Penasaran dengan Sistem Operasi Mobile Buatan Mozilla? Dicoba Aja Yuk!

Seperti yang ramai dikabarkan akhir-akhir ini, Mozilla berupaya menyaingi iOS dan Android dengan meluncurkan OS sendiri. Mozilla memang dikenal sebagai produsen salah satu browser terlaris sepanjang masa, karena itu, menarik untuk menyimak kiprah Mozilla dalam proyek OS dan upaya menyaingi iOS dan Android ini. OS dari Mozilla disebut sebagai Boot To Gecko, dan kini bisa dicoba di komputer kamu untuk kamu yang ingin merasakan bagaimana kira-kira ponsel berplatform Firefox

Jika kamu menggunakan Windows, Mac OS X, atau Linux kamu bisa langsung menuju website FTP Mozilla untuk mendownload versi nightly builds dari OS Firefox. Ini semacam versi pra-beta untuk OS tersebut, jadi jangan berharap sebuah produk jadi, bahkan kamu bisa jadi mendapati banyak bug dan crash. Tapi untuk kamu yang hobi mengutak-atik program, ini pasti menyenangkan. Bahkan kamu bisa menyumbangkan saran (feedback) untuk menyempurnakan OS ini. Oya, ingat bahwa OS Firefox ini untuk perangkat mobile, jadi memang kurang “berasa” kalau digunakan di komputer tradisional yang tidak memiliki layar sentuh.

Penasaran dengan OS Firefox Mobile? Dicoba Aja Yuk!

Untuk versi Linux, Mozilla menyediakan source tars yang bisa kamu olah sendiri; sedang untuk Windows dan Mac OS, ini sudah dikemas dalam file yang bisa langsung digunakan (executable). Meskipun versi Windows dan Mac OS X memiliki paket yang rapi, kamu masih perlu mengkonfigurasi hal-hal yang perlu kamu lakukan sebelum kamu mendapatkan OS Firefox. Instruksi untuk melakukan setup OS Firefox di Windows, Mac OS X, atau Linux bisa ditemukan di halaman Mozilla’s Gaia/Hacking page dan Mozilla B2G hacking Page.

Kamu bisa mendownload OS Firefox nightly builds dari link berikut:

Firefox OS nightly build FTP repository
http://ftp.mozilla.org/pub/mozilla.org/b2g/nightly/latest-mozilla-central/

Direct download – Windows installer v17.0a1
http://ftp.mozilla.org/pub/mozilla.org/b2g/nightly/latest-mozilla-central/b2g-17.0a1.en-US.win32.zip

Direct download – Mac OS X installer v17.0a1
http://ftp.mozilla.org/pub/mozilla.org/b2g/nightly/latest-mozilla-central/b2g-17.0a1.en-US.mac64.dmg

Direct download – Linux v17.0a1
http://ftp.mozilla.org/pub/mozilla.org/b2g/nightly/latest-mozilla-central/b2g-17.0a1.en-US.linux-i686.tar.bz2

Bagaimana komentar kamu tentang langkah berani Mozilla ini? Bila kamu sudah mencobanya, silahkan berbagi pengalaman di kolom komentar berikut.


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

  • lebih mirip ke android ya?