OpenSignal: Memudahkan Koneksi Android via Wi-Fi

Internet kini merupakan layanan yang hampir digunakan oleh setiap orang, baik itu dengan LAN maupun jaringan Wi-Fi. Dengan perkembangan teknologi yang begitu pesat, membuat internet sekarang tidak hanya bisa di nikmati untuk komputer dan laptop saja, melainkan pengguna smartphone pun dapat mudah menjelajah dunia internet.

Tingkatkan Penggunaan Paket Data dan Wifi Android dengan OpenSignal

Bagi kamu pengguna smartphone Android, pasti pernah khan mengakses internet menggunakan jaringan Wi-Fi? Ada banyak kelebihan saat berinternet menggunakan Wi-Fi. Selain tidak perlu lagi mengaktifkan paket data, jaringan Wi-fi biasanya tersedia secara gratis dan banyak di jumpai di tempat-tempat umum.

Namun tidak semua perangkat Android mampu menangkap sinyal Wi-Fi yang rendah, mungkin karena lokasinya yang terlalu jauh. Nah..Untuk itu PG menyarankan kamu untuk menggunakan OpenSignal. Sesuai dengan namanya OpenSignal merupakan aplikasi gratis yang akan membantu kamu untuk meningkatkan kinerja Android agar bisa terus terhubung dengan jaringan Wifi, meskipun sinyal terdeteksi sangat rendah.

Aplikasi OpenSignal ini dirilis dalam versi 2.0, telah dilengkapi dengan banyak perbaikan dan perangkat tambahan, sehingga mampu bekerja di semua perangkat Android. Setelah kamu menginstall dan menjalankan OpenSignal, akan melihat banyak tab panel yang terdapat di dalamnya.

Panel Dashboard berfungsi untuk melakukan penggaturan terkait pencarian signal dari Cells dan Wi-Fi, yang bisa kamu tampilkan berbentuk list maupun map, namun terlebih dahulu kamu harus meng-aktifkan GPS. Mendeteksi keberadaan sinyal, memperbaharui sinyal agar terjangkau, mengaktifkan tombol untuk pencarian sinyal dan merubah tampilan di menu Advanced.

Tingkatkan Penggunaan Paket Data dan Wifi Android dengan OpenSignal Tingkatkan Penggunaan Paket Data dan Wifi Android dengan OpenSignal

 

Panel Test, bisa kamu pergunakan untuk mengukur kecepatan dari internet yang kamu gunakan di perangkat Android. Tidak hanya sinyal Wi-Fi, paket data pun bisa kamu uji di sini. Panel Test akan menampilkan hasil kecepatan dari Ping, Download dan Upload. Memungkinkan juga kamu untuk melihat semua kegiatan yang pernah dilakukan di menu History.

Tingkatkan Penggunaan Paket Data dan Wifi Android dengan OpenSignal

 

Di panel Stats, akan diperlihatkan semua aktifitas yang di sajikan dalam bentuk diagram lingkaran. Terkait dengan penggunaan data, waktu (menit), sms, kekuatan sinyal, waktu saat tidak terkoneksi dan sejarah kekuatan sinyal.

Tingkatkan Penggunaan Paket Data dan Wifi Android dengan OpenSignal

 

Nah..Untuk panel Coverage ini berbeda dengan lainnya, karena menu ini bisa kamu gunakan untuk menemukan sinyal dari paket data dan operator seluler, yang tersaji dalam peta, tapi jangan lupa untuk mengaktifkan GPS. Menentukan jenis operator ( xl, telkomsel, axis, indosat, three dan kesemuanya). Data akan menampilkan jangkuan sinyal (2G, 3G dan 4G), serta menunjukkan operator mana yang mampu menangkap sinyal paling bagus dengan tanda bintang.

Tingkatkan Penggunaan Paket Data dan Wifi Android dengan OpenSignal

 

Untuk lebih jelasnya bisa kamu saksikan video berikut ini:

Berikut fitur dari OpenSignal:

  • Menampilkan peta Wi-Fi di daerah sekitar kamu
  • Menunjukkan arah sinyal
  • Memberikan informasi grafik penggunaan data, menit dan sms (fitur sms ini memerlukan ijin untuk mengakses kontak dan sms)
  • Peta radar yang dilihat dari menara
  • Kekuatan sinyal yang lebih rinci
  • Menyimpan data ke SD Card
  • Mempermudah dengan adanya Widget
  • Menyimpan jalur akses Wi-Fi
  • Pemberitahuan untuk memandakan jika sinyal mulai hilang (deadzone)
  • Memberikan informasi penggunaan (history)

Download OpenSignal di:

https://play.google.com/store/apps/details?id=com.staircase3.opensignal

 

Bagaimana, keren kan? Dengan menggunakan OpenSignal sekarang kamu lebih mudah untuk meningkatkan kinerja dari penggunaan internet. Fitur yang menarik adalah memungkinkan kamu untuk mencari dan menghubungkan ke jaringan Wi-Fi meskipun sinyalnya cukup rendah.


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini