Opera Mini 6 dan Opera Mobile 11 Telah Dirilis, apa bedanya?

Opera, salah satu vendor browser yang sangat populer dikalangan pengguna mobile device telah merilis versi mobile browsernya yang terbaru yaitu Opera Mini 6 dan Opera Mobile 11. Browser gratis ini tentu saja akan menjadi primadona baru di kalangan pengguna handphone, smartphone maupun tablet. Pada posting saya kali ini saya akan berfokus mengenai fitur dan perbedaan antara Opera Mini 6 dan Opera Mobile 11. Penasaran? Baca terus artikel ini!

Opera Mini 6 dan Opera Mobile 11 Telah Dirilis, apa bedanya?

Sebenarnya fungsi dari kedua jenis browser Opera Mobile tersebut itu sama yaitu sebagai browser yang memudahkan anda untuk browsing di internet melalui device mobile ada. Bahkan secara fitur kedua versi mobile browser Opera tersebut juga hampir sama, perbedaannya hanya ada di beberapa titik berikut ini:

1. Opera Mini 6 bisa diinstall di hampir semua jenis mobile phone yang mendukung java, android, Symbian/S60, Blackberry, iPhone, maupun Windows mobile. Sedangkan Opera Mobile 11 HANYA bisa digunakan di smartphone yang menggunakan sistem operasi Android, Symbian/S60, Windows Mobile, Maemo dan Meego

2. Opera Mini 6 secara default menggunakan fitur Opera Compression Technology yang akan mengcompress data sebelum ditampilkan di mobile phone anda sehingga web yang anda kunjungi akan tampil dengan lebih cepat dan anda akan menjadi hemat biaya. Sedangkan untuk Opera Mobile 11, lebih mengutamakan kualitas dan tidak menggunakan compression technology sehingga akses web menjadi lebih lama dan menghabiskan banyak bandwidth namun memiliki kualitas tampilan yang sempurna.

3. Opera Mini 6 sangat cocok anda gunakan jika anda menggunakan tarif per kb sedangkan Opera Mobile 11 cocok anda gunakan jika menggunakan paket internet unlimited atau saat browsing menggunakan Wi-Fi.

4. Opera Mini 6 menggunakan rendering di server opera sedangkan Opera Mobile 11 menggunakan rendering di internal hardware mobile phone anda. Ini membuat proses browsing lebih aman dan private.

5. Opera Mini 6 tidak mendukung HTML5 sedangkan Opera Mobile 11 sudah bisa mengakses situs dengan teknologi HTML5.

6. Bagi anda pengguna Android, Opera Mobile 11 sudah mendukung Adobe Flash sedangkan Opera Mini 6 belum.

7. Di dalam user interfacenya Opera Mini 6 hanya mendukung 40 bahasa sedangkan Opera Mobile 11 mendukung 96 bahasa.

8. Ukuran file Opera Mini 6 hanyalah 933kb (hampir 1MB) sedangkan ukuran file Opera Mobile 11 adalah 6874kb (hampir 7MB)

9. Secara kualitas hasil dan tampilan, Opera Mobile 11 jauh unggul diatas Opera Mini 6. Browsing website dengan Opera Mobile 11 memungkinkan anda untuk melakukan zooming tanpa merusak tampilan (teks, gambar, foto, dsb) sedangkan tampilan website yang dibuka dengan Opera Mini 6 jika di zoom sering mengalami kerusakan. Opsi zoomingnya pun lebih fleksibel Opera Mobile 11 daripada Opera Mini 6.

Manakah Versi Opera Mobile browser yang tepat buat anda?

Jika anda bingung ingin menggunakan mobile browser opera yang mana untuk mobile phone anda, saya akan membantu anda menentukannya!

1. Jika anda menggunakan paket internet Unlimited atau anda sedang browsing dari Wifi : Gunakan Opera Mobile 11!

2. Jika anda menggunakan paket tarif per kb : Gunakan Opera Mini 6!

3. Jika anda ingin berinternet dengan cepat dan murah tanpa begitu mempedulikan kualitas tampilan : Gunakan Opera Mini 6!

4. Jika memory di mobile phone anda kecil : Gunakan Opera Mini 6 karena opera mobile 11 lebih berat daripada opera mini 6!

5. Jika anda lebih condong menginginkan privacy dan security yang lebih tinggi : Gunakan Opera Mobile 11 karena proses rendering terjadi secara private di Mobile device anda!

Untuk mendownload Opera Mini 6 maupun Opera Mobile 11, silahkan kunjungi situs berikut ini langsung dari browser internal Mobile Phone anda:

m.opera.com

Anda juga bisa mendownload Opera Mini 6 maupun Opera Mobile 11 melalui PC anda di link berikut ini:

http://www.opera.com/mobile/download/pc/

Sudahkah anda bisa menentukan Opera Mini 6 atau Opera Mobile 11 yang akan anda gunakan di mobile phone anda? Semoga tips ini bermanfaat!


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

  • Tampilan Web Situsnya bagus.. cuma kenapa pusatgratis.com tidak ada tampilan mobilenya yach..dibuka lewat Opmin Lemotnya.. Sekedar saran, bikin versi mobilenya dunk, misalnya m.pusatgratis.com biar user friendly gt klo diakses via mobile…

  • Tampilan Web Situsnya bagus.. cuma kenapa pusatgratis.com tidak ada tampilan mobilenya yach..dibuka lewat Opmin Lemotnya.. Sekedar saran, bikin versi mobilenya dunk, misalnya m.pusatgratis.com biar user friendly gt klo diakses via mobile…

  • Pingback: ÔÇťOpera Mini 6 dan Opera Mobile 11 Telah Dirilis « tertaganda1234()

  • klau bwat broser kpda kompi enknya pke pa gan yng mnghemat bandwitch??

  • Sangat bermanfaat :D
    saya pilih opera 6!

  • Pingback: Apa Saja yang Baru di Opera Mini 6 dan Opera Mobile 11? | Pusat Gratis()