tambahan bila menggunakan versi berbayar.

Berikut ini spesifikasi Tasks:

Versi terbaru: v1.2.5
Persyaratan: Android 2.2 ke atas
Ukuran Download: 1.5 MB
Download Tasks di Google Play:

https://play.google.com/store/apps/details?id=ch.teamtasks.tasks

Setelah saya mencoba menggunakannya, saya mendapati satu kelemahan kecil dari Tasks adalah tidak bisa memberikan peringatan berulang untuk suatu tugas rutin. Misalnya, anda harus menjemput pacar (atau selingkuhan – ups ;p) anda kuliah tiap pukul satu siang … Ehm… Tasks tidak memiliki reminder harian semacam itu. Fasilitas yang diberikan juga menurut saya cukup standar. Andalan Tasks hanya sinkronisasi dengan Google Tasks yang jelas akan lebih mudah membantu anda mengorganisir seluruh kegiatan anda.

Silahkan berbagi pengalaman anda menggunakan Tasks di kolom komentar berikut ini.


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini