iOS 6 tengah dalam Proses Penyempurnaan – Versi Beta telah Tersedia bagi Developer!

September tahun lalu, iOS 5 telah diluncurkan dengan penyempurnaan pada fitur Siri. Tahun ini, Apple berjanji untuk meluncurkan iOS 6. Kelebihan iOS 6 digembar-gemborkan telah sesuai dengan semua harapan para penggemar Apple.

Pada even WWDC 2012 yang baru saja berlangsung, Apple meluncurkan MacBook Pro terbaru dan juga meluncurkan iOS 6 versi Beta bagi developer. Bila anda penasaran apa saja fitur yang dapat dimiliki oleh iPhone, iPad dan iPod touch anda dengan adanya iOS 6, maka anda dapat terus membaca artikel ini.

iOS 6 Beta

Sebelum kita melanjutkan pembahasan, perlu diketahui terlebih dulu gadget Apple yang support iOS 6, yaitu:

  • iPhone 3GS
  • iPhone 4
  • iPhone 4S
  • iPad 2
  • New iPad (iPad 3)
  • iPod touch (4th Gen)

Hal yang mengejutkan disini adalah iPad orisinil telah diabaikan, sementara iPhone 3GS beruntung untuk mendapatkan upgrade iOS!

 

Nah, berikutnya kita akan membahas perkembangan fitur iOS 6 yang baru saja diumumkan.

  • Pengembangan Siri: Bila Siri versi iOS 5 mirip seperti suatu permainan, maka iOS 6 telah menjadikannya asisten pribadi di setiap kata. Siri kini mendukung fitur olah raga dan anda dapat memintanya untuk memberikan informasi tentang olah raga apapun, atau bahkan skor pertandingan bola, basket, dan baseball. Pengguna di lebih dari 60 negara kini dapat meminta Siri memberikan saran akan tempat tertentu (fitur yang sampai sekarang tidak tersedia di luar AS), dan saran itu sendiri telah ditingkatkan. Restoran dan tempat makan lain yang disebutkan Siri kini lebih detil dan diintegrasikan dengan Yelp. Beberapa pengembangan telah diberikan untuk saran tentang film untuk ditonton, dan anda akan mendapatkan review dari situs kritik ternama Rotten Tomato tentang berbagai film sebelum memutuskan untuk menontonnya. Siri kini dapat meluncurkan aplikasi dan fitur baru bernama Eye Free yang akan menambahkan tombol Siri pada beberapa jenis mobil tertentu, jadi anda dapat bercakap-cakap dengan Siri sembari mengendara mobil. Berita lainnya, Siri kini dapat digunakan di iPad terbaru! Yup, hanya iPad terbaru, jadi iPad 2 ke belakang tidak akan mendapatkannya.
  • Integrasi Facebook: Integrasi Facebook di iOS 6 hampir serupa dengan integrasi Twitter iOS 5, dengan satu pengembangan besar. Selain berbagi foto, tautan web, dan lokasi, anda dapat meng-klik like untuk aplikasi di App Store atau iTunes sehingga teman-teman anda akan memperhatikan aplikasi tersebut dan mencoba aplikasi tersebut. Tentu saja sinkronisasi kontak juga telah tersedia.
  • Phone app: Beberapa perubahan telah dilakukan pada aplikasi telepon (iPhone tetaplah sebuah alat komunikasi, bukan?). terimakasih kepada pengguna iOS 6, yang dapat menyaring panggilan (fitur yang cukup cerdas untuk membiarkan sebuah telepon masuk bila sang penelepon ngotot, seperti misalnya situasi gawat darurat). Anda juga dapat men-setting nomor telepon dan Apple ID pada iPad (atau Mac) untuk mnerima telepon dan pesan, dan bukannya pada iPhone. Di luar itu, Apple menyertakan beberapa fitur bermanfaat (yang nampaknya dipinjam dari Android), seperti menolak telepon dengan sms, atau mengatakan pada telepon anda agar mengingatkan anda untuk menelepon balik. Pengingat telepon balik ini dapat mengingatkan bahwa anda berada dalam lokasi khusus yang menghambat sinyal, sehingga telepon anda akan memberi isyarat kepada anda untuk meninggalkan lokasi tersebut! Nah, ini baru cerdas!
  • FaceTime: Bekerja pada semua ponsel! FaceTime memiliki koneksi 3G (atau 4G). Pada versi iOS dan FaceTime sebelumnya, aplikasi ini hanya bekerja pada koneksi WiFi dari rumah. Forstall,salah seorang pejabat Apple menyatakan bahwa FaceTime dapat bekerja dengan iCloud sehingga anda akan bisa menjawab dari iPad atau Mac anda. FaceTime juga menyertakan fitur privasi seperti “jangan ganggu” (Do not disturb) dan “Jawab dengan pesan” (Reply with Message) yang memungkinkan jawaban lewat pesan teks.
  • Do Not Disturb: mematikan semua peringatan dan notifikasi
  • Berbagi Photo Streams: Tanpa harus bergantung pada jejaring sosial, pengguna dapat berbagi foto dengan siapa saja secara real time hanya dengan mengkhususkan Apple ID mereka.
  • Safari: web browser iOS 6 ini support mode full screen! Selain itu anda bisa menyimpan apa saja untuk ditampilkan secara offline pada daftar Read It Later milik browser tersebut. Tab yang terbuka pada Desktop Safari dapat disinkronisasikan dengan iCloud, memungkinkan untuk membawa desktop Safari anda kemana saja dengan iPhone anda.
  • VIPs: Tidak semua kontak anda diperlakukan sama pada iOS 6. Anda dapat memilih beberapa orang untuk perlakuan VIP. Sms dan email akan diberikan efek highlight pada lockscreen anda, dan anda dapat memisahkan inbox pada aplikasi stock Mail untuk fasilitas ini. Semua sms (bukan hanya VIP) sekarang juga bisa menggunakan pull to refresh.
  • Passbook: Aplikasi berbasis QR ini akan memungkinkan pengguna menyimpan semua data pribadi dan kartu dalam dompet virtual. Aplikasi ini secara otomatis akan menyajikan kode QR untuk tiket film, pesawan, dan berbagai kartu keanggotaan lainnya dan anda Cuma perlu menggunakan iPhone anda untuk menggunakan fasilitas ini di dunia nyata. Tentu saja manfaatnya ditentukan oleh seberapa banyak layanan yang bisa mendukungnya, meskipun memang aplikasi ini cukup asyik!
  • Maps: Apple telah membawa peta virtual ke tingkat berikutnya. Aplikasi ini telah diintegrasikan dengan Siri dan mendukung pencarian lokal secara detil. Fitur yang terbaik adalah mode 3D yang ditambahkan pada peta yang tersedia. Anda bisa menyaksikan tempat dan gedung-gedung secara 3D dan aplikasi ini cukup cerdas untuk berganti tipe pada tingkat zooming. Ada juga fitur navigasi GPS, laporan lalu lintas serta integrasi Yelp. Anda bisa menanyakan Siri tentang lokasi dan bahkan rute perencanaan. Seperti halnya tempat yang disarankan pada Siri, Maps telah diintegrasikan dengan Siri. Masih banyak lagi pengembangannya, tapi anda harus menyaksikannya secara langsung untuk meyakininya sendiri!

Bila penasaran dengan gambaran Maps milik iOS 6, anda dapat menyaksikannya di:

  • Lost Mode : Jika anda kehilangan iPhone anda maka anda akan mampu menampilkan nomor telepon yang bisa dikembalikan pada gadget anda.

Sebetulnya masih banyak lagi fitur yang dijanjikan oleh Apple, tapi yang saya bahas tersebut hanyalah perubahan utama iOS dalam waktu dekat. Kalau anda penasaran untuk mencobanya secara langsung, mungkin anda bisa merasakan sendiri versi beta iOS 6 dengan mendownloadnya di:

https://developer.apple.com/devcenter/ios/index.action

Jangan lupa klik like, Tweet, atau Plus One untuk artikel ini. Bagikan juga kepada sesama penggemar produk Apple lainnya.


Baca ini juga :

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini