Melacak Statistik Aplikasi Android dengan Google Analytics for Android

Apakah kamu developer aplikasi tertentu di Android, ataukah sedang belajar menjadi developer? Atau apakah mungkin juga kamu tengah meneliti statistik sebuah aplikasi tertentu, mengingat Android merupakan bahan penelitian yang menarik yang mudah untuk diakses?

Kini kamu bisa mencoba aplikasi yang baru saja masuk ke Google Play Store ini, Google Analytics for Android. Sebelum masuk ke Android (seperti halnya Chrome dan Firefox kemarin), Google Analytics adalah salah satu tool terbaik bagi pengiklan, developer, juga webmaster untuk menganalisis aktivitas user guna memberikan konten yang lebih baik serta layanan jasa bagi pengguna, serta memberikan data statistik untuk produk dan jasa.

Sebagaimana yang telah diminta oleh banyak developer, Google kini mengumumkan “aplikasi analisis untuk perangkat mobile” bagi smartphone dan tablet yang menjalankan OS Android. Ini berarti para developer kini bisa memanfaatkan alat dan layanan jasa analisis untuk melacak statistik penggunaan data aplikasi, seperti misalnya download, data geografis, dan sebagianya.

Melacak Statistik Aplikasi Android dengan Google Analytics for Android

Sebagai tambahan untuk fitur statistik aplikasi baru ini, Google Analytics telah merilis aplikasi Android yang memungkinkan user untuk mengakses akun analitik yang dimiliki lewat perangkat Androidnya. Aplikasi ini memungkinkan akses ke website dan alat analisis – apapun akun yang kamu miliki. Meskipun aplikasi android untuk Google Analytics tidak sepenuhnya menampilkan fitur dari website Google Analytics, ini masih sangat bermanfaat untuk informasi cepat.

Aplikasi Analytics untuk perangkat mobile tersebut saat ini masih dalam versi beta, sebagaimana yang ditulis pada laporan blog Google Analytics. Aplikasi ini kini memungkinkan pengguna untuk melacak akuisisi dan matriks user seperti misalnya jumlah download, jumlah pengguna baru, dan sebagainya. Ini juga memungkinkan seseorang menyimpan catatan tentang crash program dan perubahan.

Detil penjualan aplikasi dan pembelian aplikasi juga akan tersedia bagi pengguna. Aplikasi ini akan memberikan informasi secara real time untuk sebagian besar halaman populer dari website kamu (penyaringan popularitas untuk aplikasi tertentu), jumlah pengunjung, dan data bermanfaat lainnya.

Kamu bisa mendapatkan Google Analytics di:

https://play.google.com/store/apps/details?hl=en&id=com.google.android.apps.giant

Selamat menikmati fasilitas Google Analytics untuk kepentingan penelitian kamu.


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini