Kekalahan Samsung = Akhir dari Masa Kejayaan Android?

Dalam perang paten antara Apple dan Samsung beberapa waktu yang lalu, Samsung akhirnya dinyatakan kalah dan melanggar paten milik Apple. Untuk itu Samsung harus membayar lebih dari 1 Milyar Dolar US kepada Apple. Kekalahan Samsung sebagai manufaktur terbesar smartphone dan tablet bersistem operasi Android ini memunculkan beberapa spekulasi: Akankah ini menjadi titik berakhirnya kejayaan Android?

Kekalahan Samsung = Akhir dari Masa Kejayaan Android?

Android memang berkembang dengan sangat pesat dalam beberapa tahun terakhir. Bahkan Android sudah menjadi platform smartphone yang paling banyak digunakan sejak akhir 2010. Namun Apple mengklaim bahwa produk Samsung, termasuk beberapa fitur yang ada di dalam Android tersebut, telah melanggar beberapa paten milik Apple.

Sempat “perang paten” dalam waktu yang cukup lama, akhirnya Apple dinyatakan sebagai pemenang dan Samsung harus membayar lebih dari 1 Milyar Dolar US..jumlah yang cukup fantastis..bahkan bagi perusahaan besar seperti Samsung sekalipun!

Terus apa pengaruhnya kemenangan Apple tersebut bagi sistem operasi Android?

Berikut ini adalah analisa PG terkait dengan masa depan Android:

Munculnya Efek Domino

Ya..kemenangan Apple atas Samsung akan semakin menambah kepercayaan diri Apple. Ada kemungkinan mereka akan mengejar lagi paten mereka untuk device Android lainnya, semisal HTC, LG, dll.

Ini bisa menjadi momen dimana Apple akan terus merebut kembali pasar iOS yang sempat dikuasai oleh Android. Sepertinya Apple tidak akan berhenti untuk ‘menghancurkan’ sistem operasi saingannya itu.

Harga gadget Android Meningkat

Ada dua pilihan yang harus dilakukan oleh manufaktur smartphone Android, pertama membayar lisensi ke Apple untuk setiap device yang laku..dan kedua mereka melakukan riset untuk mencari alternatif setiap fitur yang dipatenkan Apple. Kedua hal ini sama-sama berpotensi untuk menaikkan harga gadget Android. Jika gadget Android menjadi semakin mahal..bukan tidak mungkin peminatnya akan turun, bukan?

Pergantian Platform

Jika pihak manufaktur tidak mau mengambil resiko dengan menaikkan harga, ada kemungkinan mereka akan beralih dari Android ke sistem operasi mobile lainnya. Meebo, Bada OS, atau Windows Phone bisa menjadi pilihan. Mungkin Juga ini bisa menjadi momen kebangkitan RIM dengan Blackberry OSnya? Setiap kemungkinan bisa terjadi.

Ketiga hal diatas memberikan dampak yang tidak menguntungkan bagi Android. Bahkan hal tersebut bisa menyulitkan perkembangan Android yang sempat naik dengan pesatnya.

Salah satu jagoan yang bisa diandalkan untuk menjadi penyelamat Android adalah Google. Langkah Google membeli Motorolla pada Desember 2011 lalu juga dianggap sebagai langkah untuk melindungi Android karena Motorolla memiliki lebih dari 17000 paten.

Jika sang raksasa internet tersebut mampu ‘menyelamatkan’ Android dari masalah paten ini, mungkin Android masih bisa bertahan dan berkembang. Tetapi jika tidak, ada peluang bahwa kita akan kehilangan teman kecil berwarna hijau tersebut. Hmm..semoga saja tidak >,<

Bagaimana menurutmu tentang masa depan Android pasca kemenangan Apple ini?

12 thoughts on “Kekalahan Samsung = Akhir dari Masa Kejayaan Android?

  1. Apple emang sadis… baru menang gugatan aja, saham apple langsung melonjak tinggi… kayanya emang kejatuhan android menunggu waktu :D sayang padahal open source di bandingkan apple…

  2. murka :D itulah manusia :D
    bukan hanya samsung yang make Android :D
    bahkan Gadget lain juga hayooo :P malah ada OS yang bener2 sama pengoperasiannya dan tampilan kayak Apple, bahkan kalau di amat2i lagi Android sama iOS lebih bermutu Android karena support dengan banyak Aplikasi dan software kalau iOS kalau mau ini itu segala galanya musti beli :D

  3. Gawat nih bagi pengguna Android, Semoga google dan semua pengembangnya bisa menyelamatkan si unyu berwarna hijau ini

  4. susah kalo lawan ios mah semua juga bakal kena… soalnya yg di masalahin tuh paten desain apple yang pertama dan pelopor bentuk smartphone kaya sekarang… semua smartphone sekarang kan cuma ikut2an niru bentuk iphone..

  5. kenapa samsung yang kena getahnya yg cuma menyediakan hardware….bukan langsung menyerang google yg menyediakan peranti lunaknya.apa apple takut sama google ?

  6. menurut sumber yg aku dapat, Androit memang kodenya berasal dari otak jenius Steven Jobs. tapi emang benar, kita ga tahu akan jadi apanya nanti androit.satu satunya penyelamat adalah Google

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *